ROG Strix G13
ROG Strix G13
ROG Strix G13

7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk Smartphone dan PC

aplikasi pemutar video iina di macbook
Avatar of Anom
Anom Penulis

Jika kita bicara soal nonton video, kemungkinan besar saat ini kamu sudah melakukannya secara online hampir sepenuhnya. Entah itu menonton video YouTube, video media sosial seperti TikTok, sampai nonton film dan serial di layanan streaming seperti Netflix.

Tapi mungkin ada di antara kamu yang masih mencari aplikasi pemutar video lain. Yah, siapa tahu kamu punya file video jadul yang kamu digitalkan dan ingin kamu tonton kembali atau video lainnya. Di sini kami merekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa kamu coba.

Rekomendasi Aplikasi Pemutar Video Terbaik

Dalam rekomendasi ini, kami berusaha memilih aplikasi video player yang tersedia di berbagai perangkat (baik Android, iOS, Windows, juga macOS) dan mendukung banyak format file video. Mulai dari MP4, AVI, MOV, MKV, HEVC, dll.

Yah, mungkin ada beberapa aplikasi yang hanya tersedia di platflorm tertentu. Namun kami tambahkan karena memang terhitung powerful untuk masuk sebagai rekomendasi.

Berikut rekomendasi aplikasi video player terbaik.

1. VLC

screenshot aplikasi vlc untuk macos
7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk Smartphone dan PC

VLC merupakan salah satu aplikasi media player paling populer di muka bumi. Hal ini disebabkan karena fitur yang banyak dan aplikasi ini tersedia di semua platform.

VLC mendukung banyak format dan codec video, mulai dari MP4 sampai MKV dan HVEC. Begitu juga dengan format audio, mulai dari MP3, AAC, AC3,, sampai FLAC, dan subtitle. Aplikasi ini juga mendukung pemutaran lewat cloud (Google Drive, Dropbox, dll) dan server (SMB, FTP, UPnP, DLNA).

VLC pun memiliki banyak fungsi kontrol, mulai dari mengatur video, audio, begitu juga dengan membuat screenshot tampilan.

Ketersediaan:

  • Platform: Android, iOS, Linux, macOS, Windows
  • Harga: Gratis

2. GOM Player

gom player untuk macos
7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk Smartphone dan PC

GOM Player merupakan aplikasi video player dengan tampilan yang menarik dan mudah dipakai. Kamu bisa melihat playlist, juga mengatur video, audio, dan subtitle lewat fungsi kontrol yang terlihat.

GOM Player juga mendukung banyak format audio (MP3, M4A, AAC, OGG, FLAC, WAV, dll), video (MKV, MP4, AVI, MOV, 3GP, dll) dan subtitle (SRT, VOBSUB, dll). Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menonton video 360Âş VR di Android. Lalu aplikasi ini juga memungkinkanmu mengganti skin jika ingin.

Ketersediaan:

  • Platform: Android, iOS, macOS, Windows
  • Harga: Gratis

3. KMPlayer

KMPlayer mungkin lebih populer di pengguna smartphone. Tapi aplikasi ini juga memiliki versi untuk PC (Windows).

Sebagai aplikasi pemutar video, KMPlayer mendukung berbagai format file audio video, seperti AVI, MP3, WAV, AAC, MOV, MP4, WMV, FLAC, 3GP, MKV, juga HEVC. Termasuk juga berbagai format subtitle, seperti SRT, VobSub, DVD, dll. Aplikasi ini juga mendukung pemutaran video sampai resolusi 4K.

Ketersediaan:

  • Platform: Android, iOS, Windows
  • Harga: Gratis

4. InFuse Video Player

infuse video player
7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk Smartphone dan PC

InFuse Video Player adalah aplikasi yang populer di pengguna perangkat Apple dan sudah ada cukup lama, bahkan sebelum VLC hadir di platform tersebut. InFuse bukan sekedar player saja, tapi aplikasi ini bisa mengatur koleksi video baik di komputer maupun dari cloud, lengkap dengan gambar poster dan informasinya (pemain, dll).

InFuse mendukung berbagai format dan codec, seperti MKV, MP4, AVI, ISO, DVD, sampai HEVC. Begitu juga untuk audionya, seperti dukungan untuk MP3, AAC, AC3, WMV, FLAC, sampai Dolby. Tentunya ada juga dukungan untuk berbagai format subtitle.

Walau penampilannya — baik video manager dan player — memang keren, tapi ada beberapa fitur yang kurang mudah diatur secara langsung, seperti pengaturan video dan audio, yang harus membuka jendela tambahan.

Ketersediaan:

  • Platform: iOS, macOS
  • Harga: Gratis

5. POT Player

pot player untuk windows
7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk Smartphone dan PC

POT Player adalah aplikasi pemutar video yang hanya tersedia untuk Windows (paling tidak sampai artikel ini ditulis). Aplikasi video player ini memiliki fitur yang lengkap. Mulai dari dukungan berbagai format audio video dan subtitle, mode 360Âş dan 3D (menonton dengan kacamata), dan masih banyak lagi.

POT Player juga punya tampilan yang cukup keren. Beberapa fungsi aplikasi pun hadir sebagai tombol yang mudah kita klik. Jadi relatif mudah dipakai. Hm, kecuali mungkin beberapa fitur tertentu, seperti membuat screenshot.

Ketersediaan:

  • Platform: Windows
  • Harga: Gratis

6. IINA

iina untuk macos
7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk Smartphone dan PC

Kalau kamu memakai komputer Mac atau laptop MacBook, dan sekedar membutuhkan aplikasi pemutar video lain sebagai alternatif QuickTime, maka IINA bisa memenuhi kebutuhanmu. Aplikasi ini punya tampilan yang sederhana, namun beberapa fitur — pengaturan video, audio, dan subtitle — mudah diakses.

Sama seperti aplikasi lain, IINA juga mendukung banyak format audio, video, dan subtitle. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung fitur seperti Picture-in-picture dan kontrol zoom dengan gestur jari.

Ketersediaan:

  • Platform: macOS
  • Harga: Gratis

7. Video Player All Format – InShot

video player all format inshot
7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk Smartphone dan PC

InShot terkenal sebagai salah satu aplikasi video editor di smartphone. Tapi aplikasi lainnya yang bernama Video Player All Format (dulu XPlayer) juga mendapat respon baik dari pengguna.

Seperti namanya, aplikasi ini memang mendukung banyak format video, seperti MKV, MP4, M4V, AVI, MOV, 3GP, WMV, dll. Begitu juga untuk audio dan subtitle. Lalu Video Player All Format juga mendukung pemutaran video sampai kualitas 4K. Bahkan juga mendukung casting ke perangkat lain.

Ketersediaan:

  • Platform: Android
  • Harga: Gratis

Pilih Aplikasi Video Player Yang Mana?

Yah, kalau kamu memang mencari aplikasi pemutar video yang benar-benar fungsional, VLC tidak akan mengecewakan. Tapi kalau kamu ingin mencari alternatif yang sedikit berbeda, tergantung perangkat yang kamu pakai, kamu bisa mencoba yang lain.

Misalnya, jika kamu memakai MacBook dan memiliki koleksi video di harddisk, mungkin InFuse bisa jadi pilihan tepat. Karena fitur manajemen video dan tampilan library-nya memang keren.

Yah, ada banyak aplikasi video player pada masing-masing platform. Bahkan juga ada aplikasi bawaan yang juga bisa memutar video. Tapi kalau pilihan tetap di tanganmu.

Semoga rekomendasi di atas bisa membantu. Kalau kamu sudah punya aplikasi favorit, apa pilihanmu?