Joy-Con Nintendo Switch dari Kontroler GameCube? Terbukti Bisa!

shank gamecube joy-con

Nintendo Switch adalah konsol yang paling populer di tahun 2019. Kepopulerannya memancing kreativitas dari penggemarnya. Termasuk yang satu ini. Seorang modder berjuluk Shank membuat Joy-Con Nintendo Switch dari kontroler GameCube.

Kontroler Joy-Con memang merupakan salah satu keunikan Nintendo Switch. Kontroler ini bisa dipasang menjadi satu dengan bodi (layar), atau terpisah. Secara terpisah pun, bisa dipakai sendiri atau berdua.

Joy-Con kemudian memancing berbagai merek lain mengembangkan perangkat serupa dengan basis berbeda. Misalnya Razer Junglecat dan  Razer Kishi untuk smartphone, juga Alienware Concept UFO yang berbasis PC.

Di sisi lain, komunitas penggemar Nintendo (secara umum) dan Switch (secara khusus) juga bergerak. Di internet bermunculan berbagai konsep — gambar render 3D atau mockup — yang bermain-main dengan bentuk lain Joy-Con.

Shank merupakan salah satu modder yang berambisi mengulik Joy-Con. Akhirnya ia mendapat kesempatan emas itu dan membuatnya dari kontroler GameCube. Akhirnya Shank berhasil membuat Joy-Con dari kontroler GameCube, termasuk sesuai konsep yang bisa dimainkan berdua.

shank gamecube joy-con multiplayer

Yang ia lakukan adalah memadukan komponen kontroler GameCube dan Joy-Con. Tentu saja tidak asal pindah. Shank menyebutkan kalau ia pun membuat beberapa modifikasi komponen dengan 3D printing. Waktu penyelesaiannya pun tidak sebentar.

Saat selesai, kontroler itu berfungsi seperti yang diharapkan. Ia bisa bermain game dengan baik. Walau untuk versi kontroler terpisah ia menyebutkan di Twitter kalau pengalaman bermainnya “itu lebih buruk dari yang kita pikirkan”.

Nah, kalau kamu penasaran bagaimana Shank bisa membuat Joy-Con dari kontroler GameCube, silakan lihat video YouTube di bawah ini. Ada juga beberapa contoh gameplay di sana.