Corning Siapkan Gorilla Glass Untuk Ponsel Lipat

ponsel lipat Huawei Mate X

Ponsel lipat alias foldable phone menjadi bahan pembicaraan panas di awal tahun 2019. Kelihatannya ponsel jenis ini akan semakin populer di masa mendatang. Corning pun disebut sedang menyiapkan Gorilla Glass untuk ponsel lipat.

Saat ini, ponsel lipat yang sudah diumumkan secara resmi adalah Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X. Beberapa merk lain pun sempat menggoda dengan prototipe miliknya. Misalnya Xiaomi dan Oppo. Walau memang terlihat keren dan mentereng, tidak sedikit yang pesimis dengan ponsel lipat ini.

Alasannya tentu soal ketahanan bahan di bagian lipatan itu. Lalu, khususnya untuk Huawei Mate X yang layarnya ada di luar, tidak sedikit yang kuatir bahwa layar akan cepat aus seiring penggunaan dan gesekan dengan obyek lain.

Ya. Saat ini bahan yang menjadi bagian layar adalah plastik polimer. Bukan kaca. Walau secara logika plastik memang lebih fleksibel, cukup wajar kalau banyak yang tidak yakin dengan ketahanannya.

Di sisi lain, bahan kaca belum benar-benar siap untuk proses lipatan seperti ini. Kaca tentu saja lebih kaku dari plastik. Agak susah membayangkan bagaimana kaca bisa fleksibel untuk ponsel lipat.

John Bayne, pimpinan Corning, menyebutkan kalau teknologi kaca saat ini belum optimal. Dibutuhkan kaca yang super tipis untuk bisa dilengkungkan secara tajam. Tapi di sisi lain harus juga bisa tahan saat jatuh dan tidak mudah rusak.

uji coba gorilla glass

Gambar: Corning | Via: Wired

Corning disebut sedang bereksperimen dengan kaca yang punya ketebalan 0,1 mm dan tahan dilengkungkan sampai radius 5 mm. Tujuan nantinya adalah kaca yang bisa bertahan dilengkungkan sampai radius 3-5 mm.

John Bayne memperkirakan bahwa kaca super tipis tahan lengkung ini akan siap ketika ponsel lipat benar-benar sudah hadir secara umum (sekarang masih eksklusif). Dalam hal ini, kira-kira masih beberapa tahun lagi.

Kondisi ini memang bagai pertanyaan “mana lebih dulu, telur atau ayam”. Tapi toh proses yang sama juga dialami oleh layar sentuh, yang sekarang jadi standar umum di smartphone. Jadi, Gorilla Glass untuk ponsel lipat ini boleh disebut langkah optimis.

Kalau kamu tertarik melihat uji kekuatan Corning lain, silakan lihat video di bawah ini.

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.