Review Moto E4 Plus: Build Material Kokoh

review moto e4 plus

Setelah Moto Z2 Play dan Moto G5s Plus, sekarang giliran saya menulis review Moto E4 Plus. Handphone murah dari Motorola yang menawarkan beberapa fitur menarik.

Untuk handphone murah, Motorola memiliki beberapa pilihan di tahun 2017. Ada Moto C Plus, Moto E4, dan Moto E4 Plus. Moto E4 Plus adalah handphone yang jadi unggulan di kelas ini. Dengan harga sekitar Rp 1.999.000, apa yang bisa ditawarkan oleh handphone ini?

Desain & Hands-on

  • Penampilan tidak kalah dengan yang lebih mahal
  • Handphone cukup berat

Di tahun 2017, Motorola membuat desain handphone hampir sama di setiap kelas. Sekilas, kamu akan susah membedakan antara Moto Z2 Play, Moto G5s Plus, dan Moto E4 Plus.

Moto E4 Plus memiliki desain khas Motorola: Handphone dengan sudut dan bagian belakang melengkung halus, dan tempat kamera belakang membulat. Desain yang menurut saya enak di tangan.

tampilan moto e4 plus

Apa artinya? Desain Moto E4 Plus ini tidak murahan alias elegan. Yah, Mas Afit saja sering tertukar kalau mengambil salah satu dari tiga handphone Moto tersebut di atas.

Kesan kokoh dan mantap langsung terasa ketika kamu memegang handphone ini. Tentu saja, karena bodi Moto E4 Plus terbuat dari aluminium. Boleh kamu cek, tidak banyak handphone murah berbodi aluminium.

Kelemahan yang terasa di sisi ini adalah bobot yang lumayan berat. Mungkin ada di antara kalian yang tidak suka dengan handphone berat. Tapi menurut saya, hal ini bukanlah faktor yang merugikan (deal breaker).

Secara keseluruhan, saya memberi nilai positif untuk desain dan rasa handphone ini. Tentu saja dengan harga yang ditawarkan.

BACA JUGA
Review Moto Z2 Play: Handphone Flagship Yang Disederhanakan

Layar 

  • Terhitung bagus di kelasnya

Moto E4 Plus memiliki layar IPS LCD berukuran 5,5 inci dengan Corning Gorilla Glass 3 dan oleophobic coating. Kualitasnya adalah HD 720 x 1280. Sebuah standar handphone masa kini. Sedangkan ketajaman layarnya ~267 ppi.

Walau ketajaman layarnya kurang, kualitas tampilan layarnya cukup mengejutkan. Warna hitam yang cukup pekat menghadirkan kecerahan dan kontras yang cukup bagus. Layak diacungi jempol untuk handphone kelas bawah.

Fitur

  • Fingerprint scanner di handphone murah
  • Fitur Dolby Atmos menarik, walau tidak istimewa

Biasanya saya tidak membahas fitur handphone secara spesifik. Tapi sebagai handphone kelas bawah, Moto E4 Plus menawarkan beberapa fitur menarik.

Moto E4 Plus dilengkapi fingerprint scanner. Letak dan penggunaannya sama seperti Moto Z2 Play dan Moto G5s Plus. Bagi saya yang sudah terbiasa membuka handphone dengan kemudahan ini, fitur fingerprint scanner jadi nilai tambah.

Moto E4 Plus juga dilengkapi dengan teknologi dari Dolby Atmos. Ini luar biasa. Bahkan Moto Z2 Play pun tidak memilikinya. Setelah mencoba beberapa pilihan setelan audio di aplikasi Dolby Atmos, walau tidak istimewa, senyum bisa menghias wajah saya.

Moto E4 Plus punya baterai besar. Kapasitasnya 5000 mAh! Dengan kapasitas sebesar itu, kamu tidak perlu repot bolak-balik mengisi daya. Ah, nanti akan saya bahas lebih lanjut.

Lalu, handphone ini juga mendukung SIM card ganda plus SD card. Untuk menggantinya, kamu harus membuka casing belakang (lihat lekukan di pojok bawah). Sisi yang satu ada slot untuk SIM 1 dan SD card, di sisi lain ada slot SIM 2. 

slot sim card moto e4 plus

BACA JUGA
Review Moto G5S Plus: Kualitas Prima Dengan Harga Terjangkau

Kamera

  • Warna dan pencahayaan cukup baik
  • Fitur terbatas dan hasil kurang istimewa

Yah, di sinilah cukup terasa kalau Moto E4 Plus adalah handphone kelas bawah. Fitur aplikasi kamera jauh lebih sederhana. Selain foto dan video, fitur tambahan di kamera belakang hanyalah panorama. Sedangkan di kamera depan, fitur tambahan hanyalah HDR dan Beautify yang sudah jadi standar Motorola.

Tapi supaya lebih jelas, mari kita lihat kemampuan kamera Moto E4 Plus lebih jauh.

Kamera Belakang

Moto E4 Plus memiliki kamera tunggal dengan kualitas 13 MP (f/2.0, 1.12µm) dengan autofocus. Kamera belakang dilengkapi dengan LED flash tunggal. Kualitas rekaman video adalah 720p@30fps.

Silakan klik foto untuk melihat ukuran asli.

hasil foto moto e4 plus standar

Hasil foto standar Moto E4 Plus

hasil foto makro moto e4 plus

Hasil foto makro Moto E4 Plus

hasil foto low light moto e4 plus

Hasil foto low light Moto E4 Plus

Saat memotret, proses fokus agak kurang responsif. Waktu untuk memproses foto juga kurang cepat. Kalau ingin memotret cepat, lebih baik gunakan Burst Mode (tekan lama tombol kamera foto).

Hasil fotonya sendiri lumayan. Cukup bagus tapi tidak istimewa. Dalam hal ini terlihat kalau foto diambil dengan kamera yang kurang canggih. Untuk warna, saya pikir juga lumayan bagus. Begitu juga dengan low light. Jadi, kalau dilakukan dengan benar, hasil foto Moto E4 Plus tidak mengecewakan (tapi jangan berharap banyak).

Kamera Depan

Sedangkan kamera depan memiliki kualitas 5 MP (f/2.2, 1.4µm) dengan LED flash. Kualitas video juga 720p@30fps.

hasil foto selfie moto e4 plus

Hasil foto selfie Moto E4 Plus

Sama seperti kamera belakang, proses focusing dan mengolah gambar paska memotret kurang responsif. Secara umum hasilnya bisa diterima. Walau—seperti kalian lihat—hasilnya tidak “setajam” yang diharapkan. Terlihat kalau diambil dengan kamera yang kurang canggih.

Performa

  • Memadai untuk kegiatan sehari-hari
  • Kurang bagus untuk kerja berat

Moto E4 Plus memiliki prosesor MediaTek MT6737 dengan GPU Mali T720. Prosesor itu kira-kira setara dengan Snapdragon 430. Jadi ya memang low-end. Yang cukup menolong adalah RAM 3GB.

Artinya, untuk melakukan kegiatan sehari-hari—alias berganti-ganti aplikasi atau multitasking—handphone ini tidak akan terlalu bermasalah. Kenyataannya memang begitu. Tentu saja, seiring waktu akan terasa penurunan kualitasnya. Walau dalam waktu satu bulan ini belum terasa.

Namun memang harus diakui, prosesor low-end itu tidak ideal untuk melakukan hal berat. Saya mencoba menggunakannya bermain Battle Bay. Walau bisa dipakai bermain, performanya memang kurang responsif. Tidak parah, tapi cukup terasa. Apalagi ketika saya mencoba merekam permainan dengan Mobizen.

Bagaimana dengan baterainya? Yah, secara umum kamu tidak perlu kuatir. Karena kapasitasnya besar. 5000 mAh! Sayangnya, Moto E4 Plus belum mendapat fitur TurboCharge dari Motorola (ada rapid charge, tapi tidak secepat TurboCharge).

baterai moto e4 plus

Walau begitu, kelihatannya kerja berat bisa cukup menguras baterai. Saya menggunakan koneksi internet handphone melalui Wi-Fi. Saya lihat di informasi baterai, indikator menunjukkan daya tahan sampai 7 hari (ya, kalian tidak salah baca). Kemudian, saya menguji main Battle Bay yang merupakan game online (sekitar 20 menit). Setelah saya cek ulang, indikator baterai menunjukkan daya sampai 4 hari.

Kelihatannya memang indikator baterai bisa sangat fluktuatif. Tergantung kegiatan apa yang kamu lakukan. Tapi untuk kegiatan standar, Moto E4 Plus bisa bertahan seharian.

Spesifikasi Teknis

Sistem operasi Android 7.1.1 Nougat
Chipset MediaTek MT6737 quad-core 1.3 GHz ARM
Mali T720 MP1 650 MHz
RAM 3GB
Memori internal (ROM) 32 GB (mendukung SD card)
SIM card Dual Nano-SIM
Baterai 5000 mAh
Kamera belakang 13 MP, f/2.0, 1.12µm, autofocus, burst mode, panorama, HDR, beautification, LED flash.
Video: 720p@30fps
Kamera depan 5 MP, f/2.2, 1.4µm, fixed-focus, burst mode, HDR, beautification, LED flash.
Video: 720p@30fps
Konektivitas MicroUSB, Bluetooth 4.2, audio 3,5 mm
Speaker/ Microphone Dolby Atmos
NFC Tidak ada
Sensor Proximity, Light, Accelerometer, GPS, AGPS
Pilihan warna Iron Grey dan Fine Gold

Kesimpulan

Pertanyaan utamanya tetap saja: “Apakah handphone Moto E4 Plus layak dibeli?”. 

Dengan harga ± Rp 1.999.000, handphone ini punya beberapa kelebihan. Yaitu desain bagus, kualitas konstruksi yang kokoh, dan baterai yang besar. Kami pikir faktor ini layak jadi pertimbangan.

Selebihnya, jangan berharap lebih. Moto E4 Plus adalah handphone low-end alias kelas pemula. Tentunya memiliki keterbatasan fitur dan performa.

Setiap menulis review, kami selalu berusaha proporsional antara performa, fitur dan harga. Termasuk review Moto E4 Plus ini. Jadi, kalau kalian mencari handphone murah dengan penampilan dan konstruksi bagus, handphone ini boleh dipilih.

Kunjungi Toko

Moto E4 Plus
  • Fitur
  • Desain
  • Kamera
  • Penggunaan
3.8

Ringkasan

Jika menginginkan sebuah smartphone dengan fungsi dasar dan material yang solid, maka Moto E4 Plus adalah pilihan tepat.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Ada komentar?