Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Woah.. Samsung Galaxy Z Flip 4 Bakal Pakai Kamera Putar

Indri Penulis

Samsung Galaxy Z Flip 3 belum rilis, tapi kini telah muncul rumor tentang Samsung Galaxy Z Flip 4 yang kabarnya bakal pakai kamera putar.

Tanggal 11 Agustus tinggal beberapa pekan lagi. Di tanggal itu, Samsung bakal menggelar acara tahunan terbesar mereka, Galaxy Unpacked 2021. Di acara tersebut, Samsung diduga kuat akan merilis jajaran Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip 3, smartwatch, Galaxy Buds 2, dan Galaxy S21 FE (kalau jadi).

Belum juga resmi dirilis, khususnya ponsel Samsung Galaxy Z Flip 3, baru-baru ini telah beredar rumor mengenai calon penerusnya, yakni Samsung Galaxy Z Flip 4.

Rumor tersebut berasal dari aplikasi paten Samsung yang diajukan ke World Intellectual Property Office (WIPO) dan ditemukan oleh LetsGoDigital. Menariknya, rumor ini membahas soal desain Galaxy Z Flip 4 yang bakal memakai kamera putar.

Sumber : LetsGoDigital

Menurut gambar paten di atas, kamera yang bakal diadopsi Galaxy Z Flip 4 terdiri dari lensa ganda. Menariknya kedua lensa ini justru tak dipasang di bodi ponsel sebelah atas, melainkan di bagian engsel ponsel.

Jadi nanti kalau ingin memotret pakai kamera belakang, orang-orang tinggal membuka ponsel (lensa kamera akan menghadap ke belakang). Kalau ingin selfie, tinggal tutup kembali ponselnya dan kamera yang ada di engsel bakal menghadap ke wajah.

Selain bentuknya yang unik, konsep kamera putar di ponsel ini juga dapat memberikan manfaat lain. Yakni pengguna bakal mendapatkan kamera superior buat selfie, dan ponsel tak lagi membutuhkan notch/punch-hole untuk menampung kamera selfie.

Menempatkan kamera di engsel juga bisa membantu menghadirkan layar sekunder yang lebih besar. Sebab ponsel tak membutuhkan ruang untuk lensa kamera di sebelah layar.

Tapi di sisi lain, sebenarnya ada hal yang bikin gambar di atas terasa ‘mengganjal.’ Pertama, kalau lensa kamera dipasang ke engsel, otomatis engsel ponsel harus berukuran lebih besar. Itu artinya, ukuran ponsel juga bakal ikut membengkak.

Kedua, engsel dan kamera akan sangat terlihat menonjol saat ponsel dibuka. Jadi misalnya kita ingin menaruhnya di meja, pasti bakal miring dong ponselnya. Selain itu, desainnya jadi nggak fleksibel dan  elegan lagi.

Namun jangan khawatir, karena paten yang diajukan belum tentu bakal rilis menjadi produk jadi. Tapi sejujurnya, kalau konsep kamera putar di ponsel ini benar-benar jadi kenyataan, pasti bakal unik. Tapi semoga saja Samsung bisa menemukan ide agar desainnya bisa lebih ringkas.

Di sisi lain, ini bukan pertama kalinya Samsung mematenkan ponsel layar lipat dengan kamera putar. Juni lalu, Samsung juga sempat mematenkan ponsel dengan mekanisme kamera yang serupa. Tapi bedanya, ponsel yang ada di paten sebelumnya lebih mirip Samsung Galaxy Fold Tab.

Samsung juga bukan pertama kali ini berkecimpung dalam pembuatan kamera putar. Sebelumnya mereka pernah mendebutkan kamera putar di Samsung Galaxy A80. Peminat ponsel ini cukup banyak. Ditambah lagi hadirnya Galaxy A80 BLACKPINK Edition, membuat peminatnya tambah membludak.

    %d blogger menyukai ini: