Film “Finch” Pecahkan Rekor Pemutaran di Apple TV+

Film “Finch” yang dibintangi oleh Tom Hanks berhasil memecahkan rekor pemutaran perdana di layanan streaming Apple TV+. Jumlah pemirsa dalam satu minggu pertama ini melebihi penonton “Greyhound” — juga dibintangi Tom Hanks — yang sebelumnya memegang rekor.

Informasi ini dilaporkan oleh Deadline. Mereka sendiri mendapatkan informasi itu dari orang dalam, karena Apple memang tidak mempublikasikan angka resminya. Penonton “Finch” yang berasal dari 100 negara (termasuk Indonesia) disebut terus bertambah lebih dari dua kali lipat sejak pemutaran hari pertama di bulan November 2021.

“Finch” merupakan film kedua hasil kerja sama Apple dan Tom Hanks. Film pertamanya adalah “Greyhound” yang menampilkan Tom Hanks sebagai kapten kapal tempur di Perang Dunia 2. Sedangkan proyek ketiga adalah serial berjudul “Masters of the Air” yang saat ini sedang dalam proses syuting.

Nama Tom Hanks memang boleh dibilang jaminan mutu. Film “Finch” sendiri sebenarnya tidak terlalu istimewa. Namun memang menawarkan tema yang menarik (silakan baca review “Finch” dari saya).

Film ini berlatar post apocalypse ini bercerita tentang seorang insinyur teknik yang membuat robot untuk mengurus anjing peliharaannya ketika nanti ia tiada.

adegan film finch di apple tv
Tom Hanks sebagai Finch

Layanan streaming Apple TV+ memang belum memiliki koleksi film dan serial sebanyak saingannya: Netflix, Disney+, dll. Namun Apple kelihatannya memang mengambil langkah perlahan dan memilih tayangan yang berkualitas.

Saat ini “Finch” dan “Greyhound” mungkin menjadi highlight layanan streaming Apple TV+ untuk film. Di sisi lain, serial di Apple TV+ punya lebih banyak unggulan yang memenangkan penghargaan Emmy. Seperti “Ted Lasso,” “The Morning Show,” “Foundation,” dan “Invasion.”

Tapi nanti akan lebih banyak lagi film keren hadir di Apple TV+. Sebut saja “Swan Song” (Mahershala Ali dan Naomie Harris), “The Tragedy of Macbeth” (Denzel Washington dan Francis McDormand, disutradarai Joel Coen), “Emancipation” (Will Smith, disutradarai Antoine Fuqua), dan “Killers of the Flower Moon” (Leonardo DiCaprio dan Robert De Niro, disutradarai Martin Scorsese).

Leo DiCaprio di “Killers of the Flower Moon”

Kelihatannya strategi Apple sudah cukup jelas, yaitu akan menampilkan tayangan Hollywood berkelas. Hal ini berbeda dengan Netflix yang menyajikan tayangan global yang mengigit, seperti “Money Heist” / “La Casa de Papel” dari Spanyol dan “Squid Game” dari Korea. Sedangkan Disney+, tentu saja mengandalkan MCU, Star Wars, dan film animasi Pixar.

Nah, kalau kamu berlangganan Apple TV+, silakan tonton “Finch.” Filmnya keren kok (walau saya sebut tidak terlalu istimewa).

%d blogger menyukai ini: