Inilah LINE Meeting, Fitur Terbaru LINE dan Cara Menggunakannya

LINE menghadirkan fitur baru bernama LINE Meeting. Fitur terbaru ini membuat pengguna LINE bisa mengakses panggilan video grup melalui URL.

LINE bukanlah aplikasi baru bagi orang Indonesia. Aplikasi yang terkenal dengan stiker-stiker lucunya ini telah lama dipakai orang untuk chatting dan telepon.

Selain itu, LINE juga bisa dipakai untuk melakukan video call baik dua orang atau via grup. Baru-baru ini, LINE menghadirkan inovasi baru untuk fitur video call grupnya.

Sekarang pengguna LINE bisa pakai fitur LINE Meeting. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan video grup hingga 500 orang dan mengaksesnya lewat aplikasi langsung atau URL.

Sumber Gambar : Official Blog LINE

Tentang LINE Meeting dan Cara Pakainya

Video call grup dengan peserta mencapai ratusan orang memang sedang ngetren saat ini. Apalagi selama masa pandemi, di mana komunikasi banyak orang harus tetap terhubung.

Video call grup yang bisa diikuti oleh ratusan orang dipelopori oleh Zoom. Selama era WFH, aplikasi ini dipercaya banyak perusahaan sebagai media komunikasi antar karyawan.

Setelah itu, aplikasi chatting lainnya akhirnya ikut meluncurkan fitur video call yang bisa diakses puluhan orang. Sebut saja Google Meet, Google Duo, Facebook Messenger, dll. Fitur ini bahkan bisa diakses hanya lewat URL.

Nah, inilah fitur yang akhirnya ditiru oleh LINE. Lewat LINE Meeting, kalian bisa mengundang sampai 500 orang lewat URL untuk melakukan video call grup. Fitur ini bisa dipakai, walau bagi orang yang tidak punya aplikasi LINE.

Lalu seperti apa cara pakainya?

Sumber Gambar : Official Blog LINE
  • Ketuk ikon camcorder di kanan atas ruang obrolan LINE.
  • Tap menu ‘Buat Rapat’ untuk memulai ruang rapat.
  • Tulis nama rapat yang akan kalian adakan.
Sumber Gambar : Official Blog LINE
  • Klik menu ‘Simpan.’
  • Klik tombol ‘Undang‘ untuk mengundang orang via aplikasi LINE.
  • Klik tombol ‘Salin‘ untuk menyalin URL dan mengundang orang lewat aplikasi lain.
  • Kalau sudah, klik tombol ‘Mulai‘ untuk memulai rapat.
Sumber Gambar : Official Blog LINE

Ketika menggunakan panggilan Meeting, kalian juga bisa mengubah layar pertemuan menjadi Picture-In-Picture (PIP). Ini memungkinkan kalian untuk melakukan video call grup sambil melihat ruang obrolan.

Soal keamanan, LINE mengklaim kalau fitur ini sudah dilengkapi keamanan yang baik. Untuk melindungi pengguna, URL rapat dibuat super rumit dengan panjang 32 karakter.

Tidak hanya itu, kalau ada tamu tak diundang berhasil bergabung, ada fitur ‘kick out.’ Fitur ini memungkinkan kalian menyingkirkan orang itu dari Meeting. Cara menggunakannya, cukup tap menu ‘Hapus’ di sekitar nama peserta.

Fitur ini bisa dipakai secara gratis. Fitur ini tersedia pada smartphone versi 10.13.0 atau yang lebih baru, dan LINE desktop versi 6.2.0 atau yang lebih baru. Jadi kalau kalian belum melihat fitur ini di LINE, perbarui LINE kalian lebih dulu ya.

%d blogger menyukai ini: