Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Masuk Safe Mode Windows 10, Mudah dan Aman

gambar cara masuk safe mode windows lewat startup setting

Safe mode merupakan fitur dalam sistem operasi Windows yang memungkinkan untuk melakukan troubleshooting saat terjadi masalah. Kalau Anda belum tahu cara masuk safe mode Windows 10, silakan ikuti tutorial ini.

Safe mode biasanya mampu memperbaiki program yang tidak berjalan dengan baik hingga infeksi karena virus. Dengan mengetahui cara masuk safe mode, Anda akan menghemat waktu dan biaya perbaikan serta membuat device Anda tetap produktif.

Dalam fitur safe mode, Windows hanya akan memuat driver dan program yang penting saja saat proses start up terjadi. Dengan begitu, pengaturan dan aplikasi yang bermasalah tidak akan berjalan sehingga device dapat memperbaikinya tanpa ada gangguan.

Hal ini dapat dilakukan secara mandiri baik itu di rumah atau di luar tanpa bantuan profesional. Ada tiga cara masuk safe mode Windows 10 yang dapat kamu gunakan. Yuk, simak caranya berikut ini.

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

System Configuration

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu melalui System Configuration. Cara pertama ini memang cukup rumit, tapi Anda tetap dapat berhasil dengan mengikuti instruksinya hati-hati. Caranya sebagai berikut:

  • Ketikkan ‘msconfig‘ atau ‘system configuration‘ di Windows search lalu tekan Enter.
  • Selanjutnya klik tab boot lalu ceklis safe boot yang ada di bagian kiri bawah.
  • Selain itu, di bawahnya Anda juga akan menemukan empat macam metode safe boot: Minimal, Alternate Shell, Activate Directory Repair, dan Network.
  • Pilih salah satu dari keempat metode safe boot di atas sesuai kebutuhan kamu lalu klik Apply dan OK.
  • Pilih lakukan restart untuk masuk ke safe mode, ketika ada pilihannya.

Adapun macam-macam metode safe boot tersebut adalah:

  • Minimal: Metode yang menjalankan safe mode dengan memuat driver serta service yang penting saja dalam tampilan Windows standar
  • Alternate Shell: Metode yang menjalankan safe mode dengan command prompt tanpa Windows GUI. Sehingga lebih cocok untuk pengguna profesional.
  • Activate Directory Repair: Metode yang menjalankan safe mode yang memiliki akses ke komponen komputer. Metode ini sangat berguna digunakan saat device gagal menginstal hardware baru.
  • Network: Metode yang menjalankan safe mode dengan tambahan driver dan service. Driver dan service ini dapat digunakan untuk mengakses jaringan serta untuk menghadirkan tampilan Windows GUI standar.
Baca Juga:  Cara Mengunci Folder Windows 10 Tanpa Aplikasi / dengan Aplikasi, Mudah & Cepat!

Gunakan tombol F8

Cara masuk safe mode Windows 10 selanjutnya yaitu dengan menggunakan tombol F8 pada keyboard. Anda hanya perlu menekan F8 beberapa kali saat proses booting, lalu saat muncul kotak pilihan empat jenis metode safe boot seperti yang telah dijabarkan di atas. Pilih salah satunya.

Kabar buruknya, metode yang satu ini sudah tidak berlaku lagi jika digunakan di Windows 10. Tujuan menghilangkan shortcut yang satu ini adalah untuk mempercepat proses booting.

Cara untuk bisa mengaktifkan fungsi tombol F8 kembali adalah dengan menggunakan Command Prompt. Nantinya F8 dapat berfungsi sebagai akses untuk bisa masuk ke dalam safe mode.

Untuk mengaktifkan kembali tombol F8 lewat Command Prompt:

  • Klik kanan tombol start lalu pilih opsi Command Prompt (Admin).
  • Setelah itu akan muncul peringatan dari User Account Control, lalu klik Yes.
  • Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan teks berikut di badan kotak:
bcdedit/set(default)bootmenupolicy legacy
  • Kemudian tekan Enter dan restart device Anda.

Kini setiap device Anda masuk dalam keadaan booting, Anda dapat menekan F8 untuk dapat masuk ke safe mode.

Cara ini juga dapat Anda pakai untuk nonaktifkan tombol F8 kembali. Anda tinggal masuk ke Command Prompt, lalu ketikkan teks berikut :

bcdedit/set(default)bootmenupolicy standard

Kemudian tekan Enter dan restart device Anda. Sekarang Anda tidak dapat masuk safe mode dengan menggunakan tombol F8.

Shortcut F8 menuju safe mode saat proses booting di Windows 10 memiliki kekurangan dan kelebihan.

Jika Anda mengaktifkannya, proses booting akan lebih lama. Namun jika Anda menontaktifkannya, Anda tidak perlu menunggu lama booting. Hanya saja, Anda tidak dapat pergi ke safe mode saat booting.

Advanced Startup

Cara masuk safe mode Windows 10 yang terakhir adalah melalui Advanced Startup. Caranya sebagai berikut:

  • Klik tombol start di layar device anda, lalu klik tombol Settings.
  • Lalu pilih menu ‘Update & Security‘ kemudian pilih menu ‘Recovery‘.
  • Kemudian pada bagian Advanced Startup pilih tombol ‘Restart Now‘.
Baca Juga:  4 Cara Masuk BIOS Windows 10 Tercepat, 1 Menit Selesai!

Secara otomatis device Anda akan memasuki recovery mode. Dalam recovery mode, anda akan ditawarkan dengan tiga opsi yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Tiga opsi tersebut antara lain Continue, Troubleshoot, dan Turn off your PC. Untuk masuk ke safe mode, pilihlah opsi Troubleshoot lalu tekan Advanced options. Setelah itu akan muncul berbagai macam pilihan.

Pilihlah tombol Startup Setting yang muncul pada pilihan tersebut. Lalu restart device anda. Setelah proses restart selesai, anda akan ditawarkan dengan berbagai pilihan termasuk salah satunya safe mode. Lalu, pilihlah opsi safe mode untuk kemudian bisa masuk ke dalam safe mode.

cara masuk safe mode winodws 10 lewat advanced options
Source: Microsoft

Itulah tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk masuk ke safe mode. Anda dapat memilih cara manapun yang menurut anda lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan masalah device anda baik karena program yang tidak berjalan lancar atau karena infeksi virus. Selamat mencoba!