[Tips] Cara Mempercepat Browser Google Chrome

google chrome icon
Anom Penulis

Google Chrome memang browser paling populer. Di sisi lain, browser buatan Google ini juga terkenal sebagai browser yang memakan banyak RAM. Namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat Google Chrome.

Kamu bisa mengaktifkan beberapa itur tertentu melalui setelan “Flag” di Google Chrome. Flag merupakan berbagai fitur eksperimental yang tersembunyi. Beberapa setean ini ada yang bisa menjadi fitur “resmi” atau ada yang tidak. Lalu ada yang tersedia untuk semua platform dan ada yang tidak.

Bagaimana mengakses Flag di Google Chrome? Kamu bisa mengaksesnya dengan mengetik chrome://flags di kotak alamat URL.

Kemudian, kamu bisa menelusuri beberapa setelan yang ada di bawah ini. Namun, karena daftar fitur di sana tidak beraturan urutannya, mungkin lebih baik kamu mengetik nama fitur bersangkutan di kotak pencari.

Flag Untuk Mempercepat Chrome

Nah, kalau kamu mau, kamu bisa coba mengatur beberapa setelan yang ada di Flag Chrome berikut ini.

GPU Rasterization

‘GPU Rasterization’ akan mengalihkan proses raster konten web, seperti gambar, dengan menggunakan GPU. Dengan begitu proses rater tidak membebani CPU. Yah, boleh kita bilang bagi tugas lah.

Override Software Rendering List

Mirip dengan setelan sebelum ini, ‘Override Software Rendering List’ akan memaksa proses render dengan memakai GPU daripada menggunakan pengolahan perangkat lunak. Bahkan untuk sisten yang tidak mendukungnya.

Zero-Copy Rasterizer

‘Zero-copy Rasterizer’ akan memaksa proses raster langsung berjalan pada GPU. Pengalihan ini akan mempercepat alur kerja jika dibanding dengan menggunakan RAM.

Turn Off Caching of Streaming Media to Disk

Setelan ini akan berguna untuk kamu yang sering nonton streaming video. Mengaktifkan setelan ‘Turn off caching of streaming media to disk’ akan meminimalis aktivitas media penyimpanan. Hal ini tidak hanya akan membuat baterai (jika kamu pakai laptop atau hp) lebih awet, tapi juga nonton lebih lancar.

Back-Forward Caching

Setelan ‘Back-forward caching’ akan memungkinkan navigasi kembali dan berikutnya antar halaman berjalan lebih cepat. Ini berguna kalau kamu sering menggunakan tombol kembali di browser Chrome.

QUIC Protocol

QUIC (Quick UDP Internet Connections) adalah protokol transport data yang dikembangkan oleh Google. Dengan mengaktifkan setelan ini, browser akan mengurangi bandwith dan latensi dengan menurunkan proses transport data saat membuat koneksi baru.

Parallel Downloading

Setelan ‘Parallel Downloading’ akan mempercepat proses unduhan dengan memecahnya menjadi beberapa proses. Dengan begitu mengurangi waktu antrian unduhan.

Setelah kamu mengaktifkan beberapa setelan di atas, kamu harus klik tombol ‘Relaunch’ agar setelan itu diterapkan.

Membatalkan Setelan Flag

Nah, seperti disebutkan di halaman Flag, setelan yang ada ini memang bersifat eksperimental. Jadi ada kemungkinan fitur ini tidak bekerja sesuai harapan.

Jika kamu menemukan kendala setelah mengaktifkan setelan Flag di Chrome, kamu bisa mengembalikannya seperti sedia kala. Caranya: buka kembali halaman Flag, lalu klik tombol ‘Reset all’, kemudian ‘Relaunch’ browser tersebut.

Itulah beberapa trik untuk mempercepat kinerja Google Chrome. Selain trik di atas, kamu juga bisa memeriksa ekstensi yang berat dan menghapusnya atau mengganti DNS Google Chrome agar browser ini lebih responsif ketika membuka website.

Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: