Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

10 Situs Nonton Film Online Yang Resmi, Aman, & Berkualitas

situs nonton film netflix di laptop macbook
Anom Penulis

Era digital membawa perubahan dalam kebiasaan sehari-hari, salah satunya dalam menikmati hiburan, seperti film. Dengan tumbuhnya berbagai layanan streaming — terutama setelah era pandemi — kini kita bisa menonton kapanpun dan di manapun dengan mudah.

Selain melalui aplikasi, situs nonton film menjadi tujuan banyak orang. Tapi sayangnya, dengan embel-embel nonton film gratis, banyak pula situs ilegal yang menyajikan film bajakan. Padahal ada website resmi dan menawarkan harga langganan yang sebenarnya terjangkau.

Di sini kami akan membahasnya lebih jauh.

Kenapa Dianjurkan Menghindari Situs Nonton Film Ilegal?

Situs ilegal menyajikan film dan serial yang mereka dapat melalui sumber atau cara tidak resmi. Kemudian, seringkali website film ilegal hadir dengan iklan menumpuk, termasuk juga pop up. Iklan itu sendiri seringkali menawarkan sesuatu yang tidak baik juga.

Jadi jika kamu menonton di situs ilegal, kamu secara tidak langsung memberikan keuntungan pada pihak yang memberi sesuatu yang tidak resmi. Di samping itu, ada resiko keamanan dan gangguan kenyamanan pula saat mengaksesnya.

Bagi orang yang kurang teliti, bisa saja mereka asal menekan tombol lalu tidak sengaja mengunduh malware atau virus. Bisa juga mereka terlempar ke situs lain atau membuka pop up lain tanpa henti. Belum lagi jika kita bicara soal pelacakan untuk iklan yang sering menjadi pelanggaran privasi.

Padahal tidak jarang film yang ditayangkan di sana juga belum berkualitas bagus atau bahkan hanya halaman kosong. Salah satunya, jika itu film bioskop, disebabkan karena film itu belum beredar dalam versi digital secara resmi.

Jadi memang banyak resikonya. 😟

Apa Saja Situs Nonton Film Online Yang Menarik?

Situs yang ada di daftar ini memang merupakan layanan streaming berlangganan. Walau begitu, ada di antaranya yang menyajikan beberapa film secara gratis. Lalu, kebanyakan film pun sudah memiliki subtitle Indonesia.

Baca Juga:  7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik Untuk Smartphone dan PC

Berikut daftar website film yang layak kamu coba:

1. Netflix

situs nonton film netflix

Saat ini Netflix mungkin menjadi website nonton film paling populer. Mungkin wajar mengingat layanan ini merupakan pionir sistem streaming berlangganan.

Lalu, Netflix juga memiliki banyak koleksi film. Kamu bisa nonton baik itu film barat, film Korea, film Indonesia, atau film dari negara lain. Ditambah lagi, Netflix pun punya banyak serial yang menjadi hit dan termasuk situs nonton anime favorit.

Sebagai layanan streaming, kamu bisa nonton Netflix lewat aplikasi Android, iOS, Windows, dan Smart TV, atau lewat website dengan alamat netflix.com.

2. Disney+

situs disney+

Disney+ merupakan tempat yang pas jika kamu fans superhero Marvel, penggemar Star Wars, suka animasi Pixar, atau film princess ala Disney. Dengan koleksi film itu, layanan streaming ini tumbuh pesat sebagai salah satu yang populer.

Biasanya, kamu bisa nonton film bioskop terbaru produksi studio milik Disney lewat layanan streaming ini dalam waktu sekitar 45 hari setelah masa tayang usai.

Untuk Disney+, kamu bisa nonton di hp lewat aplikasi, baik untuk Android maupun iOS. Sedangkan di komputer, kamu bisa mengaksesnya lewat website dengan alamat hotstar.com/id.

3. HBO Go

situs hbo go

HBO Go menjadi tempat yang tepat jika kamu suka film-film superhero DC atau Harry Potter. Tapi selain itu, di sini kamu juga bisa menemukan berbagai film keren lain dari studio di bawah naungan Warner Bros Discovery.

Selain itu, HBO Go juga punya berbagai serial unggulan, seperti Game of Thrones dan House of the Dragon, juga The Last of Us.

Kamu bisa nonton film online di HBO Go melalui aplikasi smartphone (Android dan iOS) dan Smart TV, juga di komputer lewat website dengan alamat hbogoasia.id.

4. Prime Video

aplikasi Prime Video

Prime Video merupakan salah satu situs nonton film lain yang bisa kamu pilih. Layanan streaming milik Amazon ini juga memiliki koleksi film dan serial yang banyak dan menarik. Termasuk tayangan orisinal mereka.

Baca Juga:  9 Situs Nonton Anime Legal Dengan Fitur dan Koleksi Lengkap, Juga Ada Yang Gratis

Untuk film, ada beberapa tayangan orisinal seperti: The Tomorrow War, Without Remorse, atau Deep Water. Untuk serial, Prime Video punya beberapa yang seru, seperti: The Rings of Power, The Wheel of Time, The Boys, Tom Clancy’s Jack Ryan, dll.

Kamu bisa nonton di Prime Video melalui aplikasi Android, iOS, Windows, macOS, dan Smart TV. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui website dengan alamat primevideo.com.

5. Apple TV+

situs apple tv+

Apple TV+ mungkin belum memiliki koleksi film dan serial sebanyak layanan streaming lain. Tapi Apple berusaha mengisinya dengan berbagai tayangan berkualitas, seperti film CODA, The Tragedy of Macbeth, Finch, dll. Sementara untuk serial ada Ted Lasso, Pachinko, Servant, Sharper, dll.

Kamu bisa menonton tayangan Apple TV+ melalui aplikasi Apple TV di iPhone, iPad, Mac, di perangkat Apple, Android, Windows, dan Smart TV. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui website dengan alamat tv.apple.com.

6. MOLA

situs mola tv

MOLA merupakan layanan streaming dari Indonesia. Layanan streaming ini mungkin lebih terkenal dengan tayangan sport. Walau begitu, kamu juga bisa menonton film bioskop dan serial (misalnya Halo dan The Offer) secara online di sini.

Kamu bisa mengakses MOLA lewat aplikasi Android, iOS, dan Smart TV. Untuk website, kamu bisa mengaksesnya lewat alamat mola.tv.

7. Vidio

situs vidio

Vidio juga merupakan layanan streaming asal Indonesia dan saat ini mungkin yang terbesar. Layanan streaming ini memiliki koleksi film barat, film Indonesia, film India, film Korea, dll yang banyak. Selain itu, kamu juga bisa melihat serial dan acara olahraga di sini.

Oya, kamu bisa nonton film online gratis di sini untuk beberapa judul tertentu. Yah, untuk yang gratis lebih banyak serial sih. Termasuk sinetron, drakor, dan anime.

Kamu bisa nonton Vidio melalui aplikasi Android dan iOS, juga melalui website dengan alamat vidio.com.

8. iQIYI

situs iqiyi

iQIYI mungkin menjadi tempat yang tepat bagi kamu yang hobi menyaksikan tontonan dari Cina dan Korea. Koleksi film baratnya kurang banyak. Kamu juga bisa nonton film gratis, walau banyak judul yang tidak populer.

Baca Juga:  7 Aplikasi Perekam Suara Untuk Android dan iPhone Yang Pantas Kamu Coba

iQIYI bisa kamu akses lewat aplikasi aplikasi Android dan iOS, Smart TV, dan lewat website di alamat iq.com.

9. Viu

situs viu

Viu bisa jadi pilihan yang bagus jika kamu hobi nonton film Indonesia dan Korea. Tapi jujur saja, jumlah serial drama di sini lebih banyak daripada koleksi filmnya. Jadi, mungkin bukan pilihan tepat untuk penggemar film.

Tapi kalau kamu mau, kamu bisa menonton Viu lewat aplikasi Android dan iOS, juga lewat website di viu.com.

10. WeTV

situs wetv

Mirip seperti Viu, WeTV bisa jadi situs yang tepat jika kamu suka nonton film Indonesia dan Cina. Yah, jumlah koleksi serial di situs ini juga lebih banyak dari koleksi filmnya. Jadi situs ini juga bukan pilihan tepat untuk penggemar berat film.

Toh kalau kamu berminat, kamu bisa mengakses WeTV lewat aplikasi Android dan iOS, juga website di wetv.vip.

Di Mana Nonton Film Online Yang Seru?

Kalau kamu suka menyaksikan film barat alias Hollywood, kamu bisa berlangganan salah satu atau beberapa website film, seperti Netflix, Disney+, HBO Go, Prime Video, MOLA, atau Vidio. Karena koleksi mereka memang relatif banyak.

Jika kamu suka film Indonesia atau Korea, pilihannya sedikit lebih banyak. Tentu layanan streaming Indonesia bisa menawarkan film karya anak negeri lebih banyak daripada layanan streaming luar.

Yang jelas, kamu harus memperhatikan harga langganan masing-masing layanan streaming dan lihat perangkat apa saja yang didukung (termasuk yang berhubungan dengan paket langganan). Dengan begitu kamu tahu berapa yang kamu bayar dan di mana saja kamu bisa nonton.

Lalu jangan lupa juga soal kuota. Ya tentu tidak masalah jika di rumahmu ada koneksi fiber dan Wi-Fi. Tapi kalau kamu menonton di hp, perhatikan juga paket kuota yang memadai untuk nonton streaming.

Jadi, situs nonton film mana yang jadi pilihanmu?