Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

OpenAI Bikin ChatGPT Versi Berbayar, Jawab Pertanyaan Secepat Kilat!

chatgpt versi berbayar
Gambar Oleh: The Indian Express
Indri Penulis

ChatGPT versi berbayar sedang diuji coba lho. Layanan berbayar ini bakal tawarkan jawaban yang jauh lebih cepat dari versi gratisan.

ChatGPT OpenAI akhir-akhir ini selalu jadi perbincangan panas banyak orang. Apalagi setelah viral kemampuannya yang bisa menjawab berbagai pertanyaan orang dengan cepat, pakai teknologi AI.

Walau bisa menjawab berbagai pertanyaan dengan cepat, sepertinya OpenAI masih merasa kurang. Baru-baru ini tersiar kabar kalau OpenAI tengah mempersiapkan layanan ChatGPT versi berbayar. Layanan ini diklaim bisa memberikan jawaban secepat kilat.

ChatGPT Versi Berbayar Segera Hadir

Selamat ini ChatGPT hadir sebagai layanan chatbot gratisan yang bisa dipakai siapa aja. Karena sifatnya gratisan, diduga OpenAI harus membayar jutaan dolan per bulan agar chatbot-nya tetap bisa dipakai gratis oleh semua orang.

Konon inilah yang membuat OpenAI berencana bikin ChatGPT berbayar. Hal ini disampaikan langsung lewat channel Discord resmi OpenAI.

chatgpt versi berbayar
Gambar Oleh: Foss Bytes

Di Discord, ChatGPT membagikan daftar tunggu bernama ‘ChatGPT Professional.’ Ini adalah versi berbayar dari ChatGPT yang ada saat ini.

Kami mulai berpikir tentang cara memonetisasi ChatGPT (pemikiran awal, belum ada info resmi untuk dibagikan),” kata OpenAI dalam channel Discord mereka.

Tujuan kami adalah terus meningkatkan dan mempertahankan layanan. Monetisasi adalah salah satu cara yang kami pertimbangkan untuk memastikan kelangsungan jangka panjangnya. Kami tertarik untuk mengobrol dengan beberapa orang selama 15 menit, agar bisa mendapat umpan balik awal,” lanjutnya.

Karena ini adalah versi berbayar, tentu bakal ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan. OpenAI sendiri mengatakan kalau ChatGPT Professional akan ‘selalu tersedia,’ dan menawarkan ‘tanggapan cepat’ tanpa batasan.

Tidak hanya itu, ChatGPT Professional juga bakal memberi pengguna ‘dua kali jumlah jawaban harian.’ Berbeda dengan versi gratisan yang hanya memberikan satu kali jumlah jawaban harian.

Sementara itu, ChatGPT Professional sekarang ini sifatnya masih program eksperimental. Itu artinya apa yang bisa dinikmati di ChatGPT Professional saat ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Selain itu OpenAI juga mengatakan bahwa ChatGPT Professional belum tersedia secara umum saat ini. Jadi program tersebut belum bisa diakses oleh siapa pun selain pihak internal perusahaan.

Belum bisa dipastikan apakah versi berbayar ChatGPT bakal sesukses yang gratisan atau nggak. Tapi kalau kecepatan menjawab pertanyaan yang ditawarkan benar-benar secepat kilat, mungkin bisa dipertimbangkan.

Toh OpenAI harus cerdas memanfaatkan peluang yang ada saat ini. Soalnya di luar sana mulai ada beberapa perusahaan yang mulai memanfaatkan ChatGPT. Katakanlah seperti Microsoft, yang saat ini berniat menyisipkan teknologi ChatGPT ke produk Microsoft Office-nya.

Bahkan untuk aktivitas periklanan pun, ChatGPT ternyata juga bisa membantu. Seperti yang dilakukan Ryan Reynolds beberapa waktu lalu. Di mana ia berhasil bikin iklan pakai bantuan ChatGPT OpenAI.

Mungkin kalau yang pakai ChatGPT cuma orang biasa dan ingin iseng-iseng aja, menurut saya versi gratisan sudah cukup. Tapi kalau untuk kebutuhan bisnis dan profesional, mungkin ChatGPT versi berbayar patut diantisipasi.