Facebook Live Audio Room Saingan Clubhouse Rilis Secara Global

Akhirnya setelah lama dinanti, fitur Facebook Live Audio Room rilis secara global. Seperti apa tampilan dan cara kerja rival Clubhouse ini?

Mayoritas orang pasti nggak bakal lupa gimana meroketnya popularitas Clubhouse selama masa pendami COVID-19. Lonjakan angka unduhan pun kian meroket seiring berjalannya waktu.

Kepopuleran Clubhouse jelas bikin media sosial gigit jari. Biar penggunanya nggak pindah ke Clubhouse, nggak heran kalau berbagai media sosial bikin fitur mirip Clubhouse. Sebut saja Twitter dengan Space, lalu ada Discord dengan fitur Stage Channel.

Terus gimana dengan Facebook? Apakah raksasa media sosial yang satu ini nggak tertarik bikin fitur mirip Clubhouse? Tertarik dong.

Beberapa bulan lalu, Facebook sempat mengumumkan berbagai fitur anyar yang bakal hadir di platform-nya, dan salah satu fitur tersebut ada penantang Clubhouse yang bernama Live Audio Room.

Awalnya fitur ini cuma bisa dinikmati oleh pengguna Amerika Serikat. Tapi setelah menunggu selama berbulan-bulan, akhirnya Facebook resmi meluncurkan fitur Live Audio Room secara global. Fitur ini tersedia untuk semua tokoh masyarakat, kreator, grup, dan mitra mereka.

Lalu di mana letak fitur Live Audio Room? Fitur ini akan muncul dengan jelas di Beranda Facebook dan juga di Grup. Pengguna bisa mendaftar agar bisa menerima notifikasi saat ruang audio dimulai.

Live Audio Room sebenarnya hampir mirip dengan fitur Twitter Space. Pengguna dapat menjadi tuan rumah atau host sebuah room, dan berbicara dengan sejumlah orang yang bergabung ke sana. Setiap pengguna dapat ditunjuk sebagai pembicara atau pendengar.

Pengguna juga bisa mengaktifkan teks langsung, ‘angkat tangan’ untuk minta izin jadi pembicara, sampai mengirim reaksi lho.

Serunya lagi, fitur ini juga dibekali kemampuan untuk menggalang dana lho. Pendengar dapat memberikan dukungan mereka dengan memberikan Star (mata uang virtual Facebook) ke Live Audio Room.

Semakin banyak Star yang mereka berikan, nama si pendengar itu otomatis bakal ada di urutan teratas. Kalau sudah ada di urutan atas, otomatis mereka akan lebih gampang di-notice sama pembicara.

Sayangnya untuk saat ini, fitur ruang audio baru tersedia di aplikasi Facebook iOS. Facebook masih menguji coba fitur ini di aplikasi Android, dan bakal melakukan uji coba di desktop.

%d blogger menyukai ini: