Microsoft Tikam Apple Lewat Prinsip Bursa Aplikasi di Windows

App Store milik Apple akhir-akhir ini menuai banyak kritik, terutama karena tuduhan praktek monopoli. Microsoft menjadi salah satu yang mengkritik bursa aplikasi Apple itu, kali ini melalui prinsip bursa aplikasi Microsoft Store yang mereka publikasikan.

Microsoft mempublikasikan prinsip bursa aplikasi versi mereka melalui blog resmi. Ada 10 prinsip yang mereka sebut sehubungan dengan standar kesetaraan yang diperjuangkan Coalition for App Fairness (CAF).

Microsoft store dan apple app store

10 prinsip yang menjadi pegangan Microsoft Store adalah:

  1. Pengembang memiliki kebebasan untuk memilih apakah mereka akan mendistribusikan aplikasi mereka untuk Windows lewat bursa. Microsoft tidak akan memblokir bursa aplikasi lain di Windows.
  2. Microsoft tidak akan memblokir aplikasi berdasar model bisnis pengembang atau bagaimana cara mereka memberi konten dan layanan, termasuk apakah aplikasi itu dipasang di perangkat atau melalui cloud.
  3. Microsoft tidak akan memblokir aplikasi berdasar sistem transaksi pilihan pengembang di dalam aplikasi.
  4. Microsoft akan memberi pengembang waktu untuk mengakses interopabilitas Windows (bagaimana Windows menggunakan data).
  5. Setiap pengembang memiliki akses ke Microsoft Store, selama mereka memenuhi standar yang obyektif, seperti perlindungan, privasi, kualitas, dan keamanan.
  6. Microsoft Store akan menerapkan tarif yang masuk akal dengan pertimbangan kompetisi dari bursa aplikasi lain di Windows dan tidak memaksa pengembang untuk menjual apapun jika mereka tidak mau.
  7. Microsoft Store tidak menghalangi pengembang berkomunikasi dengan pengguna untuk keperluan bisnis melalui aplikasi mereka.
  8. Microsoft Store akan menerapkan standar yang sama untuk aplikasi buatan Microsoft seperti aplikasi lain.
  9. Microsoft tidak akan menggunakan informasi yang tidak dipublikasikan oleh pengembang untuk bersaing dengan mereka.
  10. Peraturan dan kebijakan Microsoft Store untuk pemasaran dan promosi bersifat transparan, akan memberitahu bila ada perubahan dan akan memproses masalah yang ada secara adil.

Dalam publikasi di blog resmi tersebut, Microsoft sedikit menyindir Apple dan bursa aplikasi App Store walau tidak menyebutkan secara eksplisit. Mereka mengatakan “Windows 10 adalah platform terbuka. TIdak seperti platform digital populer lain, pengembang bebas memilih bagaimana akan mendistribusikan aplikasi mereka.”

Microsoft sendiri bermasalah dengan App Store milik Apple sehubungan dengan distribusi aplikasi layanan Xbox Cloud Gaming mereka. Apple memblokir layanan Xbox Cloud Gaming di App Store. Walau Apple memperlunak peraturan yang ada, namun masalah tetap ada.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: