Apple Diduga Akan Merilis iPhone Lipat 8 Inci Pada Tahun 2023

Kalau Samsung sedang bersiap merilis ponsel lipat generasi ke-3, Apple disebut akan merilis iPhone versi lipat pada tahun 2023. Paling tidak menurut analis Ming-Chi Kuo.

Apa yang disebutkan oleh Ming-Chi Kuo ini bukanlah bocoran. Namun lebih pada prediksi berdasarkan riset yang disampaikan analis itu pada investor.

Kuo menyebutkan dalam catatannya bahwa survey mereka mendapati pertumbuhan pangsa ponsel lipat telah membuatnya menjadi keharusan bagi semua produsen smartphone besar. Ponsel lipat akan menjadi dorongan terjadinya siklus pergantian (ponsel lama ke ponsel baru) untuk kelas high-end.

Ming-Chi Kuo juga memprediksi kalau iPhone lipat pertama akan memiliki layar sebesar 8 ini berkualitas QHD+ (3200×1800) ketika dibuka. Layar ini akan memiliki rasio 16:9.

Kuo tidak menyebutkan apakah layar di iPhone lipat itu akan membuka-tutup secara horizontal (ala Galaxy Fold) atau secara vertikal (ala Galaxy Flip). Namun kalau melihat spesifikasi di atas, kelihatannya akan lebih berupa ponsel menjadi tablet.

ilustrasi konsep iphone lipat

Untuk urusan layar, Apple nampaknya akan bekerja sama dengan Samsung Display untuk iPhone lipat ini. Walau mudah diduga, rumor yang pernah beredar sebelumnya menyebutkan kalau Apple juga berkonsultasi dengan LG Display.

Apple memang tidak jarang terlambat menyertakan fitur atau teknologi tertentu. Sebagai contoh multi kamera, layar refresh rate tinggi, dll. Apple selalu menanti fitur yang hype itu menjadi matang, lalu menerapkannya dengan sentuhan mereka sendiri. Yang seringkali lebih baik.

Rumor soal iPhone lipat sudah lama beredar. Termasuk beredarnya informasi soal paten, seperti untuk engsel. Bahkan kalau bicara soal paten, ambisi Apple bukan hanya sebatas iPhone lipat saja. Melainkan juga merambah ke komputer Mac.

Ming-Chi Kuo punya kecenderungan benar bila memberi prediksi atau memberi bocoran. Jadi cukup menarik melihat dugaannya Apple akan merilis ponsel lipat sebentar lagi.

%d blogger menyukai ini: