KPOPers Berduka, Ratusan Lagu KPOP Hilang dari Spotify. Ini Alasannya!

Ratusan lagu KPOP dikabarkan hilang dari Spotify. Dari mulai lagu IU, GFRIEND, Epik High, dll. Kenapa bisa begitu? Inilah penyebabnya.

Sudah bukan rahasia lagi kalau basis penggemar KPOP sudah menyebar hampir ke seantero dunia. Streaming KPOP awalnya bermula dari YouTube.

Lambat laun, berbagai platform streaming lagu pun ikut mengimpor musik-musik KPOP. Salah satu  platform streaming yang banyak menyediakan lagu KPOP adalah Spotify. Di sana kamu bisa menemukan ratusan lagu KPOP dari generasi pertama hingga yang terbaru.

Sayangnya baru-baru ini KPOPers dibuat galau. Sebab ratusan lagu KPOP di Spotify hilang secara misterius. Lalu apa penyebabnya?

Ratusan Lagu KPOP di Spotify Hilang

Dilansir dari Naver News, dini hari tadi penggemar KPOP saling berbagi kabar. Mereka mengatakan kalau lagu-lagu yang didistribusikan oleh KakaoM ke Spotify hilang semua.

Sumber Gambar : Korean Area

Beberapa yang hilang adalah lagu-lagu dari IU, GFRIEND, Epik High, (G)I-DLE, Sunmi, MAMAMOO, Seventeen, The Boyz, LOONA, BTOB, Apink, SISTAR, Cosmic Girls, dll. Lagu-lagu mereka sudah tidak bisa ditemukan lagi di Spotify.

Sebenarnya banyak spekulasi beredar soal hilangnya lagu-lagu KPOP ini. Beberapa pihak mengatakan hal ini terjadi karena kesalahpahaman antara KakaoM dan Spotify.

KakaoM menganggap Spotify sebagai ‘rival’ alias ‘saingan’ ketika mulai masuk di Korea. Awalnya lagu KakaoM memang tidak tersedia di Spotify Korea, tapi sekarang justru lagu KakaoM tak tersedia di Spotify seluruh dunia.

Sementara itu, perwakilan Spotify juga sudah merilis pernyataan pada tanggal 1 Maret ke NME (media Inggris). “Katalog KakaoM tidak lagi tersedia untuk pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret 2021,” kata pihak Spotify.

Kami telah bekerja sama dengan KakaoM selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global, sehingga musik artis mereka bisa tetap tersedia bagi lebih dari 345 juta pendengar Spotify di hampir 170 pasar seluruh dunia,” sambungnya.

Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan KakaoM (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir.”

Rasanya memang sayang sekali jika ratusan musik KPOP hilang dari Spotify. Mengingat saat ini, kepopuleran idol KPOP tidak hanya dilihat dari viewers YouTube atau penjualan album fisik.

Penjualan album digital dan streaming lagu juga mempengaruhi popularitas idol KPOP. Untungnya tidak semua musik KPOP hilang dari Spotify. Kamu masih bisa menikmati lagu lain seperti BLACKPINK, BTS, aespa, dll, di Spotify.

Bagaimana pendapatmu?

%d blogger menyukai ini: