Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Jangan Kecil Hati, Ini Game Terbaik untuk Dimainkan di Mac

game macbook
Anom Penulis

Kalau kita bicara soal main game di komputer, Mac pasti jarang disebut. Ketika seseorang membeli iMac atau laptop Macbook, gaming bukanlah hal utama yang ia cari. Tapi mungkin ada yang setelah membeli Mac bertanya-tanya, apa sih permainan yang bisa dimainkan di komputer Apple ini?

Alasan membeli Mac memang berbeda dengan alasan membeli laptop Windows. Biasanya, seseorang membeli komputer Mac karena sudah terbiasa dengan ekosistem Apple, lebih suka pakai macOS daripada Windows, ingin berinvestasi jangka panjang, atau sekedar gengsi.

Kenapa Game untuk Mac Sedikit?

Pada dasarnya, komponen komputer yang ada di Mac dan di komputer Windows sama saja. Yah, sekarang memang sedikit berbeda dengan pemakaian chipset Apple Silicon (M1, M2) di komputer Mac.

main game di mac

Tapi yang paling berpengaruh adalah bagaimana sistem operasi macOS berbeda dengan Windows dan jumlah pengguna masing-masing platform.

Untuk menghadirkan game di komputer Mac (terutama yang AAA), pihak pengembang harus membuat versi khusus untuk macOS. Sayangnya, jumlah pengguna Mac yang jauh lebih sedikit dari pengguna komputer Windows, tidak cukup kuat untuk mendorong banyak pengembang melakukannya.

Demikianlah akhirnya jumlah permainan populer di Mac lebih sedikit dari yang tersedia untuk komputer Windows.

Game Terbaik untuk macOS

Toh ternyata ketersediaanya tidak sesedikit itu. Walau memang permainan populer jarang muncul di Mac, ada beberapa yang bisa kamu mainkan.

Inilah beberapa game terbaik yang bisa kamu mainkan di Mac.

Baldur’s Gate 3

Baldur’s Gate 3 merupakan game RPG dari Larian Studio. Versi early access Baldur’s Gate 3 dirilis lewat API Metal dan punya dukungan native untukMac dengan chipset M1.

Game ini sendiri rencananya akan benar-benar rilis pada tahun 2023.

Civilization 6

Sid Meier’s Civilization VI (resminya ditulis begitu) adalah game strategi turn-based yang didistribusikan oleh Take Two Interactive. Game ini dirilis untuk Windows dan macOS pada tahun 2016.

Civilization 6 hadir dengan API Metal dan bisa dimainkan di Mac M1 lewat dukungan Rosetta.

Counter Strike: Global Offensive

Siapa yang nggak kenal dengan CS? Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) sendiri rilis pada tahun 2012, termasuk untuk macOS.

Baca Juga:  Apple Ketahuan Ajukan 3 Merek Dagang "Reality" untuk Headset VR

CS:GO hadir di Mac lewat API OpenGL dan bisa dimainkan di Mac M1 lewat dukungan Rosetta.

Diablo 3

Diablo III (begitu resminya ditulis) adalah game RPG hack ‘n slash buatan Blizzard Entertainment yang dirilis untuk Windows dan OS X pada tahun 2012. Diablo sendiri merupakan nama yang legendaris untuk game RPG.

Diablo III hadir di Mac lewat API OpenGL dan bisa dimainkan di Mac M1 dengan dukungan Rosetta.

DiRT 4

DiRT 4 merupakan game simulasi balap mobil populer yang menghadirkan suasana rally. Game ini meluncur terlebih dahulu untuk Windows dan konsol pada tahun 2017. Berkat Feral Interactive, pengguna Mac bisa memainkan DiRT 4 mulai tahun 2019.

DiRT 4 menggunakan API Metal dan bisa kamu mainkan di Mac M1 berkat dukungan Rosetta.

Disco Elysium

Disco Elysium adalah game role-playing yang unik, karena tidak punya mekanisme pertarungan seperti lainnya. Hal itu membuat game bernuansa detektif ini mendapat banyak pujian dan berhasil menjadi salah satu game favorit banyak orang.

Disco Elysium hadir lewat API Metal dan juga hadir secara native untuk Mac dengan M1.

Divinity: Original Sin 2

Divinity: Original Sin II merupakan game RPG hasil kembangan Larian Studio. Game ini sudah rilis di berbagai platform terlebih dulu pada tahun 2017, sebelum akhirnya menyambangi masOS pada tahun 2019.

Divinity: Original Sin II hadir di Mac lewat API Metal, tapi bisa dimainkan di Mac M1 dengan dukungan Rosetta.

DOTA 2

DOTA 2 adalah salah satu nama besar di dunia game MOBA. Game ini rilis di Mac pada tahun 2013, beberapa bulan setelah dirilis di Windows.

DOTA 2 hadir di Mac lewat API Vulkan dan bisa dimainkan di Mac M1 dengan dukungan Rosetta.

HADES

Hades merupakan game roguelike dungeon crawler yang rilis baik untuk Windows dan macOS pada tahun 2020. Game ini sering dianggap sebagai salah satu game terbaik yang rilis di tahun itu.

Hades hadir di Mac dengan API Metal dan dimainkan di Mac M1 dengan dukungan Rosetta.

Hollow Knight

Hollow Knight merupakan game metroidvania yang rilis di tahun 2017. Permainan ini sebenarnya terhitung game indie. Namun, menyusul rilisnya untuk Windows, macOS, dan Linux tahun 2017, game ini meraih kesuksesan besar.

Baca Juga:  Samsung akan Pasok Panel dengan Kualitas Berbeda untuk iPhone 14 Series

Hollow Knight hadir menggunakan API OpenGL dan bisa dimainkan di Mac M1 lewat dukungan Rosetta.

League of Legends

Sama seperti DOTA 2, League of Legends merupakan game MOBA yang populer. Permainan besutan Riot Games ini meluncur untuk OS X pada tahun 2013.

League of Legends menggunakan API Metal dan bisa kamu mainkan di Mac M1 berkat dukungan Rosetta.

Minecraft

Game Minecraft buatan Mojang Studio mungkin merupakan salah satu permainan paling terkenal di dunia. Untuk memainkan Minecraft di Mac, kamu perlu membeli gam ini dan mengunduh launcher di situs resmi.

Minecraft berjalan secara native di Mac dengan Apple Silicon.

Rise of the Tomb Raider

Rise of the Tomb Raider adalah game rilisan tahun 2015. Kamu tentunya sudah tahu seperti apa game Tomb Raider. Game ini aslinya rilis pada tahun 2015, dan terima kasih pada Feral Interactive, Rise of the Tomb Raider tersedia untuk macOS pada tahun 2018.

Rise of the Tomb Raider menggunakan API Metal dan bisa kamu mainkan di Mac M1 berkat dukungan Rosetta.

Stardew valley

Stardew Valley adalah game RPG Simulasi yang populer. Salah satunya karena terinspirasi game Harvest Moon. Permainan ini hadir di macOS menyusul rilisan di Windows beberapa bulan sebelumnya.

Stardew Valley menggunakan API OpenGL dan bisa dimainkan di Mac M1 dengan dukungan Rosetta.

Masih Lebih Banyak Lagi Game untuk Mac

Ya, daftar di atas hanyalah segelintir saja. Sebenarnya masih ada beberapa game lainnya. Misalnya Shadow of the Tomb Raider, Call of Duty: Black Ops III, Ark of Survival, Borderlands 2, Bioshock, dll.

Selain itu, Mac dengan chipset M1 juga bisa memainkan beberapa game yang ada di iPhone. Seperti Sky: Children of the Light, Monument Valley 2, dll. Termasuk juga game Apple Arcade.

Jadi ya tetap bisa main kok.