iPhone 14 Series Bakal Pakai Kamera 48MP dan Tak Ada iPhone Mini

iPhone 14 Series disebut-sebut bakal pakai kamera 48MP. Bukan cuma itu, kabarnya seri ini tak akan memiliki varian iPhone Mini.

Penerus iPhone 12 Series, iPhone 13 Series memang belum resmi diumumkan. Walau begitu, bocoran ponsel ini sudah ramai muncul sejak tahun lalu.

Rumor iPhone 13 Series cukup beragam. Kabarnya, seri ini akan mendapat peningkatan kamera ultrawide f/1.8. Sedangkan khusus iPhone 13 Pro, gosipnya akan hadir dengan layar 120Hz, punya warna baru dan lapisan stainless steel.

Kini ada lagi rumor terbaru tentang calon iPhone terbaru. Bukan dari seri ke-13, tapi rumor kali ini tentang kamera yang bakal dipakai iPhone 14 Series.

Bocoran Kamera iPhone 14 Series

Baru-baru ini dikutip dari Phone Arena, analis Apple terkenal, Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa Apple kemungkinan merencanakan peningkatan kamera besar-besaran untuk keluarga iPhone 14.

Seri ke-14 ini kabarnya bakal memakai sensor kamera 48MP yang besar. Kalau itu benar, maka ini akan jadi sensor terbesar yang pernah ada di iPhone.

Sensor 48MP diperkirakan bakal menghiasi ponsel flagship Apple tahun depan. Sementara kemungkinan besarnya, kamera ini bakal debut di model iPhone 14 Pro Max.

Di sisi lain, sensor 48MP diprediksi akan dipakai pada kamera utama wide-angle. Sementara untuk kamera yang lainnya, kemungkinan adalah kamera ultrawide dan telephoto dengan peningkatan teknologi yang cukup signifikan.

Sumber Gambar : GSMArena

Kami percaya bahwa iPhone 2H22 baru dapat mendukung output 48MP langsung, dan output 12MP (mode empat sel menggabungkan mode output) secara bersamaan,” kata Ming-Chi Kuo.

Dengan output 12MP, ukuran piksel CIS dari iPhone 2H22 terbaru akan meningkat jadi sekitar 2,5um. Itu artinya secara signifikan membuatnya lebih besar dari iPhone 12 dan iPhone 13, serta lebih besar dari ponsel Android yang ada. Bisa dibilang mendekati level DSC,” lanjutnya.

Sepertinya ini benar-benar akan jadi sensor kamera terbesar yang pernah dipasang di iPhone. Apalagi, berkat quad pixel-binning yang akan memberikan kualitas gambar cahaya rendah luar biasa. Artinya, mode Malam di iPhone terbaru bakal jauh lebih bagus.

Lebih lanjut, sensor terbaru di iPhone 14 Series kabarnya memungkinkan pengambilan video 8K dengan kamera utama. Saat ini, iPhone cuma bisa merekam video hingga 4K pada 60fps, dan menurut Kuo, fitur yang sama juga masih akan dipakai pada iPhone 13 Series tahun ini.

Meski terlihat menjanjikan, namun Kuo mengatakan kalau fitur-fitur di atas bakal membuat harga ponsel tambah meroket. Ada kemungkinan kalau model iPhone 14 Pro Max saja yang bakal memakai teknologi kamera terbaru.

Satu lagi bocoran yang tak kalah mencengangkan dari Kuo. Analis ini mengatakan kalau Apple kemungkinan akan ‘menyingkirkan’ varian iPhone Mini dari seri ke-14.

Alasannya jelas, penjualan iPhone 12 Mini bisa dibilang sangat mengecewakan. Selain itu, Apple juga punya keinginan untuk lebih menyederhanakan jajaran potofolio iPhone-nya.

Walau begitu, bukan berarti iPhone 13 Series tak akan menghadirkan model Mini di dalamnya. Kuo membeberkan masih ada kemungkinan varian iPhone 13 Mini muncul tahun ini (yah.. setidaknya mungkin untuk terakhir kalinya).

%d blogger menyukai ini: