Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

ASUS Pamerkan Inovasi Layar 3D OLED di CES 2023

Bisa lihat tampilan 3D tanpa kacamata khusus

ilustrasi ProArt Studiobook 16 3D OLED H7604
Anom Penulis

ASUS kembali memamerkan inovasi layar terbaru mereka. Di CES 2023, ASUS mengumumkan inovasi layar 3D OLED yang memungkinkan pengguna melihat tampilan 3D tanpa perlu kacamata khusus. Dalam waktu dekat, layar ini akan hadir di dua laptop ASUS terbaru.

Dalam beberapa tahun terakhir, ASUS menetapkan standar baru bagi layar laptop mereka. Pemakaian panel OLED kini bisa kita temukan hampir di semua lini laptop. Sebagai contoh, ASUS Vivobook Pro 16X OLED atau ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition.

Nampaknya kini ASUS bersiap melompat ke teknologi layar berikutnya. Sehingga tampilan tidak hanya tampak tajam, tapi juga lebih hidup. Layar ini nantinya akan hadir di laptop ProArt StudioBook 16 dan VivoBook Pro 16X.

ASUS 3D OLED dengan Spatial Vision

ASUS menyebutkan bahwa layar 3D OLED ini memanfaatkan teknologi yang mereka sebut sebagai “Spatial Vision.” Layar ini memiliki panel OLED berkualitas tinggi, yaitu dengan resolusi 3,2K dan refresh rate sampai 120Hz.

ASUS juga memanfaatkan teknologi pelacakan mata melalui kamera dengan lensa lentikular. Jadi, layar bisa menyesuaikan tampilan untuk masing-masing mata, baik kiri dan kanan. Dengan begitu, menghasilkan tampilan autosteroscopic 3D.

Tujuan pembuatan layar 3D OLED tidak hanya demi kepuasan menonton hiburan saja. Tapi juga akan berguna bagi para kreator. Terutama mereka yang bekerja membuat model 3D. ASUS juga menghadirkan fitur aplikasi khusus untuk itu.

ASUS ProArt StudioBook 16 dan VivoBook Pro 16X Baru

Seperti disebut di atas, teknologi layar akan memulai langkahnya di dua laptop terlebih dahulu. Lalu seperti sebelumnya, akan ada tambahan “label” baru di belakang nama laptop ini. Dua laptop itu adalah ASUS ProArt StudioBook 16 3D OLED dan ASUS VivoBook Pro 16X 3D OLED.

Baca Juga:  ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402): Laptop 5G Bikin Produktivitas Tambah Yahud!

Kalau kamu perhatikan, ada bagian khusus di sebelah atas layar kedua laptop ini. Di bagian itulah sensor kamera lensa lentikular berada.

gambar Laptop ASUS ProArt Studiobook 16 3D OLED
ASUS ProArt StudioBook 16 3D OLED (gambar: ASUS)

Laptop ProArt StudioBook 16 3D OLED menggunakan prosesor Intel Core i9-13980HK, RAM yang bisa di-upgrade sampai 64GB, dan GPU NVIDIA RTX 40 Series. Selain itu touchpad-nya bisa digunakan dengan pena stylus, dan ada tuas ASUS Dial untuk membantu proses kerja kreatif.

Selain versi 3D, laptop ini juga memiliki varian dengan layar 2D biasa. Lalu, juga akan ada varian yang menggunakan GPU profesional NVIDIA RTX lain.

Gambar laptop Laptop ASUS Vivobook Pro K6604 (3D 07)
Laptop Vivobook Pro 16X 3D OLED (gambar: ASUS)

Laptop ASUS VivoBook Pro 16X 3D OLED juga menggunakan prosesor Intel Core i9-13980HK. Akan ada pilihan GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series dan RAM yang bisa di-upgrade sampai 64GB dengan DDR5 SODIMM. Spesifikasi ini masih dilengkapi dengan 2 SSD PCIe 4.0 2TB.

Sejauh ini belum ada informasi pasti soal kapan kedua laptop asus ini akan meluncur. Kemungkinan besar, ASUS akan mengumumkannya menjelang kuartal ketiga tahun 2023 ini. Kita tunggu saja perkembangan beritanya lebih lanjut.