Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Bocoran Kamera iPhone 15 Series Terbaru, Bakal Pakai Sensor Tercanggih Sony!

bocoran kamera iphone 15 series
Sumber: Notebook Check
Indri Penulis

Bocoran kamera iPhone 15 Series terbaru beredar di internet. Dengar-dengar ponsel ini akan pakai sensor tercanggih Sony untuk potret cahaya rendah.

iPhone 15 Series mungkin masih lama peluncurannya. Tapi sejak iPhone 14 Series rilis, berbagai rumor seputar iPhone 15 Series mulai naik ke permukaan.

Beberapa waktu lalu sempat dikabarkan bahwa iPhone 15 Series akan punya varian iPhone 15 Ultra. Konon ponsel ini akan punya kamera depan ganda dan pakai bodi titanium. Selain itu kabarnya semua model iPhone 15 Series akan punya fitur Dynamic Island.

Baru-baru ini muncul lagi satu kabar iPhone 15 Series yang nggak kalah seru, yakni bocoran kamera iPhone 15 terbaru. Kira-kira seperti apa ya bocorannya? Yuk, kita lihat.

Bocoran Kamera iPhone 15 Series Terbaru Pakai Sensor Sony

Kabar terbaru ini berasal dari Nikkei Asia. Mereka mendapat informasi ini dari produsen komponen yang akrab dengan Sony. Produsen tersebut bilang kalau Sony akan memasok sensor gambar terbaru untuk iPhone generasi berikutnya.

Sony Semiconductor Solutions kabarnya siap memproduksi sensor di pabrik Nagasaki. Mereka lalu akan mengirimkan sensor tersebut ke Apple dan OEM lain tahun depan.

bocoran kamera iphone 15 series
Sumber: XDA-Developers

Pertanyaannya, seperti apa kehebatan sensor gambar Sony ini? Konon ia akan menjadi salah satu sensor tercanggih Sony. Sensor tersebut disebut-sebut akan menggandakan tingkat sinyal saturasi di setiap piksel, dibandingkan dengan sensor konvensional.

Itu artinya, sensor tersebut bisa menangkap lebih banyak cahaya. Ia juga bisa mengurangi overexposure atau underexposure dalam pengaturan tertentu.

Hal tersebut akan membuat kamera ponsel mampu memotret wajah seseorang dengan jelas. Bahkan walaupun subjek berdiri dengan latar cahaya yang kuat.

Laporan di atas memang tidak menyebutkan nama sensor dengan gamblang. Tapi deskripsinya sangat cocok dengan sensor gambar stacked CMOS pertama Sony yang debut akhir tahun lalu.

Baca Juga:  Mengenal Continuity Perangkat Apple (iPhone, iPad, Mac, Apple Watch)

Tidak seperti sensor konvensional yang menempatkan fotodioda dan transistor piksel pada substrat yang sama. Sensor stacked CMOS bakal mengadopsi struktur bertumpuk terdiri dari chip piksel, yang ditumpuk di atas chip logic tempat pemrosesan sinyal dibantuk.

Kemudian di dalam chip piksel, fotodioda akan mengubah cahaya menjadi sinyal listrik. Sedangkan transistor piksel yang bertugas mengontrol sinyal, akan diletakkan berdampingan dengan lapisan yang sama.

Intinya, arsitektur bertumpuk / stacked menggandakan kapasitas pengumpulan cahaya sensor gambar. Jadi kalau Apple benar-benar menggunakan sensor Sony di atas ke iPhone 15 Series, pengguna bisa mengharapkan peningkatan yang signifikan dalam kinerja cahaya rendah.

Oke, sementara itu dulu bocoran kamera iPhone 15 Series terbaru yang kami dapatkan. Kalau ada informasi terbaru lagi, saya akan meng-update-nya dalam artikel mendatang. Makanya, pantengin terus berita-berita teknologi terbaru dari Urbandigital ya!


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]