Cara Mengganti Home Page Firefox Sesuai Keinginan

penampilan firefox quantum

Kalau kamu menggunakan Firefox sebagai browser andalan dan ingin tampilan lebih personal, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti home page Firefox.

Home page adalah halaman awal yang tampil ketika kamu membuka browser. Seperti di browser lain, kamu bisa mengatur penampilan Firefox dengan cukup fleksibel. Termasuk home page.

Secara bawaan — kalau kamu mengaktifkan semua pilihan — home page Firefox akan menampilkan kotak pencari, Top Sites (situs yang paling sering kamu kunjungi), Highlights (halaman situs yang pernah kamu kunjungi), dan di bagian bawah ada informasi singkat dan acak soal Firefox.

Tapi kalau kamu kurang suka dengan penampilan itu, kamu bisa menggantinya dengan tampilan lain.

Setelan Home Page Firefox

Secara bawaan, kamu bisa memilih Mozilla Firefox Start Page (yang dijelaskan di atas), halaman kosong, halaman terakhir yang kamu kunjungi, atau menentukan sendiri halaman tersebut.

Hal ini bisa kamu atur di Setting, yaitu dengan tekan ikon menu ☰, lalu memilih ‘Preferences‘. Setelan home page ada di kategori ‘General‘.

setelan home page firefox

Setelan home page Firefox

Menentukan Halaman Home Page Firefox

Kamu bisa menentukan halaman website tertentu untuk menjadi home page Firefox. Misalnya kamu ingin langsung melihat blog UrbanDigital ketika membuka Firefox. ????

Ada beberapa cara untuk melakukannya:

  1. Kamu bisa mengetik alamat website di kotak isian home page (yang ada tulisan Mozilla Firefox Start Page), atau
  2. Buka lebih dulu halaman website, lalu geser ikon informasi  di kotak alamat ke ikon home , atau
  3. Buka lebih dulu halaman website, lalu tekan tombol ‘Use Current Pages‘ di setelan home page.
website sebagai home page firefox

Membuat website sebagai home page Firefox

Kamu bahkan bisa langsung membuka beberapa halaman website sekaligus. Untuk ini, buka dulu beberapa halaman website yang ingin kamu tuju (di tab terpisah), lalu di setelan home page tekan tombol ‘Use Current Pages‘.

Mengganti Home Page Firefox dengan Ekstensi / Add-on

Nah, ada kemungkinan kamu ingin menggunakan tampilan home page dari ekstensi / add-on tertentu. Misalnya, dengan Crono atau Quickey Tab atau add-on Firefox lain. Permasalahannya, kemungkinan besar ekstensi itu akan hadir di tab baru, tapi bukan di home page.

ekstensi di tab baru

Ekstensi di tab baru, tapi bukan di home page

Untuk mengganti home page Firefox dengan tampilan ekstensi, caranya sama dengan memakai website.

  1. Pasang ekstensi bersangkutan,
  2. Buka tab baru (yang menampilkan ekstensi itu),
  3. Geser ikon informasi ke ikon home,
    — atau tekan tombol ‘Use Current Pages‘ di setelan home page.
mengganti home page firefox dengan ekstensi

Mengganti home page Firefox dengan ekstensi

Voila! Ekstensi favoritmu sudah hadir sebagai home page Firefox.

Fitur Firefox ini merupakan fitur yang vital untuk saya. Karena saya sudah punya situs yang jadi “standar”. Ada situs yang sering saya kunjungi tapi tidak penting, ada juga yang penting tapi kalah sering dengan lainnya. Kalau menggunakan home page standar, jadi tidak efisien.

Tentu saja, di Google Chrome hal ini akan lebih mudah. Ahem, tapi saya lagi suka mencoba yang lain.

Inilah yang membuat saya cukup sulit pindah ke Opera. Walaupun Opera baru sangat menarik, apalagi dengan hadirnya Opera Touch di handphone. Yah, kita lihat nanti.

Nah, kalau kamu suka dengan Firefox dan ingin mengganti home page Firefox dengan tampilan ekstensi, silakan coba cara di atas. Kalau kamu memilih browser lain, ya nggak masalah juga. Yang penting bahagia. ????

Ada komentar?