Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mengakses Aplikasi Bawaan iPhone di Windows

iphone dan laptop windows
Anom Penulis

Kalau kamu sudah punya laptop Windows lalu membeli iPhone, mungkin akan muncul beberapa pertanyaan di benakmu. Bisa jadi salah satunya adalah apakah ada aplikasi iPhone di Windows. Mari kita lihat bersama.

Memahami Perbedaan Platform

Hal pertama yang harus kamu pahami dalam hal ini adalah iPhone dan komputer Windows berada dalam dua ekosistem berbeda. iPhone berada dalam ekosistem Apple, dan komputer Windows berada dalam ekosistem Microsoft.

Dengan begitu, masing-masing perusahaan akan menanamkan aplikasi bawaan miliki mereka sendiri di dalam perangkat bersangkutan. Sebagai contoh, untuk aplikasi pesan Microsoft menanamkan Teams, sedangkan di iPhone ada iMessage.

Tapi di sisi lain, Microsoft cenderung menyediakan beberapa aplikasinya untuk platform lain. Sedangkan Apple lebih tertutup, menjaga aplikasinya eksklusif di perangkat mereka.

Dengan contoh di atas, kamu bisa menemukan aplikasi Microsoft Teams untuk iOS (iPhone) dan juga untuk macOS. Sedangkan iMessage tidak tersedia untuk Windows.

Akses Aplikasi Bawaan iPhone di Windows

Seperti sudah disebut di atas, ketersediaan aplikasi Apple untuk Windows sangat terbatas. Namun, kamu tetap bisa mengakses beberapa aplikasi untuk mendapatkan sinkronisasi.

Tapi ada sedikit catatan. Aplikasi ini tidak sama persis dengan yang ada di ekosistem Apple. Jadi jangan heran ya.

iCloud untuk Windows

Apple menyediakan aplikasi iCloud untuk Windows agar pengguna perangkatnya tetap bisa mengakses data mereka di komputer Windows.

Lalu apa saja data yang bisa diakses lewat iCloud untuk Windows? Kamu bisa mengakses Foto iCloud (dari Apple Foto), iCloud Drive (penyimpanan cloud), email, kontak, kalender, kata sandi (password/keychain), dan bookmark.

Jadi dengan aplikasi ini, kamu bisa melihat foto dan video, dokumen, mengisi password, melihat bookmark Safari, di komputer Windows.

Baca Juga:  Microsoft Uji Variasi Tombol Pencarian (Search) Windows 11

Kamu bisa mengunduhnya di bursa Microsoft.

iTunes

Apple menyediakan aplikasi iTunes agar pengguna iPhone, iPad, dan Mac tetap bisa menikmati hiburan di komputer Windows.

Hal ini meliputi akses ke Apple Music, podcast, dan tontonan untuk disewa atau dibeli. Sayangnya, iTunes belum menyediakan akses ke Apple TV+.

  • Di Surface Event 2022, Microsoft sudah mengumumkan akan menghadirkan aplikasi Apple Music dan Apple TV+ di Xbox dan Windows
gambar aplikasi itunes untuk windows
gambar oleh: Apple

Jadi ketersediaan layanannya memang tidak sebanyak di ekosistem Apple, tempat kamu bisa menikmati layanan streaming dari Apple dengan mudah.

Kamu bisa mengunduh iTunes di Bursa Microsoft.

Cara Lain Mengakses Aplikasi Apple

Ketika kamu melihat hanya ada dua aplikasi dari Apple untuk Windows, mungkin kamu kecewa. Tapi sekali lagi, kamu harus memaklumi pembatasan masing-masing ekosistem.

Lewat Browser

Kalau kamu mau mengakses aplikasi yang kamu gunakan di iPhone, mungkin kamu bisa memanfaatkan browser. Kamu bisa mengunjungi icloud.com, situs Apple Music, dan Apple TV+.

Mari kita lihat.

Aplikasi yang tersedia di icloud.com meliputi:

  • Mail
  • Kontak
  • Kalender
  • Foto
  • iCloud Drive (penyimpanan cloud)
  • Notes
  • Reminder
  • Pages
  • Numbers
  • Keynote
  • Find iPhone.
gambar aplikasi di icloud lewat browser

Bisa kamu lihat, aksesnya lebih banyak, terutama ke aplikasi produktivitas atau yang membantu aktivitas sehari-hari.

Sedangkan mengunjungi situs Apple Music dan Apple TV+ tentu menghadirkan layanan tersebut di browser. Jadi kalau kamu berlangganan, kamu tetap bisa menikmati layanan streaming tersebut.

  • Kamu bisa pasang halaman web sebagai aplikasi di Windows dengan menekan tombol ‘Install’ di kotak alamat browser Chrome atau Edge.

Lewat Aplikasi Pihak Ketiga

Bagaimana dengan aplikasi pihak ketiga? Apakah ada pengembang yang membuat aplikasi alternatif untuk layanan Apple? Sayangnya tidak banyak.

Baca Juga:  Aplikasi Intel Unison Jadi Jembatan Penghubung antara PC & HP

Sejauh ini, baru ada satu aplikasi pihak ketiga di Windows yang mengakses layanan Apple. Aplikasi itu adalah Cider, yang berguna untuk mengakses Apple Music.

gambar aplikasi cider untuk apple music
Gambar: Cider Collective

Saat artikel ini ditulis, Cider masih dalam versi Beta. Selain itu, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar (bisa kamu pakai secara terbatas).

Kamu bisa melihat aplikasi Cider di Bursa Microsoft. Sedangkan kalau kamu seorang developer, kamu bisa melihatnya di GitHub.

Memilih Aplikasi untuk iPhone dan Windows

Memang perbedaan platform ini membuat kita tidak mudah menggunakan aplikasi di perangkat berbeda. Untuk itu, ada baiknya kamu menggunakan aplikasi yang memiliki dukungan di berbagai platform.

Untungnya, jika kamu menggunakan layanan Microsoft atau Google, kamu bisa mendapatkannya di iPhone. Jadi, kamu tidak perlu merasa kuatir kalau kamu memakai banyak aplikasi dari dua perusahaan tersebut.

Selain itu, ada banyak aplikasi lintas platform tersedia. Misalnya untuk streaming ada Spotify atau Prime Video. Untuk aplikasi pesan ada WhatsApp, Slack (untuk kerja tim), atau Teams. Masih banyak lagi.

Sedangkan untuk transfer file, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bawaan dari laptop. Misalnya, jika kamu memakai laptop ASUS, kamu bisa menggunakan aplikasi MyASUS dan Link to MyASUS.

Sekali lagi, ekosistem Apple yang tertutup membuat pengguna lebih sulit mengakses layanannya di platform lain. Hal ini bisa kita maklumi karena Apple memang berusaha membawa orang memakai perangkatnya.

Toh, kalau kamu memang memakai aplikasi bawaan Apple di iPhone, kamu tetap bisa mengakses beberapa di antaranya di komputer Windows. Tentunya lewat beberapa cara di atas.

Nah, aplikasi Apple apa yang kamu ingin ada di platform Windows?