Google  Persiapkan Ponsel Canggih yang Bukan Sekedar Ponsel Lipat

Demam ponsel lipat ternyata tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Walau begitu, Google tengah mempersiapkan ponsel canggih, yang bukan hanya sekedar ponsel lipat.

Rilis Samsung Galaxy Fold yang tidak berjalan dengan lancar tidak membuat Google patah semangat dalam menciptakan produk baru tersebut. Atas nama inovasi teknologi, Google bekerja keras untuk menciptakan produk yang lebih baik.

Mario Quiroz, Vice President Pixel, sempat memberi konfirmasi akan kabar dikembangkannya ponsel canggih ini. Pernyataan menarik ini disampaikan Mario di tengah-tengah pengumuman Google Pixel 3a pada minggu ini.

Selain itu, Mario Queiroz juga mengatakan bahwa Google telah membuat prototipe tampilan layar yang dapat dilipat. Termasuk berbagai teknologi baru baik perangkat keras maupun perangkat lunak.

ilustrasi android mendukung ponsel lipat (Foto: Google)
Android mendukung ponsel lipat

Walau begitu, menurutnya, teknologi yang dihadirkan dalam ponsel lipat saat ini belum cukup kuat untuk penggunaan  praktis sebenarnya.  Itu artinya, belum ada kebutuhan yang jelas sebagai alasan mengapa ponsel lipat ini diciptakan.

Itu sebabnya Google belum berani memperkenalkan produk kerennya ke pasar. Lantaran ia takut jika produknya tersebut tidak bisa melayani kebutuhan nyata dengan baik.

Pada kesempatan berbeda, Stephanie Cuthbertson, selaku Direktur Android, juga mengatakan bahwa potensi perangkat lipat memang sangat menarik. Namun — sekali lagi — tidak untuk masa saat ini. Pendapat tersebut dikatakan Stephanie pada ajang Google I/O 2019 kemarin.

Toh, Google tetap bersiap dengan teknologi itu. Bahkan Android Q pun sudah mendukung format ponsel lipat. Sehingga sistem operasi ini bisa beradaptasi lebih baik bagaimanapun kondisi layarnya.

Sedangkan dari sisi perangkat keras, ponsel lipat masih dianggap terlalu dini atau bisa juga disebut sebagai produk prematur. Itulah yang menyebabkan mengapa Samsung Galaxy Fold mengalami kegagalan.

Hingga saat ini, ponsel lipat memang sudah ada dalam perencanaan Google. Namun mereka masih tetap menunggu hingga ponsel lipat punya keuntungan praktis bagi pengguna. Jadi bukanlah sekedar ponsel yang bisa dilipat layarnya saja.

More Stories
game ps4
5 Game PS4 Indie Dibawah 100 Ribu yang Super Aneh