Google dan Perusahaan Teknologi Lain Bersatu Lawan Hoax Coronavirus

Hoax soal Coronavirus telah banyak menyebar! Oleh karena itu, Google dan raksasa teknologi lainnya bersatu untuk melawan hoax Coronavirus.

COVID-19 atau Coronavirus telah ditetapkan sebagai pandemi global. Virus ini tidak hanya berdampak ke kesahatan masyarakat, tapi juga mampu mempengaruhi perekonomian dunia.

Sayangnya di tengah kepanikan orang-orang soal Coronavirus, ada saja pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka sengaja menyebarkan berita bohong atau hoax soal Coronavirus.

Menanggapi kejadian itu, Google dan perusahaan teknologi lainnya sepakat untuk melawan hoax Coronavirus. Lalu seperti apa langkah yang mereka ambil untuk mengatasi masalah ini?

Sumber Gambar : Vox

Google dan Perusahaan Teknologi Lawan Hoax Coronavirus

Google, Facebook, LinkedIn, Microsoft, Reddit, dan Twitter beberapa waktu lalu mengeluarkan pernyataan bersama. Dalam pernyataan itu, perusahaan akan bekerja sama untuk memberantas hoax Coronavirus.

Setiap perusahaan akan memakai platform masing-masing. Mereka akan memberi tahu pengguna soal fakta Coronavirus yang telah terverifikasi oleh pemerintah setempat dan WHO.

Untuk Google, baru-baru ini perusahaan memperbarui layanan Discover-nya. Dalam pembaruan ini, pengguna bisa melaporkan berita hoax soal Coronavirus ke Google.

Industri teknologi bekerja bersama-sama dengan lembaga layanan kesehatan pemerintah di seluruh dunia. Kami turut berupaya untuk menyebarkan fakta dari Coronavirus,” ungkap Google Public Policy.

Sedangkan Reddit, misalkan ada pengguna yang mencari keywordcoronavirus’ atau ‘COVID-19.’ Reddit bakal memandu pengguna ke situs web Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Keputusan beberapa perusahaan teknologi ini menurut saya adalah langkah yang tepat. Apalagi orang-orang sekarang mendapat informasi dan berita dari internet dan media sosial yang dimiliki perusahaan itu.

Contohnya saja di Indonesia. Sudah ada banyak berita hoax soal Coronavirus yang menyebar di masyarakat. Efeknya apa? Masyarakat menjadi panik dan gaduh. Jadi tindakan seperti ini memang sangat dibutuhkan.

Selain itu, sekarang ini mendapatkan informasi tepat adalah hal yang sangat penting. Jadi pastikan informasi yang kalian terima, sudah sesuai dengan yang disampaikan pemerintah, media berita terpercaya atau WHO ya.

%d blogger menyukai ini: