Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Asik.. Aplikasi Apple Music Windows Resmi Tersedia Bareng Aplikasi TV+ dan Device

apple music windows
Gambar Oleh: 9to5mac
Indri Penulis

Ada kabar bagus. Sekarang aplikasi Apple Music Windows sudah bisa kamu unduh. Aplikasi Apple TV+ Windows dan Device juga sudah tersedia.

Apple resmi menghentikan pemutar musik iTunes untuk macOS di tahun 2019. Apple mengambil keputusan ini agar mereka bisa membagi fungsionalitas aplikasi jadi empat jenis di macOS Catalina.

Tapi hal yang berbeda terjadi di platform Windows. Terutama untuk pengguna yang punya perpustakaan media lokal besar, mereka yang ingin mencadangkan iDevices, atau bahkan mereka yang berlangganan Apple Music, nggak perlu khawatir.

Karena mulai sekarang ada yang baru lewat pembaruan Windows 11 untuk Windows Insiders. Microsoft telah mengumumkan kalau preview aplikasi Apple Music Windows sudah terseida Microsoft Store dan bisa diunduh.

Aplikasi Apple Music Windows Siap Diunduh!

Sebenarnya pengumuman soal aplikasi Apple Music Windows dan Apple TV+ Windows sudah diumumkan sejak Oktober 2022. Pengumumannya sendiri bareng dengan perilisan Microsoft Designer.

Lalu seperti yang saya katakan tadi, pratinjau aplikasi Apple Music Windows sekarang sudah bisa diunduh di Microsoft Store. Selain Apple Music, aplikasi lain seperti Apple TV+ dan iDevice juga sudah bisa diunduh.

apple music windows
Gambar Oleh: Ars Technica

Di Windows, Apple Music dan Apple TV menyediakan akses ke layanan berlangganan Apple Music dan Apple TV+. Sama seperti yang mereka lakukan di macOS.

Sedangkan aplikasi Apple Device bisa dipakai untuk membuat cadangan perangkat lokal, melakukan pembaruan perangkat lunak darurat, menyinkronkan media lokal.

Untuk saat ini, kalau pengguna menginstal salah satu dari ketiga aplikasi di atas, pengguna tidak bisa lagi menggunakan iTunes. Jadi kalau kamu masih pakai iTunes dan mengandalkannya, saya sarankan untuk tidak melakukan update Windows 11 lebih dulu.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Membetulkan Ikon Start Menu Hilang Windows

Singkatnya begini, kalau kamu masih pakai iTunes, maka ketiga aplikasi di atas nggak bisa dipakai. Nah kalau kamu sudah menginstal ketiga aplikasi di atas, gantian iTunes yang nggak bisa dipakai. Tapi kalau kamu mencopot instalasi aplikasi baru, maka iTunes bakal bisa dipakai lagi.

Saya yakin sampai sekarang ada banyak orang yang masih betah pakai iTunes di Windows. Soalnya iTunes punya dua fitur yang sampai sekarang belum ada di aplikasi baru. Kedua fitur tersebut adalah podcast dan audio book.

Sampai sekarang belum diketahui apa Apple berencana bikin aplikasi Apple Podcasts atau Books untuk Windows atau nggak. Atau apakah fungsi tersebut bakal disisipkan ke dalam aplikasi Apple Music Windows.

Tapi yang jelas menurut catatan rilis Apple Music Windows, podcast dan audio book di PC Windows tidak bisa diakses. Yah, setidaknya sampai versi iTunes yang kompatibel rilis.

Hal tersebut menunjukkan kalau Apple sedang mengerjakan versi iTunes yang bisa berjalan di aplikasi baru. Selain itu, kemungkinan iTunes bisa terus menangani beberapa fitur ‘tanpa adanya versi Windows resmi’ Apple Podcast dan Books.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]