Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Menghapus Draft Instagram Story, Posts, dan Reels

Segera hapus draft instagram kamu sebelum penuh dan jadi sampah

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen/Sementara Lewat HP dengan Mudah
Febri Penulis

Kamu sering unggah foto/video di Instagram dan sering menyimpannya untuk diunggah nanti? Karena terlalu banyak menyimpan draft, mungkin kamu bingun bagaimana cara menghapus draft Instagram dengan baik dan benar.

Sekarang ada banyak draft, tidak hanya untuk foto/video di post saja, tetapi, ada juga di story dan juga draft untuk reels juga.

  • Solusi Cepat
    Untuk menghapus draft kamu bisa buka Instagram > Tekan ikon tambah di pojok kanan atas beranda Instagram > Kamu bisa lihat ada menu draft di sebelah menu galeri, klik saja menu tersebut > Kamu bisa pilih draft mana yang ingin dihapus > Tekan ikon pensil untuk memilih edit > Pilih draft > Pilih hapus.

Foto yang Belum Selesai Diedit Akan Disimpan ke Folder Draft IG (Instagram)

Foto yang belum selesai kamu edit atau belum kamu unggah ke Instagram akan tersimpan sebagai draft atau konsep. Kadang ada beberapa konsep yang akhirnya batal kita unggah. Supaya tidak bikin pusing, kamu bisa hapus draft Instagram tersebut.

Namun cara menghapus draft tersebut cukup tersembunyi. Tidak terlalu kentara. Mungkin ada di antara kalian yang bingung melakukannya. Di bawah ada sedikit penjelasan kenapa membingungkan. Silakan simak dulu langkah berikut ini.

Oya, contoh yang saya berikan merupakan hasil dari aplikasi Instagram untuk Android. Mungkin ada yang langkah berbeda, terutama kalau versi aplikasi tersebut berbeda. Jangan lupa update ya.

Cara Menghapus Draft Instagram

1. Cara menghapus draft posts Instagram

  1. Buka akun Instagram kamu.
  2. Pada halaman beranda atau home Instagram, tap ikon (+).
  3. Lalu tap menu Draft.
  4. Tap menu Manage.
  5. Tap ikon Pensil.
  6. Pilih Foto/Video Draft yang ingin dihapus.
  7. Pilih menu Discard atau hapus.
  8. Selesai.
Baca Juga:  Instagram Mulai Luncurkan Fitur Parental Control di Amerika Serikat

Kamu bisa menghapus draft post Instagram sesuai dengan panduan yang saya tulis di atas, setiap foto ataupun video yang sedang ingin kamu publikasikan (unggah) namun ternyata tidak jadi, biasanya akan tersimpan di folder draft seperti gambar di atas.

Draft itu penting, untuk kamu yang suka mengatur dan juga menyiapkan content di dalam draft. Sehingga ketika ingin posting content baru, kamu tinggal akses draft lalu tinggal klik posting saja tanpa perlu memikirkan edit content dan isi caption lagi.

2. Cara menghapus draft story Instagram

  1. Sama seperti cara menghapus draft posts Instagram, tap ikon menu (+) saat berada di halaman feed IG.
  2. Pilih menu Draft yang berada di sebelah menu galeri.
  3. Tap ikon Select yang ada di pojok kanan atas.
  4. Pilih Draft Story yang ingin dihapus.
  5. Lalu tekan menu Delete.
  6. Muncul notifikasi > Tap saja menu Delete.
  7. Selesai.
Cara menghapus Draft Story Instagram

Cara menghapus draft story IG di atas bisa kamu terapkan jika draft story Instagram kamu sudah kelewat banyak. Mungkin kamu bagian dari orang yang ingin dikit-dikit posting kegiatan di story IG tapi tidak ingin langsung terpublikasikan, sehingga disimpan ke draft.

Kebiasaan menyimpan story di folder draft kerap kali membuat kita jadi lupa, mana story yang seharusnya kita posting. Makanya, membersihkan draft sesering kali itu juga penting.

Supaya kamu paham mana story yang harus diprioritaskan untuk dipublikasikan terlebih dahulu.

3. Cara menghapus draft reels Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Pergi ke halaman Profil.
  3. Lalu tap bagian menu Reels.
  4. Kamu akan lihat ada pilihan menu atau folder terpisah khusus Draft, tap aja folder tersebut untuk membuka menu Draft.
  5. Di sini kamu bisa memilih mana Reels yang ingin kamu hapus, tap menu Select.
  6. Pilih Reels yang ingin dihapus.
  7. Tap menu Discard.
  8. Lalu muncul notifikasi peringatan, kamu tap saja Discard untuk menghapus Draft Reels tersebut.
  9. Selesai.
Baca Juga:  Tampilan Instagram Web Resmi Berubah, Lebih Fresh Enak Dilihat!
  • Info Penting
    Pastikan saat kamu menghapus Draft baik itu posts, story, dan reels. Kamu sudah yakin untuk menghapusnya, karena jika sudah sekali kamu tekan Delete / Discard, maka file Draft tersebut akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Untuk content creator di tahun saat ini, pasti sering banget nih buat reels. Sangking banyaknya membuat reels jadi lupa kalau isi folder draft sudah penuh hingga ratusan dan bingung mau posting yang mana.

Cara membersihkan draft reels Instagram di atas bisa kamu terapkan untuk mengatur draft dari reels kamu tetap tertata rapi dan bersih dari sampah-sampah yang tidak ingin kamu upload tapi tetap bertahan di folder penyimpanan.

What’s Next: Hapus Draft Instagram Sesuai dengan Kebutuhan

Kurang lebih seperti itu lah cara menghapus draft Instagram untuk story, posts, dan reels. Silakan pilih panduan mana yang sedang kamu cari, jika panduan di atas masih kurang bisa dipahami, kamu bisa sampaikan pertanyaannya di kolom komentar.

Nanti kita diskusikan bersama dan jika kamu mencari panduan seperti cara menonaktifkan Instagram sementara atau panduan lain soal Instagram, kamu bisa coba cari artikelnya langsung dengan fitur pencarian website ini.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, sosial media & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.