Cara Ganti Password Gmail atau Akun Google Tanpa Laptop/PC

layanan google

Ingin ganti password Gmail atau akun Google tanpa pakai laptop atau PC? Tentu saja bisa. Bagaimanapun, saat ini hampir semua kegiatan online bisa kita lakukan lewat handphone.

Apalagi kalau kamu menggunakan handphone Android. Akun Google bisa dikatakan merupakan akun utama. Akun itu juga berfungsi untuk berbagai layanan Google lain. Seperti Play Store, YouTube, Google Maps, atau Google Drive.

Akun Google menggunakan alamat Gmail sebagai nama pengenal. Jadi password Gmail memang penting. Karena berhubungan dengan banyak hal.

Dengan begitu, kamu juga perlu tahu cara ganti password Gmail. Tentunya demi pertimbangan keamanan.

Cara Ganti Password Gmail

Di handphone Android, kamu bisa mengganti password Gmail paling tidak dengan dua jalan. Keduanya memang berakhir sama. Tapi paling tidak kamu tahu hal itu.

Oya, perlu saya sebutkan kalau saat ini saya menggunakan handphone Moto Z2 Play. Handphone ini punya sistem operasi yang mendekati Android murni. Jadi harap maklum kalau ada langkah yang berbeda.

Melalui Setelan Akun Google
  1. Buka ‘Setelan‘.
  2. Masuk ke pilihan ‘Google‘ di kategori Pribadi.
  3. Masuk ke pilihan ‘Login & Keamanan‘.
  4. Tekan ‘Sandi‘.
  5. Ketik password yang berlaku, lalu tekan ‘Berikutnya‘.
  6. Ketik kata sandi baru di kotak isian atas, ketik ulang kata sandi tersebut di kotak isian bawah (konfirmasi sandi baru), dan tekan tombol ‘Ubah Sandi‘.
  7. Ganteng.

ganti password akun google

Melalui Aplikasi Gmail
  1. Buka aplikasi Gmail.
  2. Dari menu samping, buka ‘Setelan‘.
  3. Pilih alamat Gmail milikmu.
  4. Pilih ‘Akun Saya‘.
  5. [Mulai langkah ini sudah sama dengan cara pertama] Masuk ke pilihan ‘Login & Keamanan‘.
  6. Tekan ‘Sandi‘.
  7. Ketik password yang berlaku, lalu tekan ‘Berikutnya‘.
  8. Ketik kata sandi baru di kotak isian atas, ketik ulang kata sandi tersebut di kotak isian bawah (konfirmasi sandi baru), dan tekan tombol ‘Ubah Sandi‘.
  9. Ganteng.

ganti password gmail

Itulah cara ganti password Gmail atau akun Google lewat handphone Android. Kalau kamu kebetulan pakai iPhone, mungkin langkahnya sedikit berbeda. Kalau ragu, kamu bisa mengunjungi halaman pengelolaan akun lewat browser.

Sebagai pertimbangan ringan, ada baiknya kamu menggunakan aplikasi password manager. Selain supaya tidak lupa, proses pengisian password di setiap aplikasi juga akan semakin mudah. Hanya saja, memang kalau kamu ganti password, kamu juga harus mengganti yang ada di aplikasi password manager. Kalau tidak, nanti tidak pas.

Kalau nggak pas, nanti nggak enak.

More Stories
Huawei Mate X
Ponsel Lipat Huawei Mate X Hadir Menyaingi Galaxy Fold