Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Disney+ Amerika Rilis Paket Dengan Iklan, Bagaimana Indonesia?

layanan tontonan streaming disney plus
Anom Penulis

Disney+ di Amerika akan meluncurkan paket berbasis iklan, termasuk juga kenaikan harga langganan. Apakah nanti paket seperti itu juga akan hadir di Indonesia?

The Walt Disney Company mengumumkan perubahan harga langganan dan paket berbasis iklan itu melalui situs resmi. Paket itu akan mulai berlaku pada tanggal 8 Desember 2022, meliputi langganan Disney+, Hulu, ESPN+, dan Disney Bundle.

popculture.id

Langganan paket ‘Basic’ berbasis iklan akan memiliki harga $7.99, sementara yang ‘Premium’ tanpa iklan adalah $10.99 (untuk satu tahun $109.99). Awalnya, harga langganan tanpa iklan sama seperti paket ‘Basic’ tersebut di atas.

Hal ini cukup mengejutkan karena pengumuman Disney mendahului Netflix, yang juga punya rencana sama. Seperti sudah pernah kami bahas sebelumnya, Netflix memang sedang berencana merubah struktur harga, termasuk paket berbasis iklan dan masalah berbagi akun.

paket tayangan disney+ indonesia

Harus diakui, masa pandemi memang memberikan ilusi tersendiri bagi layanan streaming. Begitu kini mulai berangsur normal dan orang-orang mulai beraktivitas seperti semula, jumlah penonton aktif dan pendapatan pun kembali menyesuaikan.

Lalu, persaingan antar layanan pun semakin keras, lengkap dengan masing-masing berusaha menunjukkan tontonan unggulannya.

Tapi sekali lagi, perubahan harga itu baru terjadi di Amerika. Seperti kita ketahui, Disney+ di Indonesia hadir melalui Hotstar. Lalu salah satu cara berlangganan Disney+ adalah melalui provider Telkomsel. Sejauh ini belum ada indikasi perubahan harga berlangganan.

Di sisi lain, jika kita melihat struktur harga untuk pengguna Amerika di atas, kita boleh bersyukur karena mendapat harga lebih murah. Saat ini kita bisa menikmati tayangan Disney+ dengan harga Rp 39.000/bulan atau Rp 199.000/tahun.

Selain itu, beberapa tayangan yang aslinya hadir di Hulu — seperti “Prey” dan “Only Murders in the Building” — juga hadir di Disney+ Indonesia. Bahkan hari tayangnya pun tidak terlalu berbeda (ada yang berbeda tapi tidak jauh). Jadi ya lumayanlah.

Tentu saja, paket langganan Disney+ di Indonesia tetap bisa berubah sesuai kebijakan mereka, termasuk jika akan memasukkan versi dengan iklan. Walau yah… semoga saja tidak begitu.

    %d blogger menyukai ini: