Motorola “Space Charging” Bisa Isi Daya 4 Ponsel Sekaligus Jarak Jauh

Indri Penulis

Keren! Motorola “Space Charging” bisa isi daya 4 ponsel sekaligus secara wireless. Intip di sini buat tahu gimana cara kerjanya.

Zaman sekarang orang-orang pastinya sudah nggak asing dengan wireless charging. Ya, teknologi yang satu ini memungkinkan charger mengisi daya ponsel/perangkat lain secara wireless alias nggak pakai kabel.

Sampai sekarang sudah ada banyak perusahaan teknologi yang menelurkan wireless charger. Mayoritas wireless charger yang ada saat ini mendukung pengisian daya hingga 15W.

Motorola juga nggak mau kalah. Motorola baru-baru ini memamerkan over-the-air (OTA) wireless yang mereka namakan “Space Charging,” dalam sebuah video.

Dalam video tersebut, sekilas Space Charging terlihat seperti router WiFi. Dia bentuknya persegi panjang, terbuat dari plastik berwarna abu-abu, dan punya lampu berkelip di samping. Oya, ada juga logo Motorola yang terpampang di tengah.

Tapi kita nggak bisa menilai sudah barang hanya dari tampilannya kan? Gimana dengan performanya sebagai wireless charger? Apa sama dengan produk-produk lainnya?

Ini nih yang menarik. Dalam videonya, Space Charging mampu mengisi empat ponsel (sepertinya ponsel flagship Motorola Edge, dengan kumparan wireless charging) dalam jarak hingga 3 meter.

Sayangnya di video itu, Motorola nggak menjelaskan berapa jumlah maksimum ponsel yang bisa diisi daya. Mereka juga nggak membeberkan, apakah charger ini bisa mengisi daya dengan jarak lebih dari 3 meter atau tidak.

Tapi yang jelas menurut Android Central, Space Charging punya tingkat pengisian daya maksimum hingga 5W. Sekilas ini adalah tingkat yang ‘remeh’ di kalangan wireless charger saat ini.

Kenapa? Pasalnya kebanyakan wireless charger yang ada saat ini mendukung pengisian 15W. Tapi mereka cuma bisa mengisi daya ke perangkat yang didekatkan langsung ke charger.

Berbeda dengan Space Charging. Iya sih, dia cuma mendukung pengisian maksimum 5W. Tapi kamu kan bisa mengisi daya ponsel dari mana saja (asalkan tetap dalam radius maksimum 3m, sesuai video).

Space Charging juga kelihatannya lebih unggul dibanding produk lain yang serupa. Katakanlah OPPO Wireless Air Charging. Iya sih, dia mendukung pengisian sampai 7,5W. Tapi kalau maksimal jarak pengisian ‘nggak bisa terlalu jauh,’ bukannya mending Space Charging.

Rivalnya yang lain, Xiaomi Mi Air Charge juga sama-sama mendukung pengisian 5W. Kalau yang ini bisa mengisi agak jauh, yakni 100cm. Tapi kalau dibandingkan sama Space Charging, tetap beda jauh. Ya nggak sih?

    %d blogger menyukai ini: