Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Lagi Viral ChatGPT, Ini 5 Cara Pakai ChatGPT Supaya Hasil Lebih Maksimal!

openai chatgpt
Gambar Oleh: OpenAI
Indri Penulis

ChatGPT viral di mana-mana. Ini dia cara pakai ChatGPT biar hasilnya lebih maksimal. Wajib coba biar pakai ChatGPT makin seru.

Selama beberapa minggu terakhir, dunia sedang dihebohkan dengan ChatGPT. Sebuah chatbot cerdas besutan OpenAI yang bisa jawab berbagai pertanyaan pakai bantuan teknologi AI.

Sejak kemunculannya, nggak sedikit perusahaan yang tertarik bikin pesaing ChatGPT (soalnya ChatGPT laris banget). Contohnya Microsoft yang ingin menyisipkan ChatGPT ke produk Microsoft-nya. Google juga siap bikin pesaing ChatGPT, DeepMind Google AI.

Terlepas dari pesaingnya yang mungkin sebentar lagi bermunculan, sampai sekarang orang-orang masih menikmati ChatGPT seperti biasa. Tapi mungkin saat menggunakan ChatGPT, pengguna bakal mengalami beberapa masalah (contohnya jawaban nggak muncul, dll).

Nah biar pengalaman pakai ChatGPT lebih seru dan lancar, kamu bisa simak ulasan ini. Karena kali ini saya akan berikan beberapa tips dan cara pakai ChatGPT biar hasilnya lebih maksimal.

Cara Pakai ChatGPT Biar Hasil Maksimal

a. Bikin Pertanyaan yang Belum Terjawab Biar Dapat Jawaban

ChatGPT adalah platform yang sangat pintar. Tapi yang jadi masalah kadang-kadang, ia juga nggak bisa memahami semua pertanyaan yang diajukan oleh manusia.

svg%3E

Misalnya kalau kamu mengajukan pertanyaan ke ChatGPT, dan dia menolak menjawabnya atau memberikan jawaban yang salah, itu bukan berarti ChatGPT nggak bisa menjawab dengan benar. Tapi mungkin saja ada masalah lain yang terjadi padanya.

Bisa jadi pertanyaan yang diberikan diungkapkan dengan ‘cara yang nggak dimengerti ChatGPT.’ Makanya coba utak atik kalimatmu beberapa kali sampai ChatGPT paham maksudmu. Kalau ChatGPT sudah paham maksud pertanyaan/permintaanmu, dia pasti akan menjawab dengan lancar.

b. Jelaskan Tingkat Kerumitan Pertanyaanmu

Kalau kamu minta ChatGPT untuk menjelaskan soal Komputasi Kuantum, jawaban yang kamu dapatkan mungkin ala-ala Wikipedia. Alias jawaban super panjang dengan istilah-istilah rumit yang sulit dimengerti.

cara pakai chatgpt

Terus gimana solusinya? Kamu bisa menjelaskan tingkat kerumitan dari pertanyaan / permintaanmu itu. Atau biar lebih mudah, kamu bisa coba beberapa kalimat pembuka semacam ini:

  • Jelaskan dengan contoh-contoh yang relevan.
  • Jelaskan seperti yang kamu jelaskan kepada seorang pedagang (atau profesi apapun lah).
  • Jelaskan dengan menggunakan istilah sepak bola (kamu bisa ganti sepak bola dengan olahraga apapun yang kamu minta).

c. Mendapatkan Respon Sesuai Profesi Tertentu

Perlu kamu tahu, ChatGPT adalah chatbot umum. Makanya jangan kaget kalau kadang jawaban yang diberikan ChatGPT ngawur, atau nggak sesuai dengan konteks dan minatmu.

Tapi nggak perlu susah. Dengan sedikit penyesuaian, kamu bisa bikin ChatGPT menyempurnakan jawabannya sesuai industri atau profesi tertentu.

cara pakai chatgpt

Contoh kamu ingin obrolan seputar ilmu hukum, kamu bisa minta ChatGPT menggunakan bahasa hukum daripada kata-kata umum yang lebih santai.

Pertama, kamu bisa minta ChatGPT berperan sebagai lembaga hukum. Setelah itu, berikan instruksi secara spesifikasi ke ChatGPT. Hal ini untuk membantu ChatGPT memberikan tanggapan yang konteksnya sesuai dengan profesi.

Yah intinya di sini kamu bisa mengkreasikan ChatGPT. Kalau kamu butuh bantuan lebih lanjut, kamu bisa kunjungi GitHub ChatGPU. Di sana kamu bisa dapatkan ide atau cara membuat ChatGPT bertindak seperti seseorang / lembaga tertentu.

d. Minta ChatGPT Merespon dengan Gaya Tertentu

Salah satu hal yang menarik dari ChatGPT adalah, kamu bisa minta dia untuk memberikan respon dengan gaya tertentu. Contohnya, kamu minta ChatGPT OpenAI untuk menulis puisi. Kamu bisa minta ChatGPT untuk menulis dengan gaya Shakespeare.

cara pakai chatgpt

Sebenarnya trik ini udah pernah dicoba Ryan Reynolds saat dia bikin iklan lho. Jadi Ryan minta ChatGPT bikin iklan dengan bahasa dan lelucon ala ‘Ryan Reynolds banget.’ Hasilnya kayak gimana? Kamu bisa cek info lengkapnya di sini.

e. Jailbreak ChatGPT

Demi alasan keamanan, tim OpenAI kini mulai membatasi ChatGPT. Sebagian orang berpendapat kalau pembatasan ini bikin ChatGPT kurang menarik. Makanya banyak orang yang akhirnya bikin kampanye untuk jailbreak ChatGPT.

Emangnya bisa ya, kita jailbreak ChatGPT? Bisa dong.. Sebenarnya ada komunitas Redditor yang selalu bekerja untuk memencahkan instance ChatGPT Mereka.

Nah saat kamu berhasil jailbreak ChatGPT, platform ini dijamin bakal lebih seru. Kamu bisa menggunakan perintah apa pun, dan kamu bisa menyesuaikan ChatGPT untuk melakukan hampir semua hal. Bahkan kalau hal tersebut bertentangan dengan pemrograman intinya.

Solusi Kalau Jawaban Terputus

Kadang saat ChatGPT sedang memproses jawaban dan memakan waktu lama, tiba-tiba jawaban / koneksi bisa terputus di tengah jalan. Pasti nggak enak dong kalau kayak gitu.

Nah solusinya, kamu bisa klik ‘Next’ di ChatGPT untuk meneruskan teks. Atau kamu juga bisa klik ‘Next Code’ untuk melanjutkan baris kode yang sempat terputus.

What’s Next?

Oke Urban People, itu dia beberapa cara pakai ChatGPT biar lebih maksimal. Kalau menurutmu kamu, paling seru atau gampang yang mana?

Kalau menurut saya sih yang paling seru tips keempat. Soalnya ChatGPT OpenAI bisa memberikan jawaban sesuai dengan gaya yang kita inginkan. Kesannya jadi leih seru dan nggak monoton deh. Tapi ya balik lagi ke selera masing-masing sih.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]