Cara Mengatur Ukuran Teks Untuk Tiap Aplikasi iPhone di Satu Tempat

ukuran teks iphone

Tahukah kamu kalau mulai dari iOS 15 kamu bisa mengatur ukuran teks di iPhone secara berbeda untuk tiap aplikasi? Jadi kamu bisa memperbesar ukuran teks di satu aplikasi dan memperkecil ukuran teks di aplikasi lain.

Kalau kamu perhatikan, ada perbedaan ukuran tulisan di aplikasi. Ada pula aplikasi yang memiliki fitur setelan untuk ukuran teks. Misalnya Telegram.

Tapi bagaimana kalau kamu mau menyesuaikan ukuran teks sesuai keinginanmu dalam satu tempat? Jadi kamu tidak perlu membuka tiap aplikasi dan mengecek apakah ada pengaturan untuk itu atau tidak.

Hal ini bisa kita lakukan dengan fitur baru yang mulai ada di iOS 15. Kamu bisa mengatur (memperbesar atau memperkecil) ukuran huruf tiap aplikasi melalui Pusat Kontrol. Untuk itu, kamu perlu menambahkan fungsi pengaturan teks di Pusat Kontrol iPhone milikmu.

Cara menambahkan fungsi Ukuran Teks di Pusat Kontrol:

  1. Buka ‘Pengaturan‘ iPhone.
  2. Masuk ke ‘Pusat Kontrol‘.
  3. Cari ‘Ukuran Teks‘ di bagian “Kontrol Lainnya”.
  4. Tekan tombol Plus untuk menambahkan fungsi tersebut.

Kalau fungsi Ukuran Teks sudah masuk ke bagian “Kontrol Yang Disertakan”, artinya kamu sudah bisa memakainya di Pusat Kontrol. Sekarang kita tinggal menggunakannya di aplikasi yang kita inginkan.

Sebagai contoh untuk tutorial ini, kami memakai Letterboxd untuk melihat perubahan ukuran huruf di aplikasi bersangkutan.

Cara mengubah ukuran teks di aplikasi iPhone:

  1. Buka aplikasi yang bersangkutan.
  2. Geser dari pinggir bawah layar untuk membuka Pusat Kontrol.
  3. Tekan tombol ‘Ukuran TeksᴀA.
  4. Geser tuas indikator ke ukuran yang kamu inginkan.
  5. Tekan pilihan ‘Hanya [nama aplikasi]‘ (dalam contoh ini aplikasi Letterboxd).
  6. Ukuran teks aplikasi akan berubah.

Ya, kini ukuran teks pada aplikasi itu sudah berubah tanpa mengganggu aplikasi lainnya. Sehingga, aplikasi yang sudah punya ukuran tulisan besar, tidak akan jadi lebih besar lagi.

Inilah perbandingan tampilan teks di aplikasi Letterboxd iPhone yang kami lakukan:

iOS 15 memang membawa perubahan menarik, walau bukan fitur besar yang mencolok. Yah, perubahan paling mencolok mungkin perubahan posisi kotak alamat website di Safari dan dukungan ekstensi Safari.

Pengaturan ukuran teks untuk tiap aplikasi iPhone ini sendiri merupakan penambahan fitur kecil yang sangat berguna. Tidak wah, tapi praktis karena bisa kamu atur kapan pun dengan mudah.

Dengan cara ini, kamu bisa mengatur tulisan di tiap aplikasi iPhone lebih seragam (kalau mau). Tapi, fungsi ini jelas akan sangat membantu orang yang punya gangguan penglihatan. Misalnya orang tua yang sudah tidak bisa meihat huruf kecil-kecil.

Nah, selamat mencoba. Kalau nggak coba, bagaimana mau tahu rasanya?

%d blogger menyukai ini: