Akankah iPhone 12 Memiliki Dukungan Untuk Apple Pencil?

Rumor mengenai iPhone 12 memang sudah banyak. Salah satunya tentang layar yang mendukung refresh rate 120Hz. Seiring perkembangan layar iPhone, satu pertanyaan kembali muncul. Apakah iPhone akan mendukung Apple Pencil?

Bocoran layar 120Hz

Beberapa waktu lalu, Max Weinbach memaparkan bocoran melalui kanal YouTube EverythingApple Pro kalau iPhone 12 akan memiliki layar 120Hz ProMotion. Ia menyebutkan kalau layar itu akan hadir di varian iPhone 12 Pro (6,1 inci) dan iPhone 12 Pro Max (6,7 inci).

Kemudian bocoran terbaru soal ini hadir dari Ice Universe di Twitter. Ia juga menyebutkan apabila semua berjalan lancar, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max akan memiliki refresh rate maksimum 120Hz.

Setelah Apple mengumumkan generasi sistem operasi iPhone terbaru iOS 14 di WWDC20, muncul petunjuk menarik lain. Versi iOS 14 developer beta memiliki pilihan untuk membatasi refresh rate layar hanya sampai 60Hz. Artinya, ada pilihan refresh rate yang lebih tinggi.

Teknologi ProMotion dan Apple Pencil

Layar refresh rate tinggi β€” kalau menurut istilah Apple “ProMotion” β€” sudah hadir di perangkat iPad Pro. Layar ProMotion disebut bisa menyesuaikan tingkat refresh rate sesuai kondisi secara otomatis. Dengan begitu tidak membebani baterai.

Apple juga disebut sudah mengurangi tingkat latensi untuk Apple Pencil di dalam program pendukung layar ProMotion. Dengan begitu pemakaiannya bisa lebih responsif. Lalu ada pula fitur mengubah coretan jadi teks yang disebut Scribble di iPadOS 14.

Kalau Apple membawa layar ProMotion dari iPad Pro ke iPhone 12, apakah nantinya juga akan mendukung Apple Pencil?

Steve Jobs mengumumkan iPhone pertama

Memang, ketika meluncurkan iPhone pertama, Steve Jobs menertawakan pemakaian stylus di ponsel. Stylus di iPhone mungkin seperti layar sentuh di Mac. Sesuatu yang dianggap tidak pada tempatnya.

Tapi di sisi lain, kita tahu kalau Apple sudah lebih fleksibel mengikuti perkembangan jaman. Toh akhirnya ada Apple Pencil. Lalu lihat juga fitur di iOS 14 yang lebih baru.

Rumor iPhone mendukung Apple Pencil sudah muncul ketika iPhone 11 akan rilis. Yang menarik, pengamat Apple Ming-Chi Kuo pernah menyebut kalau dukungan untuk Apple Pencil di iPhone bisa hadir di masa depan.

Mungkin iPhone 12 belum akan memiliki dukungan untuk Apple Pencil (walau bisa juga ada kejutan seperti itu). Namun harus kita akui rumor fitur yang ada punya indikasi ke arah itu.

Apa kamu tertarik kalau iPhone mendukung Apple Pencil?

%d blogger menyukai ini: