6 Jenis Aplikasi Foto Untuk Bikin Instagram Tampak Kreatif

profil akun instagram
Anom Penulis

Instagram memang sebuah media sosial populer. Tapi sebagai aplikasi berbasis foto sebenarnya kemampuannya cukup terbatas. Oleh karena itu, kami mengumpulkan beberapa aplikasi foto yang bisa membantu bikin Instagram lebih maksimal.

Apa kelemahan Instagram? Cukup banyak. Misalnya, aplikasi Instagram belum bisa bikin foto panorama atau kolase (foto grid). Jadi ya memang butuh aplikasi lain.

Aplikasi Edit Foto Canggih

edit foto di snapseed

Instagram memang sudah punya peralatan edit foto sendiri. Kalau kamu bisa menggunakannya dengan tepat, peralatan edit itu sudah cukup. Tapi kalau kamu butuh yang lebih canggih, kamu mungkin butuh aplikasi lain.

Kami pernah membahas aplikasi edit foto untuk Android dan aplikasi kamera iPhone. Namun secara umum, kami merekomendasikan Snapseed. Aplikasi ini punya banyak peralatan edit foto keren (ini tool edit foto Snapseed favorit kami).

Aplikasi Foto Kolase

aplikasi foto grids

Kadang kita ingin memasang beberapa foto berkaitan dalam satu kiriman. Salah satu solusinya (selain menggunakan foto slide Instagram) adalah dengan kolase atau grid. Aplikasi kolase akan membantumu membuat layout banyak foto dalam satu bingkai dengan cantik.

Ada banyak aplikasi foto kolase Instagram. Untuk membuat berbagai layout kolase, salah satunya kamu bisa memilih PicsArt (Android & iPhone), atau Layout from Instagram (Android & iPhone).

Untuk aplikasi yang bisa membagi foto menjadi grid (bagian kotak-kotak) agak sedikit sulit. Jarang yang benar-benar bagus. Tapi kalau kamu mau, boleh coba Grids untuk iPhone dan 9square untuk Android.

Aplikasi Panorama

Ya, foto panorama bisa tidak maksimal kalau kita kirim begitu saja ke Instagram. Untuk itu, kita menggunakan trik dengan slide Instagram untuk membuatnya.

Aplikasi yang bisa membantu panorama juga cukup banyak. Kami pernah memilih beberapa aplikasi panorama Instagram terbaik. Secara singkat, kamu bisa memilih Panora untuk iPhone atau Tryptyk untuk Android.

Aplikasi untuk Menambah Teks di Foto

aplikasi overlay

Foto dengan quote adalah salah satu jenis posting Instagram populer. Selain itu kamu juga bisa menggunakannya untuk memberi nama, hashtag (selain di caption), dll.

Aplikasi seperti ini pun ada banyak. Kami juga pernah membahas aplikasi menambah teks di foto untuk Android. Untuk iPhone, kamu bisa coba Phonto. Walau entah kenapa, untuk Android saya lebih memilih yang lain, misalnya Overlay.

Aplikasi untuk Menghapus Obyek atau Background

aplikasi fabby

Ada kalanya foto yang sudah bagus terganggu oleh sebuah obyek. Ada kalanya kamu mau mengganti latar belakang. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk membersihkan kedua hal itu.

Untuk menghapus obyek mengganggu, kamu bisa mencoba aplikasi TouchRetouch (komersial; Android & iPhone). Sedangkan untuk menghapus background, kamu bisa memilih Fabby (Android & iPhone). Ya, kalau kamu pakai Android, kamu bisa memilih satu di antara koleksi aplikasi untuk menghapus background dari kami.

Aplikasi Foto Selfie

aplikasi foto selfie facetune

Kalau kamu sering upload foto selfie di Instagram, yah… aplikasi foto selfie yang khusus mungkin kamu butuhkan. Yang membedakan dengan aplikasi edit foto adalah fokusnya pada efek beautification.

Kalau kamu mencari aplikasi selfie berkualitas, salah satu pilihannya adalah Facetune (komersial; Android & iPhone. Facetune 2 untuk iPhone). Pilihan lain adalah Airbrush (Android & iPhone).

    %d blogger menyukai ini: