Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Kelemahan Instagram Lite Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memasangnya

aplikasi instagram lite
Anom Penulis

Aplikasi Instagram Lite merupakan aplikasi versi ringan dari media sosial populer ini. Sebagai aplikasi ringan, Instagram Lite punya ukuran file yang kecil dan bersahabat dengan penggunaan baterai handphone. Namun, sebagai konsekuensinya, ada juga kelemahan Instagram Lite. Apa saja itu?

1. Belum Tersedia di Semua Wilayah

Jelas hal ini merupakan kelemahan terbesar. Bagaimana bisa memakai kalau tidak tersedia? Sejak muncul di Play Store, saya belum bisa mengunduhnya dari sana. Kalau tidak salah, saat itu aplikasi ini sedang menjalani uji coba di Filipina. Mungkin kamu berniat memasang aplikasi ini dengan menggunakan APK, sebelumnya silakan baca lebih lanjut.

popculture.id

2. Tidak Mendukung Kiriman Video

Sejauh ini kamu hanya bisa mengunggah foto, baik di lini masa maupun di Story. Yah, ini memang mengecewakan. Karena saat ini memang jamannya video. Apalagi banyak yang suka buat live video Instagram. Di sisi lain, mungkin juga Instagram sedang mengembangkan pengolah video yang lebih ramping dan efisien. Semoga saja.

3. Tidak Mendukung Direct Messages

Salah satu kelemahan Instagram Lite karena perampingan aplikasi adalah Instagram Direct. Ini berarti kamu tidak bisa ngobrol dengan temanmu secara langsung baik personal maupun grup. Termasuk video chat Instagram.

4. Foto dan Video Hadir Dalam Kualitas Kecil

Agar tidak memakan data terlalu banyak, aplikasi Instagram Lite melakukan kompresi pada foto dan video yang hadir di lini masa. Walau menguntungkan dari sisi penggunaan data seluler, kualitasnya ada di bawah aplikasi asli. Bukan masalah besar.

5. Tidak Mendukung Autoplay Video

Di aplikasi Instagram, video bisa berjalan otomatis saat kamu melihatnya di lini masa. Di aplikasi Instagram Lite tidak. Kamu harus tekan video itu untuk memutarnya. Ini juga bukan masalah besar (Toh di aplikasi Instagram saya juga mengatur tidak autoplay).

6. Tidak Mendukung IGTV

Dukungan IGTV juga termasuk yang hilang dari aplikasi ini. Kalau kamu memilih memakai aplikasi Instagram Lite, kamu harus memasang aplikasi IGTV secara terpisah (yang berlawanan dengan tujuan menghemat kapasitas penyimpanan dan data seluler).

Jadi memang aplikasi Instagram Lite ini cukup terbatas. Kalau kamu hanya sekedar ingin melihat-lihat saja, mungkin aplikasi ini tepat untukmu. Tapi kalau kamu ingin melakukan lebih banyak, aplikasi Instagram asli jelas lebih tepat.

Tentu saja, kelemahan Instagram Lite di atas bisa berarti belum tersedia karena masih dikembangkan. Mungkin saja nanti aplikasi ini tetap punya fitur penting (seperti Direct dan Video) walau tidak selengkap aplikasi utama. Kalau tidak begitu, aplikasinya juga jadi kurang berguna kan?

    %d blogger menyukai ini: