Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

IGTV & Video Feed Sekarang Digabung, Jadilah Fitur “Instagram Video”

Indri Penulis

Ada perubahan baru di Instagram. Sekarang IGTV dan video Feed sekarang digabung, dan jadilah fitur “Instagram Video.” Seperti ini tampilannya.

Instagram kini bukan cuma aplikasi berbagi foto, ya seperti yang dikatakan langsung oleh Kepala Instagram, Adam Mosseri. Mosseri mengatakan kalau Instagram kini lebih memprioritaskan fitur video untuk menyaingi TikTok dan YouTube.

Omongan itu bukan hisapan jempol semata lho. Pertama, kamu bisa lihat fitur IGTV yang rilis tahun 2018 untuk menyaingin YouTube. Lalu disambung fitur Reels yang rilis tahun 2020 untuk menyaingi TikTok.

Untuk menghadapi rival-rivalnya yang berbasis video, Instagram mulai mengambil langkah berani untuk menjadikan video sebagai bagian dari fokus utama mereka.

Lewat pengumuman terbarunya, Instagram kini resmi menggabungkan IGTV dan video Feed ke dalam fitur baru yang bernama “Instagram Video.”

Cara Kerja Fitur “Instagram Video”

Apa itu Instagram Video? Jadi dia adalah fitur hasil gabungan dari IGTV dan video Feed. Fitur anyar ini sudah diluncurkan bertahap secara global di Android dan iOS.

Lewat fitur anyar ini, sekarang kamu bisa menemukan berbagai video baik yang berdurasi panjang atau pendek di bagian Profil, tepatnya di tab baru “Video.”

Sumber : Facebook Newsroom

Saat kamu melihat Instagram Video, kamu bisa mengetuk bagian video mana saja untuk memutarnya dalam layar penuh. Setelah menontonnya, kamu bisa menggulir video untuk menemukan konten lainnya, atau mengetuk tombol kembali untuk keluar dari tampilan layar penuh video.

Terus bagaimana cara menggunakan Instagram Video? Caranya mudah kok. Kamu bisa memposting Instagram Video sama seperti sebelumnya. Cukup klik tanda “+” di sudut kanan atas halaman beranda, lalu klik “Post.”

Nggak cuma itu, Instagram Video juga dibekali berbagai tools pengeditan. Contohnya tools crop, filter, dan tools untuk menandai lokasi serta pengguna lain ke video.

Sumber : Facebook Newsroom

Kamu bisa posting video dengan durasi mencapai 60 menit lho. Untuk pratinjaunya sendiri bakal berdurasi 60 detik. Tapi kalau video tersebut memenuhi syarat untuk iklan, pratinjau akan berdurasi 15 detik.

Baca Juga:  Instagram Mulai Uji Coba Bikin Semua Postingan Video Jadi Reels

Selain itu, kamu juga bisa memposting silang video ke fitur lain seperti Stories atau Direct Message (DM). Pokoknya nggak jauh beda sama fitur IGTV dan video Feed sebelumnya deh.

Lalu gimana nasibnya Reels? Apakah Reels tetap sama, atau dia ikut bergabung dengan Instagram Video? Tidak. Reels akan tetap berdiri sendiri seperti biasa. Bahkan saat kamu menggulir Instagram Video, video-video yang ditampilkan nggak bakal tercampur dengan konten Reels.

Di sisi lain, langkah Instagram kali ini mungkin bakal bikin platform-nya jauh lebih efisien. Ya kalau IGTV dan video Feed bisa digabung, kenapa nggak? Toh, format pemutaran video mereka juga sama. Selain itu, IGTV juga sepi peminat. Jadi strategi kali ini menurut saya tepat.