Konsol Game Terbaru Microsoft Bernama Xbox Series X

Microsoft Xbox Series X

Di luar dugaan banyak orang, Microsoft mengumumkan nama dan desain konsol game terbarunya, Xbox Series X. Pengumuman ini dilakukan pada acara Game Awards 2019.

Microsoft mengembangkan konsol ini di bawah nama “Project Scarlett“. Kata “Series” yang ada di nama konsol ini mengindikasikan kalau Microsoft mungkin memang benar akan merilis dua jenis konsol game.

Xbox Series X

Microsoft menyebutkan kalau konsol ini akan menjadi konsol tercepat, konsol paling powerful, dan akan menetapkan standar baru untuk performa, kecepatan, dan kompatibilitas. Para pengguna bisa bermain berbagai game lama, yang sudah ada sepanjang tiga generasi, dan yang terbaru.

Salah satu hal paling menarik dari konsol game Xbox Series X ini adalah bentuknya yang semakin mirip desktop PC. Microsoft menyatakan kalau mereka merancang konsol ini agar bisa diletakkan secara vertikal maupun horizontal. Selain itu, rancangan ini juga memungkinkan tim Xbox menanam kekuatan pemrosesan empat kali lebih besar dari Xbox One X.

Microsoft juga menyebutkan kalau konsol ini menggunakan prosesor yang dikembangkan Microsoft bersama AMD dengan meningkatkan arsitektur generasi terbaru RDNA dan Zen 2. Selain itu, Xbox Series X juga memakai NVMe SSD.

Walau belum ada informasi GPU secara spesifik, konsol ini disebut mendukung permainan dengan kualitas 4K di 60fps, memungkinkan ditingkatkan sampai 120fps, termasuk mendukung Variable Refresh Rate (VRR), kualitas 8K, dan ray tracing.

Xbox Wireless Controller

Bersama pengumuman konsol ini, Microsoft juga mengumumkan Xbox Wireless Controller baru. Baik bentuk dan ukuran kontroler baru ini dikembangkan agar bisa dipakai dengan mudah oleh lebih banyak pengguna. Lalu, kontroler ini juga memiliki tombol Share khusus. Sehingga pemain bisa segera menangkap screenshot atau klip permainan lebih mudah. Selain itu ada pula d-pad seperti yang ada di Xbox Elite Series 2 Wireless Controller.

Microsoft menyebutkan kalau Xbox Wireless Controller baru ini bisa digunakan juga di Xbox One dan Windows 10. Kontroler ini akan termasuk dalam paket penjualan Xbox Series X.

Senua’s Saga: Hellblade II

Kalau Godfall hadir sebagai game pertama yang diumumkan untuk PlayStation 5, Microsoft menampilkan game Senua’s Saga: Hellblade II sebagai showcase Xbox Series X. Game ini dikembangkan oleh Ninja Theory dan merupakan sekuel dari game yang sudah populer sebelumnya, Hellblade: Senua’s Sacrifice.

Microsoft menyebutkan kalau footage game ini diambil dari konsol baru tersebut untuk menunjukkan kemampuannya.

Akhir-akhir ini Microsoft mengembangkan berbagai perangkatnya secara misterius dan mengejutkan. Selain konsol ini, sebelumnya Microsoft juga mengejutkan banyak orang dengan perangkat Surface Duo.

Setelah terbiasa melihat berbagai bocoran dan rumor menjelang perangkat baru hadir, sedikit kejutan seperti ini terasa menyenangkan. Benar kan? Kita tunggu saja ada kejutan apa lagi di masa mendatang.