Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Jepang Kembangkan Teknologi 6G untuk Tahun 2030

Indri Penulis

Jepang saat ini tengah mengembangkan teknologi 6G. Rencananya, Jepang akan meluncurkan teknologi tersebut pada tahun 2030.

Tahun 2020, dunia sudah mulai mengadopsi teknologi 5G. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan teknologi yang merilis produk 5G. Membuat orang-orang mulai meninggalkan 4G.

Di tengah itu semua, Jepang mulai mengembangkan penerus 5G, yakni 6G. Tidak tanggung-tanggung, Jepang bahkan mengklaim jika teknologi 6G buatannya siap diluncurkan tahun 2030.

Jepang sendiri memiliki tujuan untuk menciptakan jaringan yang 10 kali lebih cepat dari 5G. Tidak hanya Jepang, negara lain seperti Cina, Finlandia dan Korea Selatan juga turut mengembangkan 6G.

Sumber Gambar : Phone Week

Penelitian Teknologi 6G oleh Jepang

Dikutip dari situs Nikkei, Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang memutuskan untuk membuat penelitian 6G Januari ini. Negara akan menginvestasikan dana sebesar $2,03 miliar dalam penelitian 6G.

Teknologi 6G diharapkan bisa menghasilkan kecepatan 10 kali lebih besar dari 5G. Menariknya, 6G kabarnya akan memanfaatkan gelombang frekuensi tinggi.

Jika itu benar, semua informasi jadi bisa diakses dengan sangat cepat. Padahal 5G sendiri sudah diklaim memiliki kecepatan yang sangat besar. Bagaimana jika kecepatannya dikali 10? Hm, bisa kah kalian membayangkannya?

Sebenarnya Jepang bukan negara pertama yang melakukan penelitian jaringan 6G. Bisa dikatakan kalau Cina adalah negara pertama yang punya ide untuk meneliti 6G.

Sebab di bulan November 2019, Cina telah menyiapkan dua lembaga penelitian 6G. Tidak hanya itu, tahun lalu beberapa Universitas di Finlandia juga mulai penelitian tentang 6G.

Tidak hanya itu, Korea Selatan juga tidak mau ketinggalan. Terbukti dengan perusahaan LG Electronics dan Samsung Electronics yang turut mengembangkan 6G di Korea Selatan.

Di sisi lain, beberapa penyedia layanan jaringan di Jepang diprediksi akan meluncurkan teknologi 5G akhir April 2020. Jaringan 5G mungkin akan menuai popularitas dalam beberapa tahun ke depan.

Tapi berbagai negara saat ini telah berpindah haluan untuk mengembangkan jaringan 6G. Hm, kira-kira negara mana dulu yang berhasil mencetuskan jaringan 6G ya?

    %d blogger menyukai ini: