Instagram Hapus Tombol IGTV di Dalam Aplikasi Karena Sedikit Pengguna

aplikasi instagram dark mode

Entah kalian sadar atau tidak, tombol IGTV lenyap dari aplikasi Instagram. Kabarnya, Instagram memang menghapus tombol IGTV dari aplikasi, karena tidak banyak yang memakainya.

Berawal dari sebuah aplikasi berbagi foto berbasis lokasi, kini Instagram telah menjadi raksasa media sosial. Bahkan saat iini sudah lebih populer darpada aplikasi perusahaan induknya, Facebook.

Kepopuleran ini membuat Facebook mencoba mengembangkan sayap Instagram ke format video dengan durasi lebih panjang. Seperti YouTube, tapi dengan video berformat tegak (walau akhirnya mereka juga mengijinkan format standar, horizontal).

Salah satu usaha yang dilakukan oleh Instagram untuk mendorong penggunanya mencoba IGTV adalah dengan memasang ikon aplikasi itu di dalam aplikasi utama. Tentunya sebagai akses ke konten dari aplikasi IGTV.

Namun, belum lama ini, ikon tersebut sirna.

instagram hapus tombol igtv
Tombol IGTV tidak ada lagi

Ternyata, menurut juru bicara Facebook (yang menyampaikannya pada TechCrunch), mereka sengaja menghapus tombol itu, karena hanya sedikit yang memakainya. Kebanyakan pengguna menemukan konten IGTV dari linimasa, halaman eksplorasi, profil pengguna, atau langsung dari aplikasi IGTV langsung. Juru bicara tersebut juga menyebutkan kalau mereka selalu tetap berusaha membuat aplikasi Instagram sederhana.

Instagram memang bukan pertama kalinya menghapus sebuah “fitur” dari dalam aplikasinya. Kalau kalian ingat, sebelum ini mereka juga menghapus halaman Following dan menyembunyikan jumlah Like dari posting pengguna.

HIlangnya tombol IGTV dari aplikasi Instagram juga memberi pertanda kalau aplikasi itu kurang populer. Berbeda dengan fitur Story yang hingga kini tetap melekat. Hal ini kemungkinan besar karena belum adanya sarana pemasukan bagi para kreator konten video. Berbeda dengan YouTube atau Facebook Watch, atau yang eksklusif secara berlangganan seperti Twitch.

Tentunya, hal ini ditambah lagi dengan hantaman dari raksasa baru bernama TikTok. Aplikasi yang relatif baru ini berhasil menghempaskan Instagram dari sisi jumlah download aplikasi di tahun 2019. Tentunya hal ini membuat Instagram berpikir keras. Lebih baik memfokuskan pada satu aplikasi daripada memecah pengguna.

Jadi jangan heran kalau di masa mendatang aplikasi IGTV akan ditutup dan video panjang akan menjadi fitur tetap di aplikasi Instagram. Nah, bagaimana menurutmu? Apakah kamu termasuk yang hobi merekam video panjang, atau hanya yang pendek-pendek saja?