Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

Backup Android: Punya Handphone Baru Jadi Lebih Mudah

android mary poppins
Avatar of Anom
Anom Penulis

Apa pentingnya backup Android? Yang paling utama adalah mempermudah saat kamu pakai handphone baru atau ganti handphone.

Boleh dibilang, saya relatif sering ganti handphone. Biasanya sih untuk review. Jadi buat saya, backup sangat penting. Dengan backup tersebut, saya bisa berganti handphone tanpa takut kehilangan aplikasi, kontak, data, dll.

Proses backup data bisa tergantung pada merk handphone. Google biasanya menyediakan fasilitas untuk akun Google. Sebagai contoh lain, Samsung pun demikian untuk handphone yang dirilisnya (dengan akun Samsung).

Yang saya gunakan sebagai contoh di sini adalah proses backup Android dengan akun Google. Karena handphone yang saya pakai saat ini (Moto Z2 Play dan Moto G5s Plus) menggunakan OS yang mendekati Android murni.

Cara Backup Android

  1. Buka ‘Setelan‘.
  2. Masuk ke ‘Buat Cadangan & Setel Ulang‘.
  3. Masuk ke ‘Cadangkan data saya‘ dan aktifkan.
  4. Pilih akun cadangan (akun Google).
  5. Aktifkan ‘Pemulihan otomatis‘.

buat backup android

Proses ini akan mencadangkan secara otomatis data perangkat (seperti kata sandi Wi-Fi dan riwayat panggilan) dan aplikasi yang terpasang, beserta data yang terkait (berdasar yang ditetapkan developer aplikasi). Jadi bisa termasuk kontak, pesan, atau media (foto atau video).

Tentunya, kalau handphone yang kamu pakai menawarkan cara lain (berdasar akun bersangkutan, seperti akun Samsung), kamu bisa mengikuti petunjuknya.