aplikasi youtube iphone

8 Fakta Menarik Soal YouTube

YouTube adalah situs web berbasis video nomor satu di dunia. Karena kepopulerannya itu, banyak hal menarik muncul dari situs ini. Mari kita lihat beberapa fakta menarik soal YouTube.

1. YouTube Mulai Pada Hari Valentine

Fakta menarik pertama adalah soal kapan YouTube pertama berdiri. Pada tanggal 14 Februari 2005, tiga orang pegawai PayPal membeli domain youtube.com dan memulai layanan video ini. Video pertama YouTube adalah video dari salah satu pendirinya, Jawed Karim, dengan judul “Me at the Zoo”.

2. Tidak Semua Video Bisa Dilihat Di Seluruh Dunia

YouTube memiliki versi lokal untuk banyak negara, termasuk Indonesia. Seiring hadirnya versi lokal itu, banyak video hanya diijinkan dilihat untuk wilayah tertentu. Untuk bisa membukanya kamu harus menggunakan trik tertentu. Tapi tidak hanya itu. Bahkan ada negara yang memblok akses ke YouTube.

3. Video dengan tampilan 1 Juta Pertama

Jumlah tampilan video YouTube merupakan salah satu tolok ukur kepopuleran. Video dari Ronaldinho yang diproduksi oleh Nike menjadi video pertama yang mencapai 1 juta tampilan pada Oktober 2005. Tidak mengherankan juga sebenarnya. Ronaldinho adalah pemain sepak bola asal Brazil yang sering dianggap sebagai salah satu yang terbaik.

4. Video dengan Tampilan 100 Juta Pertama

Rekor video YouTube pun berlanjut. Video lagu “Girlfriend” dari Avril Lavigne kemudian menjadi video dengan 100 juta tampilan pertama. Saat itu sempat terjadi kontroversi bagaimana ini terjadi. Tim di belakang Avril Lavigne dituduh “memainkan” sistem viewer tersebut.

5. Video dengan Tampilan 1 Milyar Pertama

Video yang mencapai tampilan sebanyak 1 milyar pertama adalah video “Gangnam Style” dari PSY pada tanggal 21 Desember 2012. Lagu ini memang menjadi megahit, terutama karena tarian unik di videonya. Tentunya banyak orang penasaran.

Saking dahsyatnya kepopuleran lagu “Gangnam Style” di YouTube, banyak yang bercanda kalau ramalan kiamat tahun 2012 (menurut kalender bangsa Maya) akan terjadi ketika lagu ini mencapai 1 milyar (saat itu masih sekitar 990 milyar).

6. Ada 17 Video Pemecah Rekor Tampilan Terbanyak

Sejak tahun 2005 sampai Februari 2019, terhitung ada sekitar 17 video yang memecahkan rekor video dengan tampilan terbanyak. Pemecahan rekor ini mulai dari tampilan sebanyak 247 ribu (“I/O Brush” oleh larfus, 2005) sampai hampir 3 milyar (“Despacito” oleh Luis Fonsi, 2017). Fakta menarik lain untuk ini: “Gangnam Style” masih memegang rekor video nomor satu paling lama, yaitu 1689 hari.

7. YouTube Mendukung Video Vertikal

Sebagai situs web berbasis video, format horizontal merupakan tampilan baku di YouTube. Ya, karena format ini dianggap paling ideal. Paling tidak sampai Instagram merilis IGTV. YouTube pun tidak ingin kehilangan pengguna “hanya” karena format video. Mereka pun segera merilis dukungan untuk video vertikal.

8. Video Paling Tidak Disuka Adalah Milik YouTube

Untuk waktu yang cukup lama, video lagu “Baby” dari Justin Bieber menjadi video paling tidak disuka di YouTube. Video itu mendapat sekitar 10 juta “thumb down” selama 9 tahun. Namun rekor itu dipatahkan oleh video YouTube Rewind 2018.

Salah satu alasannya adalah banyak video populer dari YouTuber papan atas yang tidak dimasukkan YouTube dalam video kilas balik ini. YouTube malah memasukkan selebritas yang aslinya bukan YouTuber.

More Stories
Start Screen Windows 10 Anniversary Update