Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Google Maps Go: Aplikasi Peta Ringan Yang Perlu Diketahui

google maps go di browser

Google meluncurkan Maps Go sebagai versi ringan dari aplikasi peta miliknya. Aplikasi ini hadir sebagai bagian dari program Android Go yang ditujukan untuk negara berkembang. Apa yang perlu kita ketahui tentang aplikasi ini?

Aplikasi versi ringan sangat berguna untuk perangkat yang memiliki kemampuan terbatas. Misalnya punya RAM dan penyimpanan kecil. Selain itu, aplikasi ini biasanya juga hemat data.

Sekedar informasi tambahan, selain aplikasi peta ringan ini, kamu juga sudah bisa menikmati aplikasi ringan lain dari Google. Misalnya YouTube Go, Files Go, dan Datally.

aplikasi peta ringan google maps go
Tampilan aplikasi

Aplikasi Google Maps Go Ringan

Aplikasi peta ini ditujukan untuk perangkat dengan RAM 512 MB sampai 1 GB. Sudah seharusnya aplikasi ini ringan. Memang ketika saya lihat di Play Store—via browser desktop, nanti akan saya jelaskan lebih jauh—tidak ada informasi tentang besar file-nya. Tapi melihat aplikasi “Go” yang lain, aplikasi peta ini juga tidak jauh berbeda.

Bisa Dipakai di Android Lama

Ya. Kamu yang kurang beruntung belum bisa menggunakan versi Android lebih baru bisa cukup lega. Aplikasi Google Maps Go mendukung Android mulai dari versi 4.1 dan yang lebih baru. Jadi jangan kuatir.

Memiliki Fungsi Dasar Yang Berguna

Walau ringan, aplikasi ini tetap memiliki fungsi dasar peta yang berguna. Kamu bisa mencari dan melihat tempat beserta informasi lengkap (alamat, nomor telepon, foto, review, dll). Kamu juga bisa mendapat petunjuk arah (mengemudi, kendaraan umum, berjalan) dan melihat detil peta (satelit, jalur transit, lalu lintas).

perbandingan google maps go dan google maps biasa
Perbandingan

Aplikasi Ini Tersembunyi

Ya. Kalau kamu menggunakan handphone Android kekinian, kemungkinan besar kamu tidak akan menemukan aplikasi ini di Play Store. Alih-alih, kamu akan mendapat Google Maps biasa. Hal ini terjadi karena aplikasi ini hanya ditujukan untuk perangkat tertentu, jadi memang terbatas.

Tentu saja, faktor lain adalah Google ingin pengguna kekinian lebih memanfaatkan fitur-fitur peta interaktif, seperti membuat daftar tempat favorit, membantu edit informasi tempat, dll.

Google Maps Go Bisa Diakses di Browser

Nah, jangan kuatir. Siapapun tetap bisa mengakses aplikasi ini dalam bentuk web app. Tapi harap diingat, Google tetap akan mengarahkanmu ke aplikasi peta standar (kalau handphone-mu kekinian). Buka link di tab baru di browser.

Oya, kamu bisa mencoba Google Maps Go di browser lewat link ini. Kamu bisa mencobanya baik di browser handphone maupun PC.

Nah, apakah handphone Android milikmu punya RAM kecil? Kalau iya, silakan klik link di bawah ini untuk mengunduh aplikasi Google Maps Go. Semoga membantu.

Download

More Stories
Rekomendasi Kartun Dewasa yang Bisa Ditonton di Netflix