Google Ulang Tahun Ke-22: Ini Fakta Unik dan Seru Soal Google

doodle google ulang tahun ke-22

Kalau kamu melihat Doodle yang ada di halaman Google, kamu akan melihat kalau raksasa teknologi ini ulang tahun ke-22. Google jelas salah satu perusahaan yang paling menarik kita perhatikan. Oleh karena itu, kami akan membahas beberapa hal unik soal Google.

Ya, saat ini hidup kita tidak bisa lepas dari Google. Mulai dari mencari sesuatu (“tanya mbah Gugel”), berkendara dan mencari tempat, nonton, main game, dan tentu saja menggunakan smartphone.

Sebagai perusahaan yang sudah dewasa dan sangat mapan — yah, ulang tahun ke-22 bukan waktu singkat untuk perusahaan — Google sudah melalui sejarah panjang. Apa saja yang menarik dari kiprah Google?

Nama Google Salah Eja

Awalnya, Larry Page dan Sergey Brin memakai nama “BackRub” untuk mesin pencari yang jadi cikal bakal Google. Sean Anderson, rekan mereka berdua, menyarankan nama “Googolplex” yang kemudian disingkat oleh Larry sebagai “Googol”.

Tapi Sean kemudian melakukan salah eja ketika mendaftarkan nama domain menjadi “google.com”. Larry menyukainya dan segera mendaftarkan nama tersebut.

Slogan Kontroversial

Pada masa-masa awal, Google memiliki motto perusahaan atau slogan tidak resmi “Don’t be evil“. Slogan ini lahir karena Paul Buchnet, pencipta Gmail, ingin perusahaan punya sesuatu yang sulit dilupakan, namun juga menyindir perusahaan lain (kompetitor).

Slogan ini — yang kemudian dihapus — menjadi kontroversi tersendiri. Terutama seiring tudingan praktek pelacakan pengguna dan anti-kompetitif. Banyak yang mengkritik kalau Google sudah menjadi sesuatu yang sebelumnya ia lawan.

Pendiri Google Konsultasi Pada Steve Jobs

Ya, para pendiri Google sempat dekat dan sering berkonsultasi dengan Steve Jobs. Ketika itu, Steve Jobs pun bersemangat karena kemungkinan kolaborasi dua perusahaan dengan fokus berbeda.

Namun semua berubah ketika Google merilis Android. Steve Jobs menuduh Google mencuri idenya dan bahkan bersumpah akan menghancurkan Android. Foto Steve Jobs makan siang dengan petinggi Google (ketika kedua pihak masih rukun) pun sempat beredar di internet dan menjadi saksi peristiwa bersejarah itu.

Pertama Kali Istilah Google = Mencari

Berawal dari mesin pencari, nama “Google” kini identik dengan mencari sesuatu di internet. Ketika kamu bertanya sesuatu, hampir pasti ada teman yang menjawab “coba google deh”.

Nama “Google” menjadi sama dengan mencari di internet muncul pertama kali di film seri Buffy the Vampire Slayer pada tanggal 15 Oktober 2002. Setelah itu, istilah “Google—sesuatu” menjadi populer dan identik dengan pencarian online.

Google Melahirkan Banyak Produk dan Membunuhnya

Sebagai salah satu perusahaan teknologi, Google sudah menghasilkan banyak produk. Beberapa merupakan karya mereka, sebagian lain menjadi hasil pembelian perusahaan lain. Namun, Google juga terkenal hobi membunuh produk mereka sendiri.

Beberapa produk yang dibunuh oleh Google memang sudah tidak relevan atau Google merasa tidak mampu bersaing di wilayah itu (ahem, Google+). Namun ada juga produk yang disukai oleh pengguna, namun tetap dimatikan (Inbox, Allo, Goo.gl). Seringkali Google memang susah ditebak.

Suka Easter Egg dan Humor

Ya, sepanjang perjalanannya, Google selalu memiliki selera humor yang seru. Mereka juga suka meletakkan easter egg di berbagai produk mereka.

Kamu bisa menemukan easter egg seperti permainan T-rex di Google Chrome dan permainan atau animasi seru di tiap versi Android. Lalu, tiap tahun Google juga sering merayakan April Fools dengan berbagai kejutan yang lucu.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: