Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

10 Film Hollywood Klasik: Jadul Tapi Terbaik

film hollywood klasik casablanca
Anom Penulis

Film Hollywood klasik memang film jadul. Tapi tidak sedikit di antara film-film ini masih dianggap sebagai film terbaik dan sebuah masterpiece. Tidak heran, film-film inilah yang menjadi pondasi film jaman sekarang.

Istilah klasik biasanya dipakai untuk sesuatu yang tidak lekang oleh jaman. Dalam hal film Hollywood, rata-rata yang masuk hitungan adalah film sebelum era 1970-an. Jadi ya memang jadul.

popculture.id

Kami berusaha memilih film dengan genre dan tema yang cukup beragam. Jadi jangan heran kalau sedikit berbeda dengan pilihan orang lain. Yah, sekedar menambah referensi.

Modern Times

film charlie chaplin modern times

Modern Times adalah film Charlie Chaplin di tahun 1936. Film ini bercerita tentang bagaimana Little Tramp (tokoh ikonik Charlie Chaplin) berusaha menyesuaikan diri di dunia industri modern. Modern Times sering dianggap sebagai film terbaik Charlie Chaplin.

Selain film ini populer hingga kini, Modern Times juga menghasilkan lagu yang juga abadi berjudul Smile. Beberapa versi lagu ini yang terkenal dinyanyikan oleh Judy Garland, Nat King Cole, dan Michael Jackson (kakaknya menyanyikan lagu ini saat pemakaman Michael Jackson).

Singin’ In The Rain

film singin in the rain

Singin’ In The Rain adalah sebuah film komedi romantis. Namun film ini sering mewakili film musikal terbaik Hollywood. Film tahun 1952 ini bercerita tentang aktor yang menyesuaikan diri dari era film bisu ke film bersuara.

Adegan ketika Gene Kelly menyanyikan lagu Singin’ In The Rain menjadi adegan yang ikonik dan populer. Lagu ini kemudian juga dibawakan oleh begitu banyak penyanyi (termasuk SNSD/Girls’ Generation di tur Into New World). Oya, salah satu pemeran film ini, Debbie Reynolds, adalah ibu dari Carrie Fisher yang menjadi Princess Leia di Star Wars.

Casablanca

Film Romantis Casablanca

Casablanca merupakan salah satu film drama romantis terbaik Hollywood. Film ini bercerita tentang pilihan yang harus diambil oleh seorang pria. Apakah merebut kembali cintanya atau menyelamatkan perempuan itu dan suaminya dari kejaran tentara Nazi.

Casablanca juga terkenal karena dialog yang sering menjadi quote, dan lagu As Time Goes By yang kemudian sering dibawakan berbagai penyanyi.

Psycho

film alfred hitchcock psycho

Psycho adalah sebuah film horor psikologis buatan Alfred Hitchcock. Film tahun 1960 ini bercerita tentang seorang sekretaris yang menginap di sebuah motel setelah mencuri uang bosnya, dan  bertemu dengan pemilik motel yang misterius. Psycho sering dianggap sebagai film terbaik Alfred Hitchcock.

Adegan ketika si sekretaris mandi menjadi adegan yang ikonik dan sering ditiru (diplesetkan) di berbagai film. Film ini juga dibuat ulang dengan judul sama pada tahun 1998.

12 Angry Men

film hollywood klasik 12 Angry Men

12 Angry Men masuk ke dalam jenis film yang disebut drama persidangan. Hanya saja, tanpa adegan persidangan. Selama film berjalan, kita hanya melihat 12 orang juri di dalam ruangan tertutup yang berdiskusi soal kasus yang sedang disidangkan. Tidak terlihat korbannya, tidak terlihat terdakwa, tidak terlihat hakim, tidak ada nama.

Melalui masing-masing juri, kita bisa memahami permasalahan yang ada. Perubahan sikap dan pendirian mereka membawa dinamika cerita sepanjang film. Kalau kamu berniat berkecimpung di dunia film, film ini merupakan salah satu film yang harus ditonton.

High Noon

film high noon

High Noon adalah sebuah film koboi tahun 1952. Film ini bercerita tentang seorang marshal yang harus memilih antara kewajibannya ke sang istri atau menghadapi gerombolan penjahat.

Mungkin film ini tidak dibintangi John Wayne. Tapi High Noon benar-benar sebuah film koboi klasik. Belum lagi ada Grace Kelly yang cantik. Oya, disebutkan kalau waktu yang ada di plot digambarkan secara realtime.

It’s A Wonderful Life

film klasik it's a wonderful life

It’s a Wonderful Life adalah film drama berlatar hari raya Natal. Film ini bercerita tentang seorang pria yang mau bunuh diri. Namun sesosok malaikat datang dan menunjukkan apa yang terjadi di lingkungannya kalau ia tidak ada.

Saat dirilis, film It’s a Wonderful Life tidak mencapai sukses besar. Namun film ini kemudian menjadi dasar film-film keluarga yang dirilis di akhir tahun saat ini.

Some Like It Hot

Some like it hot

Some Like It Hot adalah sebuah film komedi romantis yang dibintangi oleh Marilyn Monroe. Film ini bercerita tentang dua musisi yang menjadi saksi pembunuhan dan harus melarikan diri dari kejaran mafia. Mereka lalu menyamar jadi perempuan dan bergabung dengan rombongan band dengan vokalis cantik.

Yah, siapa yang tidak tahu Marilyn Monroe. Tapi di samping fakta kalau Marilyn Monroe memang seksi, Some Like It Hot terbukti sukses dan menerima nominasi Oscar. Film ini pun selalu masuk daftar film Hollywood klasik.

Gone With The Wind

film Gone with the Wind
Gone with the Wind adalah film tahun 1939 berdasar buku berjudul sama karangan Margaret Mitchell. Film drama romantis berlatar sejarah ini bercerita tentang kehidupan Scarlett O’hara dan kisah cintanya. Seperti ceritanya yang panjang, film ini juga berdurasi panjang (± 221 menit).

Gone with the Wind sering disebut mewakili film Hollywood klasik dan juga sering disebut film terbaik sepanjang masa. Selama seperempat abad, film ini memegang rekor pendapatan terbanyak. Untuk film ini, sang produser menyaring sekitar 1400 perempuan untuk tokoh Scarlett O’hara.

The Great Escape

Film The Great Escape

The Great Escape adalah film perang yang dibuat tahun 1963. Film ini menceritakan sekelompok tentara Inggris yang berencana melarikan diri dari tawanan Nazi. Film ini dibuat berdasar kisah nyata (walau banyak didramatisir).

Banyak film masa kini yang memberi tribute pada film ini. Baik secara serius maupun komedi. Misalnya film Reservoir Dogs, Chicken Run, Charlie’s Angels, Top Secret!, The Simpsons, dll. Salah satu adegan yang ikonik adalah adegan kejar-kejaran motor (yang dikendarai Steve McQueen).

Daftar film lain yang layak dibaca

 

    %d blogger menyukai ini: