Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Produksi Layar 120Hz ProMotion “iPhone 13” Sudah Mulai

rumor promotion iphone
Anom Penulis

Nampaknya iPhone yang memiliki layar dengan refresh rate tinggi sebentar lagi jadi kenyataan. Ada kabar yang menyebutkan kalau produksi layar 120Hz ProMotion untuk “iPhone 13” sudah mulai berjalan.

Layar ProMotion yang mendukung refresh rate sampai 120Hz pertama kali hadir di iPad Pro pada tahun 2017. Setelah itu, layar ini sudah menjadi bahan rumor berkali-kali setiap iPhone baru akan rilis. Yang paling kencang tentu saja rumor layar ProMotion di iPhone 12.

Sayangnya, iPhone 12 tidak meluncur dengan layar tersebut. Rumor pun menyebutkan kalau varian Pro dari iPhone 13 lah yang akan memakai layar ProMotion tersebut.

Yang membawa kita pada berita terbaru ini.

Menurut The Elec, produksi layar 120Hz untuk “iPhone 13” sudah mulai berjalan. Produksi itu dilakukan oleh Samsung Display dan LG Display. Kedua perusahaan ini memang langganan jadi produsen layar iPhone.

Samsung Display memproduksi layar OLED LTPO TFT (low-temperature polycrystalline oxide thin-film transistor) untuk varian Pro. Sementara LG Display memproduksi layar LTPS (low-temperature polycrystalline silicon) untuk varian non-pro.

Lalu proses produksi ini juga disebut berjalan lebih cepat dari rencana. Tepatnya satu bulan lebih awal. Sumber The Elec menyebutkan kalau Samsung Display mulai memproduksi pada bulan Mei, sementara LG Display menyusul tak lama setelahnya.

Jadwal yang lebih cepat dari rencana ini juga terjadi pada produksi chipset A15 Bionic. Tentu hal ini menjadi kabar bagus. Seperti kita ketahui, peluncuran lini iPhone 12 mengalami kemunduran karena proses produksi yang terhambat. Yah, pandemi Covid-19 adalah penyebabnya.

Kembali lagi, nampaknya iPhone 13 benar-benar akan memiliki layar 120Hz ProMotion Display. Para pecinta iPhone pun bisa menikmati gerakan tampilan yang lebih mulus. Ahem, mungkin Pavel Durov, sang pendiri Telegram, tidak akan menganggap iPhone serasa abad pertengahan lagi.