5 Film Samurai Yang Seru Tapi Juga Menggetarkan Jiwa

film samurai 13 assassins

Film samurai selalu berkesan heroik. Tapi memang begitulah adanya. Di sini kami pilih beberapa film yang seru untuk ditonton.

Bicara soal film Jepang atau film bertema samurai, nama Akira Kurosawa pasti muncul. Tidak heran, ia memang sutradara besar Jepang.

Di sisi lain, beberapa karyanya cukup membuat kening mengernyit. Jadi kami berusaha menampilkan daftar yang lebih seimbang. Film yang menghadirkan drama, aksi, dan tetap menghibur.

Apa fIlm samurai terbaik?

Seven Samurai

film seven samurai

Seven Samurai atau Shichinin no Samurai adalah film tahun 1954 karya Akira Kurosawa. Ya, memang film jadul. Tapi sampai saat ini film ini masih terhitung sebagai salah satu film terbaik. Kisah heroik 7 orang samurai melindungi sebuah desa dari kawanan penjahat ini sudah diadaptasi menjadi film Hollywood, yaitu The Magnificent Seven (1960) yang di-remake pada tahun 2016.

Yojimbo

yojimbo

Yojimbo bercerita tentang seorang ronin (samurai pengelana tak bertuan) yang tiba di sebuah kota tempat dua kelompok penjahat bersaing. Film tahun 1961 ini juga merupakan karya Akira Kurosawa. Kemudian Yojimbo dilanjutkan dengan Sanjuro, yang juga menghadirkan tokoh ronin tanpa nama ini.

Yojimbo juga diadaptasi menjadi film barat. Juga film koboi, yaitu A Fistful of Dollars (1964) buatan Sergio Leone dan dibintangi oleh Clint Eastwood. Kemudian dibuat ulang pada tahun 1996, yaitu film Last Man Standing yang dibintangi Bruce Willis.

Twilight Samurai

film twilight samurai

Twilight Samurai, atau Tasogore Seibei, adalah film buatan Yoji Samada dan dibintangi Hiroyuki Sanada. Tasogore Seibei bercerita tentang seorang samurai miskin bernama Iguchi Seibei, yang berusaha hidup tenang bersama keluarganya, namun terjebak dalam konflik yang mengancam. Twilight Samurai mendapat nominasi Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

13 Assassins

film 13 assassins

13 Assassins, atau Jūsannin no Shikaku, adalah sebuah film dari tahun 2010 karya Takashi Miike, dan merupakan remake dari film tahun 1963 yang berjudul sama. 13 Assassins bercerita tentang 12 orang samurai dan satu orang pemburu, yang berencana membunuh pimpinan klan Akashi dalam perjalanannya bertemu Shogun. 13 Assassins berhasil menghadirkan kisah yang brutal tapi menghibur.

The Hidden Blade

film the hidden blade

The Hidden Blade, atau Kakushi ken: Oni no tsume, adalah film tahun 2004 buatan Yoji Yamada. Film ini berkisah tentang beberapa samurai yang bersahabat di era peralihan di Jepang. Mereka akhirnya terlibat konflik dan harus bertarung satu dengan lainnya.

When the Last Sword is Drawn

when the last sword is drawn

When the Last Sword is Drawn, atau Mibu Gishi Den, adalah film tahun 2002 yang bercerita tentang samurai dari pasukan Shinsengumi yang legendaris di era restorasi Meiji. Film ini mungkin memang sekedar fiksi dan bukan benar-benar berdasar sejarah. Namun film ini berhasil menampilkan konflik yang terjadi kala itu. Konflik penguasa, kesetiaan, dan keluarga.

%d blogger menyukai ini: