Aplikasi Yang Wajib Kamu Coba di Windows 11

Anom Penulis

Tahukah kamu kalau ada beberapa aplikasi yang bisa membuat pengalamanmu dalam menggunakan Windows 11 jadi semakin menarik? Mungkin kamu sudah tahu, mungkin juga belum. Kalau kamu termasuk yang belum tahu, di sini kami memberikan daftarnya.

Aplikasi yang kami sebutkan di sini, bisa memberikan sesuatu yang berbeda, baik dari segi penampilan visual maupun penggunaan. Paling tidak dari yang biasa kamu dapatkan di Windows 11 standar. Jadi memang aplikasi ini wajib kamu coba, karena siapa tahu memang berguna.

Nah, Apa saja aplikasi itu?

RoundedTB

RoundedTB merupakan aplikasi yang bisa membuat Taskbar Windows 11 menjadi seperti macOS. Yaitu tidak memanjang penuh, hanya sepanjang banyaknya aplikasi saja. Lalu kamu juga bisa mengatur apakah tampilan System Tray di sebelah kanan akan tampak atau hanya muncul jika kita menggeser kursor ke sana.

Untuk menggunakannya, silakan baca artikel soal membuat Taskbar Windows 11 seperti Dock di Mac.


MiniBin

Aplikasi MiniBin cocok untuk kamu yang ingin tampilan desktop bersih, termasuk tidak ada Recycle Bin. Aplikasi MiniBin akan meletakkan Recycle Bin di Sistem Tray, sehingga kamu bisa menghapus yang ada di desktop. Kamu juga bisa mengosongkan Recycle Bin langsung dari icon di System Tray tersebut.

Selain di Windows 11, aplikasi ini juga berfungsi di Windows 10. Untuk informasi lebih jauh, kamu bisa baca artikel soal menaruh Recycle Bin di System Tray.


QuickLook

QuickLook merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu melihat preview file dengan cepat, seperti yang ada di macOS. Yaitu hanya dengan menekan tombol spasi di keyboard. Walau membuka foto atau video di Windows 11 juga cepat, tapi cara preview ini lebih sederhana.

Selain di Windows 11, aplikasi ini juga berfungsi di Windows 10. Kamu bisa membaca soal ini lebih jauh di artikel cara lihat preview gambar di Windows.


PowerToys

PowerToys merupakan aplikasi dari Microsoft yang berisi banyak peralatan tambahan untuk mebuat Windows semakin powerful. Di dalamnya bisa kamu temukan aplikasi Color Picker, aplikasi yang menjaga Windows tidak tidur, mengubah ukuran gambar, dll.

Selain di Windows 11, aplikasi ini juga berfungsi di Windows 10.


Windows Centering Helper

Windows Centering Helper adalah aplikasi kecil yang membantumu menaruh posisi jendela aplikasi ke tengah layar hanya dengan tombol shortcut. Hal ini akan berguna jika kamu ingin membuat screenshot yang rapi atau memang ingin meletakkan aplikasi di tengah (misalnya sedang mengetik tapi tidak sengaja jendela Word tergeser).

Selain di Windows 11, aplikasi ini juga berfungsi di Windows 10. Kamu bisa membaca soal aplikasi ini lebih jauh di artikel tips menaruh jendela aplikasi di tengah layar.


EarTrumpet

EarTrumpet adalah aplikasi yang memberikan pilihan lebih banyak dalam mengatur volume. Kamu bisa mengatur volume tiap aplikasi yang terbuka sesuai keinginanmu. Jadi memang lebih fleksibel.

Selain di Windows 11, aplikasi ini juga berfungsi di Windows 10. Sayangnya saya belum menemukan cara menghapus ikon volume bawaan di Windows 11.


Nah, itulah beberapa aplikasi yang menarik untuk dipakai di Windows 11 (juga di Windows 10). Kalau saya menemukan aplikasi menarik lainnya, akan saya tambahkan di daftar ini. Mungkin kamu punya saran?

    %d blogger menyukai ini: