ROG Strix G13
ROG Strix G13
ROG Strix G13

5 Cara Mencari dengan Gambar di Google dengan Mudah dan Cepat

Siapa tahu bertemu jodoh...

5 Cara Mencari dengan Gambar di Google dengan Mudah dan Cepat
sumber gambar: TechRBurn

Tahukah kamu bahwa kini ada cara mencari gambar dengan gambar? Cara ini mempermudah kamu untuk mengetahui gambar dengan lebih mudah dan cepat. Asyiknya, cara mencari dengan gambar ini bisa dilakukan di PC/laptop atau di HP.

Namun, sebelum masuk ke pembahasan inti, perlu diketahui bahwa biasanya kita mencari gambar atau foto dengan mengetik nama atau kata tertentu. Nah, yang ini justru kebalikannya, karena kita akan mencari suatu informasi dengan menggunakan gambar. Jadi, kamu tidak perlu repot mengetik suatu kata, frasa, atau kalimat tertentu.

Baca Juga: Handheld Konsol Game Terbaik

Contohnya, kamu melihat foto seseorang. Kemudian, kamu penasaran dengan identitas orang tersebut tapi tidak tahu siapa namanya atau informasi lainnya selain lewat foto. Nah, kamu bisa gunakan cara mencari dengan gambar ini untuk mengetahui namanya.

Kamu hanya perlu masukkan foto tersebut ke sebuah fitur di Google, dan selesai, Google akan mencari identitas foto tersebut. Gampang, kan?

Dalam sejarahnya sebagai mesin pencari, Google memang sering punya fitur yang sedikit tersembunyi. Selain Google, juga ada situs alternatif lain untuk cara mencari dengan gambar. Penasaran? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mencari dengan Gambar dari Komputer

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa kamu bisa mencari suatu informasi suatu gambar lewat komputer. Jika kamu sedang buka PC, coba ikuti tutorial cara mencari dengan gambar dari komputer ini:

1. Buka halaman image.google.com.

Cara Mencari dengan Gambar dari Komputer 1
sumber gambar: Screenshot Urbandigital

2. Tekan ikon kamera.

3. Kamu bisa memilih mencari dengan gambar online, atau dengan upload gambar. Kalau gambar online, masukkan alamat URL gambar bersangkutan. Kalau upload gambar, klik tombol ‘Choose File‘ atau seret gambar bersangkutan ke bidang tersebut.

Cara Mencari dengan Gambar dari Komputer 2
sumber gambar: Screenshot Urbandigital

5. Setelah proses upload selesai, kamu akan melihat hasilnya.
— Tergantung siapa yang kamu cari. Kalau ternyata ia selebritas, maka selain variasi gambar, juga akan muncul berbagai hasil pencarian Google seperti biasanya.
— Kalau orang biasa, biasanya akan muncul beberapa variasi gambar (dengan berbagai ukuran) dan situs yang memuatnya.

Cara Mencari dengan Gambar dari Komputer 3
sumber gambar: Screenshot Urbandigital

Selesai, mudah banget, kan? Kamu hanya perlu satu gambar dan biarkan Google mencari informasi tentang gambar yang kamu cari.

Baca Juga: Laptop Terbaik untuk Mahasiswa

Cara Mencari dengan Gambar dari Ponsel

Selain lewat komputer dan PC, ada juga cara lain mencari gambar, yaitu menggunakan HP. Namun, perlu diketahui bahwa mencari gambar pakai HP ini tidak akan menampilkan tombol kamera, entah itu kamu menggunakannya pakai aplikasi Google atau lewat browser.

Lalu, bagaimana caranya? Tenang saja, kami sudah merangkum beberapa cara termudahnya, silakan ikuti tutorial berikut ini, ya.

1. Mencari dengan Gambar via Situs Web

Mencari dengan Gambar via Situs Web
sumber gambar: Screenshot Urbandigital/Afit

Cara yang pertama jika kamu mencari gambar pakai HP lewat Google adalah mencarinya via situs web. Begini caranya:

1. Tekan lama gambar sampai keluar context menu.

2. Pilih ‘Search Google for this image‘.

3. Hasil pencarian akan segera keluar.

Browser Google Chrome mendukung pencarian dengan gambar dari situs web secara bawaan (termasuk lewat Google Lens). Jadi memang cukup mudah. Namun belum tentu semua browser memiliki fitur ini.

2. Mencari dengan File Gambar dari Google Chrome Mobile

Mencari dengan File Gambar dari Google Chrome Mobile
sumber gambar: Screenshot Urbandigital

Cara yang kedua, kamu juga bisa mencari gambar dari Google Chrome Mobile. Cara ini mirip dengan cara yang mencari gambar lewat PC kok, mudah!

1. Buka image.google.com.

2. Tekan ikon menu â‹® di pojok kanan atas.

3. Aktifkan pilihan pilihan ‘Situs Desktop‘.

4. Tekan ikon kamera.

5. Lakukan pencarian (baik lewat URL atau berkas foto di ponsel).

Seperti kamu lihat, ketika pilihan Situs Desktop akan mengaktifkan penampilan Chrome seperti di komputer. Dengan begitu juga memunculkan ikon kamera beserta tombol upload foto. Kamu bisa melakukan cara ini baik di Andorid maupun iPhone.

Baca Juga: Laptop Tipis Terbaik

3. Mencari dengan Gambar di Situs Alternatif

Mencari dengan file foto di Situs Alternatif
sumber gambar: Screenshot Urbandigital

Cara yang ketiga, kamu bisa pakai situs lain untuk mencari gambar. Jadi, kamu tidak hanya mengandalkan Google saja, karena ada situs yang juga punya fitur untuk cari gambar.

1. Kunjungi situs labnol.org.

2. Upload foto yang bersangkutan.

3. Setelah foto selesai di-upload, akan muncul pilihan untuk menunjukkan hasil atau upload foto lain.

4. Pilih ‘Show matches‘ untuk menunjukkan hasilnya.

5. Selesai, Google Image akan menampilkan hasil pencarian.

Bisa dibilang cara ini lebih mudah dan cepat. Bahkan cara ini bisa kamu lakukan di Android maupun iPhone. Oh iya, selain labnol, ada juga situs lain yang bisa mencari gambar, yaitu situs TinEye. Tapi berdasarkan percobaan, hasil pencariannya tidak seakurat dari Google Image.

Mencari dengan add-on di Browser Firefox

Mencari dengan add-on di Browser Firefox
sumber gambar: 9to5Google

Uniknya, bukan hanya Google saja browser yang bisa mencari gambar. Ada cara mencari dengan gambar melalui browser Firefox. Nah, mencari gambar di browser firefox ini bisa dilakukan dengan memasang add-on yang bernama ‘Search by Image‘. Kalau sudah memasangnya, kamu bisa mencari gambar dari menu, seperti langkah-langkah ini:

1. Buka halaman website dengan gambar yang ingin kamu cari,

2. Tekan tombol menu â‹® di sebelah kanan kotak alamat,

3. Tekan pilihan ‘Search by Image’ di menu.

Kamu juga bisa mengatur sumber pencarian dari halaman pengaturan add-on tersebut. Bagaimana, cara ini lebih mudah, kan? Cara yang satu ini bisa jadi alternatif untuk kamu yang memang sering menggunakan Firefox.

Tips Mencari Informasi Pakai Gambar

Tips Mencari Informasi Pakai Gambar
sumber gambar: PhoneArena

Selain cara mencari dengan gambar, kami juga mau memberikan beberapa tips saat mencari informasi pakai gambar lewat Google. Ada pun tipsnya adalah:

1. Manfaatkan ‘Pencarian Gambar Berdasarkan Gambar’: Jika kamu sudah memiliki gambar dan ingin mencari gambar serupa atau asal-usul gambar tersebut, gunakan fitur ‘Pencarian Gambar Berdasarkan Gambar’ dengan salah satu cara di atas tadi.

2. Periksa Sumber Gambar: Setelah menemukan gambar yang kamu inginkan, klik gambar tersebut untuk melihat sumbernya. Ini penting untuk memastikan keaslian dan kredibilitas gambar tersebut.

Baca Juga: Laptop Gaming Terbaik

3. Waspadai Hak Cipta: Ingatlah bahwa banyak gambar di internet dilindungi oleh hak cipta. Selalu periksa hak penggunaan dan jangan menggunakan gambar tanpa izin yang tepat, terutama untuk keperluan komersial.

4. Periksa Meta Data Gambar: Jika gambar tersebut adalah file digital, kamu bisa memeriksa metadata gambar untuk informasi tambahan seperti waktu dan tempat pengambilan gambar, jenis kamera yang digunakan, dan lain-lain.

5. Gunakan Gambar yang Jelas: Hasil pencarian juga tergantung pada kualitas foto, mulai dari kejelasan gambar wajah, maupun resolusi fotonya. Jika gambarnya kurang jelas, maka Google akan kesulitan mengidentifikasi foto yang kamu unggah.

Itulah cara mencari dengan gambar di Google dan alternatif lainnya. Kami ingatkan lagi, hasilnya tergantung siapa yang kamu cari. Kalau bukan orang terkenal, seperti artis, biasanya akan agak sulit mencari informasi hanya lewat gambar.

Semoga tutorial cara mencari dengan gambar ini bisa membantu kamu mencari siapa yang ada di foto. Oh iya, kamu juga bisa membaca tips lain di artikel: