Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Macbook Pro 14 2023 Dengan M2 Pro Punya Penurunan SSD, Mirip Macbook Air

Apple MacBook Pro M2 Pro Stage Managerjpg
Gambar: Apple
Anom Penulis

Macbook Pro 2023 merupakan salah satu laptop yang dinanti oleh penggemar Mac. Tapi ternyata ada kabar kurang mengenakkan soal perangkat satu ini. Laptop Macbook Pro 14 2023 dengan chipset M2 Pro disebut punya penurunan kualitas SSD, mirip dengan Macbook Air sebelumnya.

Kabar ini datang dari uji yang dilakukan oleh 9to5mac. Mereka menyebutkan kalau model paling dasar dari Macbook Pro dengan layar 14 inci itu punya keping NAND lebih sedikit jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Macbook Air M1 dan M2 hadir dengan kapasitas penyimpanan 256GB. Pada versi M1, Apple membagi kapasitas itu menjadi dua keping Kioxia NAND. Ketika beralih ke M2, Apple menggunakan keping NAND baru yang menangani kapasitas 256GB per keping.

Pada akhirnya, satu keping NAND untuk kapasitas yang lebih besar itu membuat kecepatan baca/tulis SSD pun berkurang.

Nah, seperti Macbook Air M1, Macbook Pro dengan M1 Pro model paling dasar membagi kapasitas 512GB dengan 4 keping NAND. Lalu, sama dengan versi Macbook Air M2, untuk Macbook Pro 2023 ini Apple menggunakan keping NAND lebih besar (namun lebih sedikit).

gambar perbandingan kecepatan ssd macbook pro 14 2023
Uji Perbandingan SSD Macbook Pro (Gambar: 9to5Mac)

9to5Mac melakukan uji coba kecepatan SSD baik pada Macbook Pro M1 Pro dan M2 Pro menggunakan Disk Speed Test dari Blackmagic. Dari hasilnya memang terlihat perbedaan performa di antara keduanya.

Versi M1 berhasil meraih kecepatan menulis data (Write) 3950,8MB/s dan kecepatan membaca data (Read) 4900,3MB/s. Sedangkan versi M2, “hanya” berhasil mendapat kecepatan Write 3154,5MB/s dan kecepatan Read 2974,4MB/s.

Walau kemungkinan besar pengguna tidak terlalu merasakan perbedaan kecepatan itu dalam penggunaan sehari-hari, namun ini jadi hal yang menarik untuk dibahas.

Bagaimanapun, Macbook Pro 14 inci — apalagi dengan chipset kelas Pro — sudah ditujukan untuk pengguna profesional. Berbeda dengan versi yang lebih sederhana lagi — seperti Macbook Pro 13 M1 2020 yang saya pakai — yang boleh disebut lebih condong ke penggunaan yang lebih praktis.

Baca Juga:  AirTag Rawan Tertelan Anak, Orang Tua Harus Bagaimana?

Begitu juga jika kita menilik dari segi harga. Dengan harga mulai dari $1900, kelihatannya agak “memalukan” jika laptop ini punya performa yang lebih rendah.

Sekali lagi, kecepatan SSD Macbook Pro 14 2023 dengan M2 Pro seperti pada hasil uji di atas bukan berarti laptop akan menjadi lambat. Tidak. Dari gambar toh terlihat kalau laptop terbaru Apple ini tetap mampu memutar video ProRes 422 HQ berkualitas 12K dengan 60fps.