Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Cara Mengaktifkan Mode Pembaca atau Reader Mode di Google Chrome

Indri Penulis

Bagaimana cara mengaktifkan Mode Pembaca atau Reader Mode di Google Chrome supaya tampilan lebih bersih? Simak tutorial berikut yuk!

Beberapa situs web biasanya dipenuhi oleh iklan, grafik, video, atau elemen-elemen tambahan lainnya. Buat yang suka membaca artikel di website, mungkin bakal sedikit terganggu dengan keberadaan elemen-elemen tersebut karena bisa mengganggu konsentrasi membaca.

popculture.id

Untungnya kamu nggak perlu demo sama pemilik website agar ia menghilangkan elemen-elemen penggangu tersebut. Cukup pakai Mode Pembaca di Google Chrome, kamu bisa menghilangkan elemen-elemen tersebut hanya dalam beberapa klik. Aktivitas membaca pun jadi lebih nyaman dan kamu bisa fokus pada teks yang ada di dalam konten bacaanmu itu.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan Mode Pembaca atau Reader Mode di Google Chrome? Kamu bisa praktikkan langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengaktifkan Reader Mode Google Chrome

Perlu kamu tahu, Mode Pembaca di Google Chrome saat ini masih menjadi fitur eksperimental. Oleh karena itu, kamu perlu mengaktifkan fitur tersebut di tab Chrome Experiments untuk bisa menggunakannya. Begini cara mengaktifkan fitur tersebut:

  • Klik di bilah URL Google, lalu masukkan “chrome://flags/” kemudian tekan tombol “Enter.”
  • Masukkan “Enable Reader Mode” dalam kotak penelusuran di tab Experiments.
  • Selanjutnya pilih “Enabled” pada menu drop-down untuk mengaktifkan Reader Mode.
  • Sekarang tekan “Relaunch” untuk me-restart Google Chrome.
  • Buka halaman web yang ingin kamu lihat dalam Reader Mode.
  • Klik tombol “Enter reader mode” di sebelah kanan bilah URL Chrome.

Selesai, sekarang kamu akan melihat halaman web dalam tampilan bacaan baru. Kini kamu bisa membaca artikel di dalam website tanpa terganggu iklan, gambar, video, atau elemen-elemen lain di dalamnya.

Oya satu lagi. Mungkin kamu bakal melihat tombol ‘A’ di bagian atas halaman. Fungsi dari tombol tersebut adalah untuk membuka kotak “Customize” yang ditujukkan langsung di bawah. Kotak tersebut berisi beberapa pengaturan tampilan untuk halaman pengaturan.

Misalnya, kamu bisa menambah atau mengurangi ukuran teks pada halaman. Untuk melakukannya, seret slider di kotak ke kanan / kiri tergantung kebutuhanmu. Saat kamu menyeret slider tersebut kanan, maka kamu akan memperluas teks halaman dan begitu pun sebaliknya.

Nah khusus buat kamu yang pakai mode gelap, Reader Mode akan menyajikan beberapa opsi warna di kotak Customize. Ketika kamu mengklik lingkaran hitam, tools tersebut akan memicu latar belakang berwarna gelap ke halaman. Atau kamu juga bisa memilih warna krem muda untuk dijadikan latar belakang halaman.

Oke, itu tadi cara mengaktifkan Mode Pembaca atau Reader Mode di Google Chrome. Gampang dan simpel kan? Kalau begitu, selamat mencoba ya!

    %d blogger menyukai ini: