Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Alasan Kenapa Memilih dan Membeli Laptop Windows

Gambar: Microsoft
Anom Penulis

Setelah membahas kelebihan laptop Macbook, tentunya tidak adil jika tidak membahas alasan memilih dan membeli laptop Windows. Ya kan?

Yah, perdebatan antara keunggulan dua sistem operasi komputer ini sudah berjalan lama. Adu argumen antara pengguna Windows dan Mac sudah hadir sebelum perdebatan antara pengguna Android dan iPhone.

popculture.id

Tapi mari kita kesampingkan masalah perdebatan itu dan lihat faktor apa saja yang membuat orang banyak membeli laptop Windows.

Laptop Windows Punya Lebih Banyak Pilihan

Ya, laptop Windows hadir dari berbagai jenis merek. Mulai dari Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, sampai Razer. Masing-masing merek pun memiliki kategori laptop masing-masing. Seperti laptop pelajar, laptop bisnis, laptop kreator, sampai laptop gaming.

laptop khusus kreator ASUS ProArt Studiobook

Dengan begitu, rentang harga dan spesifikasi laptop beserta fitur bawaannya juga luas. Kamu pun bisa memilih laptop sesuai kebutuhanmu dengan lebih fleksibel.

Harga Lebih Terjangkau

Macbook sudah terkenal sebagai laptop premium. Hal ini berbeda dengan laptop Windows. Seperti sudah disebut di atas, jenis dan tujuan laptop itu sangat banyak. Termasuk juga laptop untuk pemula atau pelajar yang memiliki harga relatif murah.

Laptop Pelajar ASUS BR1100CKA

Artinya, walau kamu punya dana tidak terlalu besar, kemungkinan besar kamu masih bisa membeli laptop Windows. Yah, tentu saja ada resiko batasan performa. Tapi kalau kamu hanya butuh untuk menelusuri internet dan mengetik, kamu tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam.

Laptop Windows Lebih Variatif

Selain dari sisi harga dan fungsi, laptop Windows juga memiliki bentuk dan konstruksi yang lebih bervariasi. Kalau Macbook, kamu hanya akan mendapatkan laptop konvensional.

Tapi di dunia Windows, ada bentuk lain dari sekedar laptop konvensional. Kamu bisa mendapatkan laptop dengan layar yang bisa dibuka sampai 180º, bahkan sampai 360º (konvertibel). Dengan begitu, kamu juga bisa memakainya dalam bentuk tenda atau layaknya tablet.

laptop konvertibel windows zenbook 14 flip
Laptop konvertibel ASUS Zenbook 14 Flip OLED

Kemudian, ada pula yang berbentuk tablet, dan bisa menjadi laptop jika dipasangkan dengan keyboard sekaligus cover penutup. Ya, iPad juga ada yang seperti itu. Tapi Microsoft Surface merupakan yang pertama.

Kini bentuk seperti ini — dengan kemampuan komputer penuh — juga mulai hadir dari merk lain. Misalnya ASUS Vivobook Slate 13 OLED.

Ada yang Mendukung Layar Sentuh

Seperti yang sudah disebut di atas, ada laptop Windows yang berupa tablet atau bisa jadi tablet. Dengan begitu, sudah jelas kalau ada laptop Windows mendukung layar sentuh. Entah dengan pena atau dengan jari (seperti smartphone).

Sampai saat ini, laptop Macbook belum ada yang mendukung layar sentuh. Hm, kelihatannya juga tidak akan ada. Kalaupun nantinya ada, belum akan rilis dalam waktu dekat.

Aplikasi Lebih Umum

Karena jumlah pengguna Windows sangat banyak — sekitar 76,31% dari seluruh pengguna (menurut Statcounter) — maka ketersediaan berbagai aplikasi pun lebih banyak untuk berbagai fungsi.

Ketersediaan aplikasi ini juga termasuk yang mendukung sektor khusus, seperti bisnis dan industri. Ada banyak perusahaan yang memiliki aplikasi internal untuk mengoperasikan bisnisnya. Kemungkinan besar, aplikasi itu dibuat untuk sistem operasi Windows.

Pilihan Game Jauh Lebih Banyak

Faktor satu ini sudah cukup jelas. Platform PC gaming identik dengan Windows. Sebagian game AAA yang beredar juga hadir di Windows selain di konsol (kecuali game eksklusif PlayStation dan Switch).

laptop windows gaming rog zephyrus g14
Laptop game ROG Zephyrus G14

Kamu bisa menemukan dan membeli game di Steam dengan mudah. Bahkan kamu juga bisa berkesempatan mendapat game AAA gratis di Epic Game Store.

Kemudian, pilihan laptop gaming pun beragam. Mulai dari spesifikasi yang mencukupi (seperti Vivobook Pro 16X OLED) sampai yang punya performa super (misalnya ROG Zephyrus Duo 15).

Lebih Bersahabat Dengan Smartphone

Di era digital seperti saat ini, memakai smartphone bersama laptop sudah menjadi sesuatu yang umum. Dalam hal pemakaian bersama smartphone, laptop Windows akan lebih bersahabat.

Kalau kamu menggunakan Macbook, memang kamu akan menikmati integrasi yang baik dengan iPhone. Tapi jika memakainya dengan ponsel Android, maka kamu akan perlu usaha yang lebih.

integrasi aplikasi MyASUS dengan smartphone

Ini berbeda dengan laptop Windows. Windows sudah memiliki aplikasi bawaan yang mendukung pemakaian dengan ponsel Android, terutama yang dari Samsung. Walau begitu, tiap merek juga biasanya punya aplikasi pendukung.

Sebagai contoh, aplikasi MyASUS di laptop ASUS bisa kamu pakai untuk transfer data ke smartphone, bahkan memakai ponsel sebagai webcam. Baik itu ponsel Android maupun iPhone.

    %d blogger menyukai ini: