Main Game dengan Augmented Reality Itu Seru

hado main game augmented reality

Bertarung di dunia nyata seperti Street Fighter? Balapan seperti Mario Kart dengan bom bom car? Meleap, sebuah perusahaan dari Jepang, mewujudkannya melalui teknologi augmented reality.

Meleap memberi nama sistem permainan itu HADO, dan menyebut jenis permainan ini sebagai techno sport. Sistem ini menggunakan kombinasi sensor gerak dan augmented reality sebagai dasar permainan.

Saat ini sudah ada beberapa jenis game yang ada. Player vs Player, Hado Monster Battle, Hado Shoot, dan Hado Kart.

Seperti namanya, Player vs Player memberikan permainan pertarungan antar pemain (dalam tim). Di game ini pemain bisa menembakkan bola energi ke lawan dan membuat perisai untuk bertahan.

Hado Monster Battle diinspirasi oleh game RPG. Di sini kita akan main melawan monster. Kalau bisa melewati salah satu monster, akan muncul monster lain yang lebih kuat. Ada booster untuk meningkatkan kemampuan dan ada special attack yang membantu mengalahkan musuh.

Sedangkan Hado Shoot merupakan permainan arcade. Pemain akan menembak monster yang datang mendekat. Mirip seperti game Plants vs Zombie.

Game terakhir, Hado Kart, adalah permainan seperti Mario Kart. Yang menarik, kita main dengan menggunakan bom bom car kecil untuk berebut koin dan bonus.

Hado sudah sering hadir di berbagai tempat. Tidak hanya di Jepang, mereka juga sudah ke Taiwan, Perancis, dan Amerika. Mereka juga hadir di berbagai acara besar seperti Anime Expo.

Kalau kamu lihat dari video Hado di atas, permainan semacam ini bisa jadi tren yang menarik. Yah, saat ini mungkin masih belum begitu mempesona. Karena teknologi augmented reality sendiri masih belum “dewasa”. Mungkin seperti dulu saat pertama smartphone muncul.

Tapi bayangkan kalau teknologi ini sudah stabil. Permainan yang sudah ada sekarang — baik video game atau yang ada di game center — bisa lebih seru lagi. Misalnya, kita bisa main perang-perangan seperti airsoft gun atau paint ball dengan augmented reality (dengan bonus senjata, health, dll).

Mari kita tunggu saja perkembangan teknologi augmented reality jadi semakin bagus. Apalagi kalau seiring perkembangan virtual reality dan mewujudkan mixed reality. Asal jangan tercampur dengan kehidupan nyata saja. Nanti kayak di film-film. ????


ARTIKEL TERKAIT

Sumber: Hado

More Stories
cara mengatur cahaya layar monitor
Cara Mengatur Kecerahan Layar Monitor dengan F.lux